Lompat ke isi utama
Sayuran

Ragam Sayuran yang Mengandung Vitamin C untuk Anak

Sayuran yang mengandung vitamin C sangat penting untuk membantu meningkatkan imun tubuh si Kecil lho. Apa saja jenisnya?

Tahukah Mums, sayuran yang mengandung vitamin C termasuk nutrisi yang penting untuk menjaga sistem imun, menjaga kesehatan kulit, sebagai antioksidan, dan lain sebagainya. Untuk mendapatkan manfaatnya tersebut sebenarnya cukup mudah lho, Mums dapat menyajikan sayuran yang mengandung vitamin C ke dalam menu harian si Kecil. 

vitamin C atau disebut juga asam askorbat merupakan jenis nutrisi yang larut dalam air dan tidak diproduksi sendiri oleh tubuh. Selain sayuran yang mengandung vitamin C, Mums juga bisa mendapatkan manfaat nutrisi ini dari berbagai jenis buah-buahan segar dan suplemen. Lantas, seberapa penting vitamin C wajib dikonsumsi anak-anak?

Mengapa si Kecil Harus Konsumsi vitamin C?

Setiap anak perlu mencukupi kebutuhan vitamin C harian dengan tepat. Ini karena vitamin C memiliki berbagai manfaat bagi tubuh, di antaranya: 

  1. vitamin C membantu meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil dan mempercepat proses penyembuhan. Beberapa masalah kesehatan, seperti batuk dan pilek dapat dicegah dengan mencukupi kebutuhan vitamin C dalam tubuh. 
  2. vitamin C berperan sebagai antioksidan yang membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Dengan mengonsumsi vitamin C, maka dapat mengurangi risiko penyakit, salah satunya penyakit jantung. 
  3. vitamin C penting bagi kesehatan kulit karena berperan dalam produksi kolagen, yaitu protein yang dibutuhkan untuk membantu melembapkan kulit, mengurangi bekas luka, dan mengencangkan kulit.
  4. vitamin C meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan dan membantu sistem imun tubuh bekerja dengan baik, guna melindungi tubuh dari penyakit.
  5. vitamin C juga dapat membantu merawat kesehatan tulang dan gigi si Kecil. 

Dari manfaat di atas, dapat dipastikan bahwa si Kecil membutuhkan sayuran yang mengandung vitamin C agar kebutuhan nutrisinya tercukupi. 

12 Sayuran yang Mengandung vitamin C

Pentingnya manfaat vitamin C di atas menjadi pengingat bagi Mums agar lebih rajin lagi memberikan si Kecil sayuran yang mengandung vitamin C dengan porsi yang seimbang. Nah, berikut ini ada beberapa jenis sayuran yang mengandung vitamin C untuk diolah menjadi masakan lezat, di antaranya: 

  1. Brokoli

    Brokoli merupakan sayuran yang mengandung vitamin C berkadar tinggi. Penelitian dari Indian Journal of Clinical Biochemistry menunjukkan bahwa kandungan vitamin C dalam brokoli dapat menurunkan stres oksidatif, meningkatkan sistem imun tubuh, serta mencegah berbagai penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung. Melansir laman resmi nilaigizi.com, dalam 100 gram brokoli matang terdapat sekitar 61.10 mg vitamin C.

  2. Bayam 

    Sayuran yang mengandung vitamin C selanjutnya adalah bayam. vitamin C berperan sebagai antioksidan yang penting bagi tubuh. Supaya si Kecil mendapatkan manfaat yang optimal dari nutrisi ini, sebaiknya Mums olah bayam dengan cara yang lebih sehat, seperti direbus atau dikukus. Dalam 100 gram bayam terdapat sekitar 41 mg vitamin C. Artinya, vitamin C merupakan nutrisi unggulan di dalam bayam. 

  3. Sawi

    Selain berperan sebagai antioksidan, vitamin C dalam sawi dapat menjaga kesehatan kulit si Kecil. Sawi juga berperan untuk melancarkan saluran pencernaan, membantu menurunkan tekanan darah, menjaga kesehatan tulang, dan lainnya. Dalam 100 gram sawi terdapat sekitar 45 mg vitamin C

  4. Tomat

    Sayuran yang mengandung vitamin C lainnya yaitu tomat. Dengan kadar vitamin C yang cukup tinggi, tomat sangat baik sebagai zat antioksidan yang dibutuhkan oleh sistem imun tubuh. Sayur yang mengandung banyak air ini juga mengandung nutrisi lain, seperti protein, serat, vitamin K, vitamin B9 (asam folat), kalium. Sayuran yang mengandung vitamin C ini juga dapat membantu mencegah dehidrasi karena sekitar 94% komposisi tomat terdiri dari air. Dalam setiap 100 gram tomat merah terdapat sekitar 35 mg vitamin C

  5. Kembang kol

    Pilihan sayuran yang mengandung vitamin C selanjutnya adalah kembang kol. Mums pasti sudah sering mengolah dan mengonsumsi sayuran satu ini, kan? Nah, sekarang Mums bisa mengolah kembang kol dengan cara yang lebih sehat untuk dijadikan menu kesukaan si Kecil. Dalam setiap 100 gram kembang kol terdapat sekitar 29 mg vitamin C

    Baca juga: Anak Susah Makan? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya Yuk!

  6. Kubis 

    Rekomendasi sayuran yang mengandung vitamin C lainnya yaitu kubis. Sayuran ini memiliki beragam manfaat yang penting bagi tubuh, di antaranya membantu meningkatkan kekebalan tubuh, melancarkan saluran pencernaan, hingga mencegah penyakit jantung. Dalam 100 gram kubis terdapat sekitar 36.6 mg vitamin C. Kadarnya cukup tinggi, bukan? Oleh karena itu, Mums bisa mengolah kubis menjadi menu masakan lezat dan sehat untuk si Kecil. 

  7. Seledri

    Selain bermanfaat untuk penambah rasa dalam setiap masakan, ternyata seledri juga termasuk sayuran yang mengandung vitamin C. Sayuran ini bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, mencegah peradangan, menjaga kesehatan organ hati, hingga dapat mencegah dehidrasi. Mengutip laman resmi nilaigizi.com, dalam 100 gram seledri terdapat sekitar 11 mg vitamin C

  8. Peterseli

    Jika dilihat sekilas, daun peterseli memang hampir mirip dengan daun seledri. Namun, kedua sayuran yang mengandung vitamin C ini berasal dari tanaman yang berbeda. Selain itu, kandungan vitamin C dalam seledri dan peterseli pun berbeda lho, Mums. Kandungan vitamin C dalam peterseli lebih tinggi dibandingkan seledri, yaitu dalam 100 gram peterseli terdapat sekitar 133 mg vitamin C

  9. Paprika

    Meskipun paprika bukan termasuk sayuran kesukaan anak-anak, tetapi paprika merupakan sayuran yang mengandung vitamin C cukup baik. Dalam 100 gram paprika kuning terdapat sekitar 155 mg vitamin C. Luar biasa, bukan? Namun, karena rasa paprika kurang disukai oleh sebagian besar anak-anak, maka Mums harus mengolahnya dengan tepat. Mums bisa mengakalinya dengan menjadikan sayuran ini sebagai topping di menu makanan si Kecil, salah satunya pizza. 

  10. Lobak putih

    Sayuran yang mengandung vitamin C yang sayang untuk dilewatkan adalah lobak putih. Sayuran yang sering ada di dalam soto ini bisa jadi makanan bernutrisi untuk membantu mencukupi kebutuhan gizi harian si Kecil lho. Sebab, dalam 100 gram lobak putih terdapat sekitar 15 mg vitamin C

  11. Kale

    Kale juga termasuk sayuran yang mengandung vitamin C cukup tinggi lho, Mums. Maka dari itu, jika si Kecil kekurangan vitamin C, Mums bisa memberikannya olahan kale yang sehat dan lezat. Melansir laman U.S. Department of Agriculture, satu cangkir kale mentah mengandung sekitar 80 mg vitamin C. Dengan begitu, kebutuhan harian si Kecil akan vitamin C hampir terpenuhi hanya dengan mengonsumsi satu cangkir kale mentah. Namun, Mums tetap disarankan untuk memberikan si Kecil sayuran kale yang sudah diolah dengan tepat ya. Pada kale yang sudah matang, kadar vitamin C yang terkandung di dalamnya sekitar 53 mg. 

  12. Okra (Bendi)

    Untuk sebagian Mums mungkin masih jarang mengolah okra atau bendi ke dalam menu harian si Kecil. Namun, ternyata okra termasuk sayuran yang mengandung vitamin C yang cukup tinggi lho. Dalam 100 gram okra terdapat sekitar 23 mg vitamin C. Maka dari itu, mulai sekarang Mums bisa mengolah okra menjadi menu makanan sehat si Kecil jika bosan dengan jenis sayuran lain. 

Dari sekian banyak sayuran yang mengandung vitamin C, kira-kira sayuran mana yang jadi favorit si Kecil? Apapun sayurannya, Mums harus pastikan cara mengolah sayuran tersebut dengan tepat ya. Hindari memasak dan memanaskan sayuran lebih dari satu kali agar nutrisi alami di dalamnya tidak rusak, sehingga nutrisinya mudah dicerna dan diserap oleh si Kecil.

Selain mengonsumsi sayuran, kebutuhan gizi harian si Kecil juga harus terpenuhi dari makanan bergizi lainnya. Maka dari itu, Mums perlu menyeimbangkan kebutuhan nutrisi si Kecil secara seimbang. Salah satu nutrisi yang tak kalah penting yaitu susu FRISO Gold 3 yang mengandung nutrisi alami, tanpa perisa, bebas sukrosa, dan tetap memiliki rasa yang enak. 

Dengan kandungan nutrisi tinggi, susu FRISO Gold 3 juga diperkaya dengan kandungan prebiotik, probiotik, nukleotida, vitamin, dan mineral, serta didukung oleh teknologi Locknutri yang menjaga kualitas nutrisi alami susu sehingga mudah diserap tubuh si Kecil agar membantunya kuat dari dalam.

 

Ditinjau Oleh: dr. Rulli P.A Situmorang