Lompat ke isi utama
Vitamin B

Ragam Manfaat Vitamin B12 dan Sumbernya untuk Si Kecil

Manfaat vitamin B12 ternyata penting untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil lebih optimal lho. Apa saja manfaat dan sumber makanannya?

Sebagian Mums mungkin sering mendengar manfaat vitamin B12 yaitu dapat mengubah karbohidrat pada makanan menjadi energi di dalam tubuh. Ternyata, manfaat vitamin B12 bukan hanya itu saja lho, Mums. Masih ada manfaat lain yang ternyata penting bagi tumbuh kembang si Kecil. Apalagi kehadirannya sangat penting karena tubuh tidak bisa memproduksi vitamin B12 sendiri, sehingga membutuhkan asupan yang optimal dari sumber vitamin B12 yang berkualitas. 

Sebelum membahas mengenai manfaat vitamin B12, mungkin di antara Mums ada yang bingung apa itu vitamin B12? Apakah vitamin B12 berbeda dengan jenis vitamin B kompleks lainnya? Jadi, vitamin B12 merupakan vitamin larut air yang termasuk ke dalam kelompok vitamin B kompleks. Vitamin B12 atau kobalamin dapat menjalankan fungsinya sendiri maupun bekerjasama dengan jenis vitamin B yang lain, seperti vitamin B6 dan vitamin B9. 

Ragam Manfaat Vitamin B12

Berikut ini beberapa manfaat vitamin B12 yang perlu Mums ketahui, di antaranya:

  1. Mencegah anemia

    Salah satu manfaat vitamin B12 yang penting yaitu dapat mencegah penyakit anemia atau kurang darah. Hal ini karena vitamin B12 berperan dalam proses pembentukan sel darah merah di dalam tubuh. Jika kadar vitamin B12 di dalam tubuh terlalu rendah, maka bisa menyebabkan penurunan produksi dan gangguan perkembangan sel darah merah. Ketika produksi sel darah merah menurun, oksigen pun tidak dapat diedarkan ke seluruh tubuh dengan maksimal. Kondisi inilah yang nantinya akan meningkatkan risiko anemia dengan gejala tubuh yang mudah lelah dan lemah. 

  2. Menambah energi

    Manfaat vitamin B12 memang tidak memberikan energi secara langsung, tetapi vitamin ini sangat dibutuhkan dalam proses pembentukan energi dari karbohidrat yang dikonsumsi oleh si Kecil. Jika si Kecil merasa kurang bertenaga, Mums bisa mencukupi asupan nutrisi ini untuk membantu meningkatkan energinya. Selain manfaat vitamin B12 untuk menambah energi, nutrisi ini juga turut berperan dalam menjaga kesehatan organ tubuh, membantu meningkatkan kualitas tidur, meningkatkan daya ingat, dan memperbaiki suasana hati.

  3. Menjaga kesehatan jantung

    Manfaat vitamin B12 selanjutnya yaitu membantu melindungi kesehatan jantung dengan baik. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa manfaat vitamin B12 juga bisa membantu mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh dan mengontrol tekanan darah tinggi. Tak hanya itu, manfaat vitamin B12 juga dipercaya dapat mengontrol penumpukan plak dalam pembuluh darah. 

  4. Membantu menjaga kesehatan tulang

    Manfaat vitamin B12 yang tak kalah penting yaitu dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Sebab, kekurangan nutrisi ini akan mengurangi kepadatan mineral dalam tulang dan jika kondisi tersebut dibiarkan dalam waktu yang lama, maka akan menyebabkan osteoporosis saat dewasa. 

  5. Menjaga kesehatan kulit, rambut, dan kuku

    Manfaat vitamin B12 juga diperlukan untuk membantu menjaga kesehatan kulit, rambut, dan kuku. Sebab, vitamin b12 berperan untuk membentuk sel-sel tubuh agar berfungsi dengan normal. Kekurangan vitamin B12 dalam jumlah banyak terbukti dapat menyebabkan masalah kulit, seperti hiperpigmentasi. 

Sebenarnya manfaat vitamin B12 sudah bisa dipenuhi dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung vitamin B12. Namun, pada orang yang mengalami gangguan pencernaan kronis, malnutrisi, dan kanker, kemungkinan akan mengalami kekurangan vitamin B12 yang lebih besar, sehingga membutuhkan tambahan suplemen vitamin B12. Pemberian suplemen vitamin B12 ini harus sesuai dengan anjuran dokter karena kondisi dan kebutuhan setiap orang berbeda-beda. 

Sumber Makanan yang Mengandung Vitamin B12 

Seperti yang telah disebutkan, jika si Kecil dalam keadaan sehat dan tidak mengalami penyakit tertentu, Mums bisa memenuhi kebutuhan vitamin B12 dari makanan yang kaya akan vitamin ini. Berikut beberapa sumber makanan yang bisa Mums pilih: 

  • Susu dan produk olahannya

    Selain sebagai sumber protein hewani berkualitas, susu, yoghurt, dan keju juga memiliki kandungan vitamin B12 yang baik bagi tubuh si Kecil. Dengan begitu, Mums bisa mendapatkan manfaat vitamin B12 dengan memberikan si Kecil susu sesuai dengan kebutuhannya. Tak hanya itu, susu juga mengandung nutrisi lain yang tak kalah penting, seperti karbohidrat, lemak, kalsium, magnesium, fosfor, natrium, vitamin C, dan lain sebagainya.

    Nah, Mums bisa memenuhi asupan vitamin B12 dari susu Friso Gold 4 agar tumbuh kembang si Kecil lebih optimal. Selain itu, susu Friso Gold 4 juga mengandung prebiotik, probiotik, dan nukleotida, yang dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan si Kecil. 

  • Ikan salmon

    Manfaat vitamin B12 bisa Mums dapatkan dari ikan salmon. Selain mengandung vitamin B12, ikan salmon juga kaya akan nutrisi penting lainnya, seperti protein, asam lemak omega 3, vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, zat besi, kalsium, serta vitamin dan mineral lainnya. Itulah sebabnya, ikan salmon termasuk makanan yang perlu dikonsumsi oleh si Kecil karena dapat mendukung tumbuh kembangnya lebih optimal, terutama untuk meningkatkan kecerdasannya. 

    Baca juga: 8 Penyebab Anak Susah Makan dan Cara Mengatasinya

  • Kerang

    Selain ikan, manfaat vitamin B12 juga bisa Mums dapatkan dalam kerang. Selain vitamin B12, kerang juga mengandung beragam zat gizi penting lainnya, baik zat gizi makro maupun zat gizi mikro.

  • Daging sapi

    Selain kaya akan protein, daging sapi juga termasuk makanan yang kaya akan vitamin B kompleks, seperti vitamin B1, vitamin B2, vitamin B5, vitamin B6, dan vitamin B12. Dengan begitu, manfaat vitamin B12 bisa Mums dapatkan dari daging sapi untuk diolah menjadi makanan kesukaan si Kecil. 

  • Daging ayam

    Manfaat vitamin B12 juga bisa Mums dapatkan dalam daging ayam. Di dalam daging ayam terdapat sejumlah vitamin B kompleks, di antaranya vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, dan vitamin B12. Selain itu, daging ayam juga kaya akan nutrisi penting lainnya yang mencakup zat gizi makro dan mikro. 

  • Telur

    Apabila Mums mencari manfaat vitamin B12 dari makanan yang mudah didapat dan diolah, telur adalah jawabannya. Telur termasuk bahan pangan dengan kandungan biotin yang cukup tinggi. Biotin yaitu jenis vitamin B yang terkenal baik untuk menjaga kesehatan rambut. Di dalam telur terdapat vitamin B kompleks, seperti vitamin B2, vitamin B5, vitamin B7, vitamin B9 (asam folat), dan vitamin B12. Telur juga kaya akan nutrisi lain, di antaranya protein, karbohidrat, lemak, vitamin A fosfor, kalsium, dan zat besi. 

  • Hati sapi

    Meskipun tak semua anak-anak menyukai hati sapi, tetapi siapa sangka jika hati sapi mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh lho. Dengan catatan, konsumsinya harus dipenuhi sesuai dengan batas normal, tidak boleh berlebihan ya, Mums. Di dalam hati sapi terkandung hampir semua jenis vitamin B kompleks, di antaranya vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B7, vitamin B8 (asam folat), dan vitamin B12. 

Mums perlu memberikan si Kecil makanan yang mengandung vitamin B12 sesuai batas normal, ya. Sebab, kelebihan maupun kekurangan vitamin B12 pun tidak baik bagi kesehatannya. Oleh karenanya, Mums perlu memenuhi asupan nutrisi si Kecil dengan seimbang setiap harinya. Selain itu, pastikan Mums mengolah makanan tersebut secara tepat. Hindari memasak atau memanaskan makanan lebih dari satu kali agar nutrisi alami di dalamnya tidak rusak, sehingga pencernaan si Kecil bisa mencernanya dengan lebih mudah. 

Selain berbagai jenis makanan di atas, vitamin B12 juga terkandung dalam susu Friso Gold 4. Susu Friso Gold 4 termasuk susu pertumbuhan yang mengandung nutrisi alami, tanpa perisa, bebas sukrosa, dan tetap memiliki rasa yang enak. Dengan kemasan baru, susu Friso Gold 4 tetap bernutrisi tinggi, diperkaya juga dengan kandungan vitamin, dan mineral lain, serta didukung oleh teknologi Locknutri yang menjaga kualitas nutrisi alami susu sehingga mudah diserap tubuh si Kecil agar membantunya kuat dari dalam.

 

Ditinjau Oleh: dr. Rulli P.A Situmorang