Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Quality Time Orang Tua dan Anak, Begini 3 Cara Menyiasatinya

Quality Time Orang Tua dan Anak, Begini 3 Cara Menyiasatinya

Quality time, mungkin menjadi satu frasa yang kian asing didengar belakangan ini di keluarga-keluarga modern. Entah karena pekerjaan atau waktu yang digunakan untuk sibuk dengan gadget-nya masing-masing, rasanya menghabiskan waktu bersama keluarga dengan beraktivitas bersama semakin jarang. Hubungan orang tua dan anak menjadi kurang intim dan kurang hangat.
Tentu tujuan orang tua baik, yakni untuk mencari nafkah demi memberikan yang terbaik untuk si Kecil. Namun yang kadang dilupakan, waktu juga menjadi satu kebutuhan si Kecil. Menghabiskan waktu bersama untuk sekedar bermain dan mempelajari hal baru penting dalam setiap fase tumbuh kembangnya.
Mums, menghabiskan waktu dengan beraktivitas bersama si Kecil merupakan hal yang penting. Di samping si Kecil membutuhkan kehadiran dan perhatian Mums, si Kecil yang merasa nyaman dapat belajar lebih efektif dan memiliki perkembangan kecerdasan yang lebih baik. Terlebih pada usia awal seperti 1 hingga 3 tahun.
Memang tidak ada salahnya memiliki asisten untuk mendampingi si Kecil selagi Mums bekerja. Namun Mums juga harus tetap memiliki waktu untuk mendampingi si Kecil dalam beraktivitas. Secara alami, seorang anak memerlukan kehadiran dan kasih sayang dari seorang ibu. Si Kecil yang menghabiskan banyak waktu bersama Mums akan dapat tumbuh optimal dan hubungan yang terjalin juga akan semakin hangat.
Jika Mums bingung bagaimana cara menghabiskan waktu bersama si Kecil, Mums bisa menggunakan beberapa cara berikut ini.

Kurangi Penggunaan Gadget Ketika Bersama si Kecil

Gadget diciptakan untuk membantu manusia berinteraksi dengan manusia lainnya dan menyelesaikan berbagai pekerjaan. Namun demikian, ungkapan ‘Mendekatkan yang jauh’ kini sudah dibarengi dengan ‘Menjauhkan yang dekat’. Artinya kebanyakan orang justru lebih berfokus pada gadget-nya ketika tengah bersama-sama.
Ketika Mums sedang meluangkan waktu bersama si Kecil, upayakan untuk tidak melibatkan gadget. Gadget jika digunakan secara tepat, mampu banyak membantu. Namun kebanyakan gadget justru akan menjadi distraksi. Mums tidak ingin ‘kan ketika sedang bermain lalu disibukkan dengan e-mail yang masuk soal pekerjaan?
Berikan perhatian penuh untuk si Kecil dan nikmati momen kebersamaan bersamanya. Tanpa Mums sadari, si Kecil akan tumbuh dengan cepat dan jika Mums tidak cermat mungkin Mums akan kehilangan berbagai momen berharga.

Bermain dan Belajar

Sepulang dari kantor atau setelah beraktivitas, selalu sempatkan untuk bermain bersama si Kecil. Permainan yang dilakukan bisa beragam, mulai dari berlatih ekspresi, mencocokan gambar atau warna, dan sebagainya. Bermain bersama si Kecil juga dapat menyegarkan pikiran Mums yang seharian disibukkan berbagai pekerjaan.
Senyum bahagia si Kecil akan menjadi obat yang ampuh untuk rasa lelah yang ada. Momen seperti ini juga sekaligus akan menjadi media belajar yang efektif untuk si Kecil, karena Mums bisa secara langsung mengajari tentang hal yang belum diketahui.
Aktivitas lain yang bisa Mums lakukan adalah memasak bersama si Kecil. Well, pada usia 1 hingga 3 tahun memang si Kecil belum dapat berbuat banyak untuk membantu Mums, namun kegiatan memasak bersama bisa jadi momen yang menyenangkan dan memperkuat ikatan Mums dan si Kecil.

Pengalaman Baru

Terakhir dan mungkin merupakan hal yang sangat penting, adalah selalu sempatkan akhir pekan Mums untuk mencoba hal baru bersama si Kecil. Kunjungi tempat baru, coba makanan baru, coba aktivitas baru dan temui orang-orang baru. Pengalaman baru yang dilakukan bersama si Kecil akan memberikan banyak dampak baik pada tumbuh kembang kecerdasannya.
Si Kecil akan memiliki sifat pemberani dan tidak mudah takut menghadapi hal baru. Selain itu, waktu yang Mums habiskan bersama si Kecil akan menjadi sangat berkualitas karena selalu ada hal baru yang terus dipelajari si Kecil.

Beberapa pilihan tempat yang mungkin bisa Mums kunjungi adalah museum, kebun raya, kebun binatang dan tempat wisata yang bertemakan alam, atau tempat wisata yang menawarkan spot foto unik. Si Kecil akan menemui banyak hal baru yang belum pernah ia jumpai. Dari sini Mums bisa menjelaskan hal-hal baru tersebut sehingga si Kecil bisa mendapatkan pelajaran yang juga baru.

Memang waktu semakin hari menjadi satu komoditas yang semakin mahal. Segala macam kesibukan dan pekerjaan serta tuntutan lain terus memakan banyak waktu, dan akhirnya Mums kehilangan momen penting bersama si Kecil. Selalu sempatkan waktu libur atau waktu luang untuk menemani si Kecil bermain dan belajar ya Mums, agar si Kecil tetap merasa nyaman dan tumbuh dengan optimal.

Untuk mendampingi tumbuh kembang si Kecil, Mums juga dapat memberikan susu dengan nutrisi lengkap seperti Friso Gold 3. kandungan nutrisinya terjaga dalam keadaan alami, karena teknologi Locknutri yang dimilikinya dan mudah diserap optimal oleh tubuh si Kecil dan mencukupi kebutuhan nutrisi hariannya. Masih memiliki pertanyaan seputar nutrisi anak? Mums juga bisa berkonsultasi dengan Ahli Nutrisi Alami Friso (ANA) pada situs resmi Friso melalui fitur live chat secara langsung yang ada di pojok kanan bawah situs Friso.

Selamat! Mums beruntung berkesempatan mendapatkan Free Sample dari Friso!

Daftar Sekarang