Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Puasa-Bagi-Ibu-Menyusui-Simak-3-Hal-Penting-Berikut-Ini.jpg

Puasa Bagi Ibu Menyusui? Simak 3 Hal Penting Berikut Ini

Memberikan ASI eksklusif selama usia awal si Kecil merupakan hal yang wajib dilakukan. Namun ketika menyusui harus dilakukan ketika momen Ramadhan seperti sekarang ini, apakah masih memungkinkan? Sebenarnya puasa bagi ibu menyusui bukanlah hal yang diwajibkan. Namun jika Mums tetap ingin berpuasa tanpa mengesampingkan kewajiban menyusui si Kecil, harus dilakukan dengan cermat ya!

Puasa bagi ibu menyusui harus dilakukan dengan cermat karena berhubungan dengan kesehatan Mums. Memang kualitas ASI akan menyesuaikan dengan apa yang Mums konsumsi ketika sahur, namun poin pentingnya bukan di situ. Poin pentingnya terletak pada potensi dehidrasi yang mungkin dialami Mums. Maka perlu diperhatikan beberapa hal berikut ini agar Mums dapat menyusui sekaligus tetap berpuasa.

Beberapa poin berikut ini dapat Mums simak dan terapkan.

Makanan Saat Sahur

Ibadah puasa dilakukan dengan menahan lapar dan haus untuk satu hari penuh. Mulai dari waktu sesudah sahur hingga waktu berbuka tiba. Tentu, secara langsung asupan nutrisi dan tenaga untuk beraktivitas hanya didapat pada saat sahur saja. Menu makan sahur kemudian perlu menjadi perhatian khusus, agar dapat mencukupi kebutuhan nutrisi Mums untuk beraktivitas dan menyusui.

Menu makan sahur yang lengkap dan seimbang dapat membuat kualitas ASI tetap terjaga sehingga si Kecil tetap mendapatkan nutrisi yang diperlukannya. Konsumsi makanan dengan banyak kandungan cairan serta zat gizi esensial perlu dipastikan, tak hanya demi aktivitas Mums yang akan dilakukan, namun juga menjamin keterpenuhan nutrisi harian si Kecil.

Lalu apa saja pilihan makanan yang bisa digunakan sebagai menu sahur? Diantaranya adalah sayuran seperti brokoli, bayam, dan juga katuk. Selain itu untuk Protein Mums dapat mengandalkan ikan salmon, telur, dan daging tanpa lemak. Kacang merah juga dapat menjadi makanan yang menyediakan nutrisi yang Mums perlukan. Jangan lupa juga untuk mengkonsumsi susu khusus masa menyusui.

Mencegah Dehidrasi saat Puasa Bagi Ibu Menyusui

Masuk pada poin utama dari puasa bagi ibu menyusui, perihal dehidrasi. Ketika menyusui, tubuh Mums akan memproduksi dan mengeluarkan cukup banyak cairan. Terlebih jika usia si Kecil masih sangat muda, intensitas menyusui akan cukup tinggi dan kebutuhan konsumsi ASI juta tinggi.

Dehidrasi ketika menyusui sekaligus berpuasa dapat dicegah dengan asupan cairan yang cukup ketika waktu sahur. Disarankan untuk mengkonsumsi cukup air putih, susu menyusui, atau minuman dengan kandungan elektrolit yang sudah disetujui oleh dokter Mums. Pastikan menu makanan dan cairan yang Mums konsumsi untuk selalu dikonsultasikan dengan dokter kepercayaan Mums.

Waspadai juga ketika Mums mulai merasakan haus yang teramat sangat, mulai pusing, lemas, lelah, mulut kering, atau gejala dehidrasi lain. Keselamatan adalah hal paling utama, jadi ketika sekiranya Mums sudah merasa tidak enak badan, disarankan untuk membatalkan puasa yang Mums jalankan demi menjaga kondisi kesehatan tubuh Mums. Ketika Mums sehat, idealnya asupan ASI akan berjalan dengan lancar, demikian pula sebaliknya. Maka tetap utamakan kesehatan Mums dan pastikan Mums tidak mengalami dehidrasi.

Kegiatan Selama Mums Berpuasa dan Menyusui

Selama waktu berpuasa, disarankan untuk melakukan kegiatan berat setelah waktu berbuka tiba. Menyusui merupakan tugas yang cukup berat untuk tubuh Mums, karena juga harus dilakukan bersamaan dengan ibadah puasa. Kehilangan cairan tubuh, menjaga emosi dan mood tetap baik, sudah akan memakan cukup banyak energi Mums.

Kegiatan berat seperti misalnya bersih-bersih, atau merapikan kamar, mengurus taman, dan lain sebagainya bisa ditunda dahulu atau didelegasikan pada anggota keluarga yang lain. Justru dengan begini Mums dapat membagi tugas pada seluruh anggota keluarga yang ada di rumah dan mendekatkan hubungan emosional keluarga.

Selalu minta saran dan rekomendasi pada dokter kepercayaan Mums untuk kegiatan selama puasa ini. Puasa bagi ibu menyusui merupakan hal yang cukup menantang dan perlu kecermatan tinggi. Tidak ada salahnya meminta rekomendasi detail dari dokter kepercayaan Mums agar dapat menjalankan keduanya dengan baik dan tanpa halangan.

Ibadah puasa selalu menjadi momen yang dirindukan setiap yang berkewajiban. Memang ketika memberikan ASI secara eksklusif, Mums harus benar-benar memperhatikan asupan nutrisi dan kondisi kesehatan secara lebih intensif. Pasalnya kondisi Mums akan berpengaruh pada kondisi si Kecil. Jadi idealnya semakin baik kondisi Mums, maka ASI yang diproduksi juga akan semakin berkualitas karena penyerapan nutrisi dari makanan bisa dilakukan dengan optimal.

Menyikapi puasa bagi ibu menyusui memang harus dilakukan dengan bijak. Selain konsumsi makanan yang seimbang serta pandai mengatur aktivitas ketika di rumah, Mums juga wajib melakukan konsultasi ketika akan memulai puasa sambil menyusui. Segera sampaikan setiap hal yang Mums alami pada dokter agar mendapat solusi terbaik. Jangan lupa, konsumsi juga susu khusus masa menyusui seperti Frisomum Gold Dualcare+ yang mengandung nutrisi yang diperlukan tubuh Mums. Penuhi kebutuhan nutrisi harian selama masa menyusui, dan jalankan ibadah puasa dengan maksimal!