Lompat ke isi utama
manfaat daun katuk

Ragam Manfaat Daun Katuk Bagi Ibu Hamil dan Menyusui

Manfaat daun katuk bagi ibu hamil dan menyusui bukan sekadar meningkatkan produksi ASI. Simak manfaat lainnya di sini.

Anggapan mengenai manfaat daun katuk bagi ibu hamil dan menyusui sudah ada secara turun temurun sejak zaman dahulu. Ini karena daun katuk dipercaya dapat meningkatkan kesehatan kulit dan memperbanyak produksi ASI. Namun, apakah anggapan mengenai manfaat daun katuk tersebut benar? Atau hanya mitos belaka? Untuk mengetahui jawabannya, kita simak penjelasannya dalam artikel ini yuk, Mums! 

Apa itu Daun Katuk?

Sebelum mengetahui manfaat daun katuk bagi ibu hamil dan menyusui, sebaiknya kita pahami terlebih dahulu mengenai apa itu daun katuk. Jadi, katuk adalah tanaman tropis yang biasa dijumpai di beberapa negara Asia Tenggara, salah satunya Indonesia. 

Tanaman ini dapat dikenali dari daunnya yang berukuran kecil dan berwarna hijau gelap, disertai corak dengan warna sedikit perak atau abu di bagian tengahnya. Daun merupakan bagian dari tanaman ini yang biasa dikonsumsi oleh banyak orang. 

Biasanya orang Indonesia mengolah daun katuk menjadi campuran bahan masakan atau dikonsumsi secara langsung sebagai lalapan. Karena manfaat daun katuk cukup beragam, tak heran jika daun ini pun sering dikonsumsi sebagai teh herbal dan suplemen. 

Kandungan Nutrisi Daun Katuk

Manfaat daun katuk bisa Mums dapatkan berkat kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Daun katuk merupakan tanaman dengan kandungan nutrisi yang cukup bervariasi. Dalam 100 gram daun katuk, terkandung beragam nutrisi yang mencakup: 

  • Protein: 5-7 gram
  • Lemak: 1 gram
  • Serat: 1,8-2 gram
  • Vitamin C: 250 miligram
  • Vitamin B9 (asam folat): 190 miligram 
  • Zinc (seng): 1 miligram
  • Kalium: 45 miligram
  • Magnesium: 120 miligram
  • Kalsium: 170 miligram
  • Zat besi: 2,7 miligram

Selain nutrisi di atas, daun katuk juga mengandung vitamin A, vitamin B kompleks, dan beragam antioksidan, seperti polifenol, flavonoid, lutein, dan zeaxanthin yang dapat menangkal radikal bebas di dalam tubuh. Lantas, dari kandungan nutrisi tersebut, apa saja manfaat daun katuk bagi ibu hamil dan menyusui? 

Manfaat Daun Katuk Bagi Ibu Hamil dan Menyusui

Berkat berbagai kandungan nutrisi di dalamnya, manfaat daun katuk pun ternyata cukup beragam bagi ibu hamil dan menyusui. Berikut ini beberapa manfaat daun katuk yang perlu Mums ketahui: 

  • Meningkatkan produksi ASI

    Manfaat daun katuk untuk meningkatkan produksi ASI ternyata memang fakta ya, Mums. Daun katuk mengandung senyawa fitosterol dan papaverine yang dapat meningkatkan kadar serta peredaran hormon prolaktin dan oksitosin. Keduanya merupakan hormon yang berperan penting dalam meningkatkan produk ASI. 

    Bahkan, konsumsi daun katuk bisa Mums biasakan sejak masa kehamilan. Sebab, tak sedikit ibu menyusui yang mengalami ASI tidak keluar sesaat setelah melahirkan. Padahal, pembentukan ASI sudah berjalan sejak usia kehamilan 14 minggu. Saat itu, ASI yang keluar sebenarnya adalah kolostrum, yaitu cairan kental tinggi protein yang mengandung antibodi untuk melindungi bayi dari infeksi, terutama di hari-hari pertama setelah kelahirannya. Nah, untuk mengatasi kondisi tersebut, Mums dapat mengonsumsi daun katuk sejak hamil.

    Ekstrak daun katuk juga dipercaya dapat meningkatkan jumlah produksi ASI mencapai 50,7 persen. Peningkatan produksi ASI ini pun perlu disertai dengan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi seimbang, minum susu khusus ibu hamil dan menyusui, lebih sering memerah ASI, rutin olahraga, cukupi kebutuhan air putih, cukupi waktu tidur dan istirahat, serta kelola stres dengan baik. 

    Selain fokus terhadap peningkatan jumlah ASI, Mums juga harus memerhatikan kualitas ASI yang akan dikonsumsi oleh si Kecil. Salah satu cara meningkatkan kualitas ASI dengan mengonsumsi susu khusus ibu hamil dan ibu menyusui, seperti Frisomum Gold Dualcare+ karena mengandung zat besi, kalsium, ALA/LA, prebiotik, probiotik, dan nukleotida untuk mendukung kesehatan Mums dan tumbuh kembang si Kecil selama di dalam kandungan sampai masa menyusui.

    Baca juga: 6 Sayuran untuk Ibu Hamil yang Bermanfaat Bagi Janin

  • Keseimbangan hormon

    Manfaat daun katuk juga dapat menyeimbangkan hormon selama masa kehamilan lho. Seperti yang Mums ketahui, ibu hamil pasti akan mengalami ketidakseimbangan hormon yang ditandai dengan perubahan pada tubuh dan suasana hati. Daun katuk memiliki banyak senyawa kimia alami yang dapat merangsang pertumbuhan hormon penting dalam tubuh, seperti hormon progesteron, estradiol, dan glukokortikoid. Dengan begitu, manfaat daun katuk akan membantu menyeimbangkan kadar hormon selama hamil. 

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

    Manfaat daun katuk selanjutnya yaitu dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh ibu hamil dan menyusui. Ini karena daun katuk mengandung vitamin C, vitamin A, dan antioksidan yang cukup tinggi. Selain itu, ekstrak daun katuk memiliki sifat antibakteri dan antijamur.

  • Menjaga metabolisme tubuh

    Menjaga metabolisme tubuh selama masa kehamilan merupakan salah satu cara untuk mengoptimalkan kesehatan tubuh Mums. Biasanya saat sedang hamil, metabolisme Mums akan sedikit terganggu. Nah, manfaat daun katuk dapat membantu menjaga metabolisme tubuh Mums karena tanaman ini memiliki kandungan vitamin B yang tinggi. 

  • Membantu meningkatkan kesehatan tulang dan gigi

    Seperti yang telah disebutkan, daun katuk termasuk tanaman yang kaya kalsium, zat besi, fosfor, dan kalium. Bahkan, kandungan zat besi dalam daun katuk lebih tinggi dibandingkan daun pepaya dan daun singkong. Dengan banyaknya kandungan mineral tersebut, manfaat daun katuk dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang sehingga mengurangi risiko osteoporosis. Selain itu, manfaat daun katuk juga dapat membantu menjaga kesehatan gigi supaya lebih kuat dan tidak mudah keropos. 

    Baca juga: 6 Jenis Sayur untuk MPASI yang Bermanfaat Bagi Bayi

  • Mengatasi peradangan

    Manfaat daun katuk yang tak kalah penting yaitu membantu mengatasi peradangan. Peradangan merupakan respons alami tubuh terhadap infeksi atau cedera, yang akan membaik dengan sendirinya. Meskipun begitu, peradangan terkadang bisa terjadi dalam waktu yang lama. Bila tidak diobati dengan tepat, kondisi tersebut dapat meningkatkan risiko munculnya masalah kesehatan lain. 

    Itulah sebabnya, meskipun manfaat daun katuk baik bagi peradangan, tetapi tanaman ini bukan satu-satunya makanan yang dapat mengatasi kondisi tersebut. Mums tetap harus berkonsultasi dengan dokter bila mengalami peradangan yang tak membaik selama beberapa hari dan disertai dengan gejala lain yang mengganggu kesehatan selama hamil atau menyusui. 

  • Menurunkan kadar gula darah

    Manfaat daun katuk lainnya yaitu dapat menurunkan kadar gula darah dan menjaganya tetap stabil. Oleh karena itu, tanaman satu ini baik dikonsumsi untuk melindungi tubuh dari risiko penyakit diabetes. 

Sama seperti sayuran hijau pada umumnya, daun katuk bisa diolah menjadi masakan lezat dan bernutrisi. Tanaman ini bisa Mums olah menjadi sayur bening, sayur santan, ditumis, digoreng menjadi bakwan, dijadikan bahan tambahan dalam mie goreng atau nasi goreng, hingga dicampur dengan buah-buahan seperti alpukat, apel, lemon, pepaya, dan pisang untuk dijadikan jus segar, jangan lupa ditambahkan madu untuk menambah rasa manis alami yang lebih sehat.

Supaya manfaat daun katuk bisa Mums dapatkan dengan lebih optimal, sebaiknya Mums mengolah tanaman ini dengan tepat. Hindari memasak atau memanaskan daun katuk lebih dari satu kali agar nutrisi alami di dalamnya tidak rusak, sehingga saluran pencernaan Mums dapat dengan mudah mencerna nutrisi dari daun katuk. 

Itulah fakta seputar daun katuk yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui, semoga artikel ini bermanfaat ya, Mums.

 

Ditinjau Oleh: dr. Rulli P.A Situmorang