Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Ragam Vitamin Buat Ibu Hamil dan Janin yang Paling Penting

Ragam Vitamin Buat Ibu Hamil dan Janin yang Paling Penting

vitamin buat ibu hamil termasuk nutrisi yang harus dikonsumsi selama masa kehamilan demi mengoptimalkan tumbuh kembang bayi

Vitamin buat ibu hamil termasuk salah satu nutrisi yang tak hanya penting bagi Mums, tetapi juga berperan penting bagi kesehatan dan tumbuh kembang bayi dalam kandungan. Nutrisi ini dibutuhkan agar Mums terhindar dari risiko berbagai gangguan kesehatan. 

Apalagi selama masa kehamilan Mums memerlukan asupan lebih banyak dibandingkan sebelumnya. Sebab, bayi di dalam kandungan Mums juga memerlukan nutrisi yang berkualitas agar tumbuh kembangnya optimal. Oleh karena itu, Mums perlu mencukupi kebutuhan nutrisi secara lengkap dan tepat, termasuk vitamin buat ibu hamil. 

Lantas, apa saja jenis vitamin buat ibu hamil dan makanan yang bisa dikonsumsi? Simak rekomendasinya dalam artikel ini, yuk! 

Ragam Vitamin buat Ibu Hamil dan Janin

Berikut ini beberapa jenis vitamin buat ibu hamil yang memiliki manfaat untuk kesehatan dan tumbuh kembang janin dalam kandungan:

  1. Vitamin B9 (Asam folat)

    Vitamin B9 atau lebih dikenal dengan istilah asam folat termasuk vitamin buat ibu hamil yang wajib dikonsumsi. Asam folat diperlukan untuk mencegah terjadinya cacat pada sistem saraf bayi. 

    Kondisi cacat ini biasanya mulai berkembang pada 28 hari pertama setelah pembuahan. Pada masa itu, banyak wanita yang belum menyadari bahwa ia sedang hamil. Oleh karena itu, vitamin buat ibu hamil ini sebenarnya perlu dikonsumsi saat menjalani program kehamilan. 

  2. Vitamin A

    Selain asam folat, vitamin A juga termasuk vitamin buat ibu hamil yang diperlukan untuk proses perkembangan jantung, paru-paru, ginjal, mata, dan tulang janin dalam kandungan. Setelah melahirkan, vitamin A bisa membantu memperbaiki jaringan tubuh Mums, menurunkan risiko terjadinya infeksi, memperkuat daya tahan tubuh, dan menjaga kesehatan mata. 

  3. Vitamin B6

    Vitamin B6 merupakan salah satu jenis vitamin larut air yang berfungsi untuk mengolah protein menjadi asam amino, serta mencerna karbohidrat dan lemak agar tubuh bisa memperoleh nutrisi. 

    Vitamin B6 juga termasuk vitamin buat ibu hamil yang memiliki banyak manfaat, di antaranya dapat meredakan mual, menunjang pertumbuhan fungsi otak dan saraf janin, mencegah janin lahir dengan berat badan rendah, menjaga kadar gula darah, dan mengurangi risiko gangguan kehamilan lainnya. 

  4. Vitamin B12

    Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), salah satu vitamin buat ibu hamil yang perlu dikonsumsi adalah vitamin B12. Vitamin yang masuk ke dalam kelompok vitamin B kompleks ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan saraf dan membantu pembentukan DNA serta sel-sel darah. 

    Kekurangan vitamin B12 saat hamil kemungkinan akan melahirkan bayi yang mengidap resistensi insulin tubuh dan gangguan metabolisme, sehingga si Kecil berisiko menderita obesitas dan diabetes melitus (kencing manis). 

  5. Vitamin D

    Vitamin D juga termasuk ke dalam vitamin buat ibu hamil yang sayang untuk dilewatkan. Sebab, vitamin D memiliki beragam manfaat, di antaranya mendukung pertumbuhan tulang dan gigi bayi, mengurangi risiko tekanan darah tinggi, mencegah bayi lahir dengan berat badan rendah, dan menurunkan risiko diabetes gestasional. 

  6. Vitamin C

    Vitamin buat ibu hamil lainnya yaitu vitamin C yang bermanfaat untuk membantu penyerapan zat besi, mendukung pertumbuhan bayi, mengurangi risiko preeklampsia, dan menurunkan risiko diabetes gestasional. Meskipun vitamin C penting bagi ibu hamil, tetapi konsumsinya harus sesuai batas normal agar manfaatnya lebih optimal dan terhindar dari gangguan kesehatan. 

Selain 6 vitamin di atas, ada pula vitamin buat ibu hamil lainnya yang tak kalah penting, di antaranya vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin E. Ragam vitamin tersebut bisa Mums dapatkan dengan mudah dari bahan pangan alami. 

Sementara, suplemen vitamin bisa Mums konsumsi jika sudah mendapat anjuran dari dokter. Sebab, setiap Ibu hamil memiliki kondisi kesehatan yang berbeda, sehingga memerlukan suplemen vitamin yang berbeda pula. Oleh karena itu, pastikan Mums konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen vitamin buat ibu hamil. 

Makanan yang Mengandung Vitamin buat Ibu Hamil

Berikut ini makanan yang mengandung vitamin buat ibu hamil: 

  • Susu

    Kebutuhan gizi harian Ibu hamil juga harus dioptimalkan dengan mengonsumsi susu khusus Ibu hamil dan menyusui yang kaya nutrisi. Pastikan Mums memilih susu yang tepat agar kesehatan dan tumbuh kembang janin tetap terjaga. Salah satu susu yang bisa Mums pilih adalah susu susu Frisomum Gold Dualcare+ yang mengandung zat besi, kalsium, ALA/LA, prebiotik, probiotik, nukleotida, serta beragam vitamin dan mineral yang penting untuk mendukung kesehatan Mums dan tumbuh kembang janin. 

  • Daging

    Daging sapi, daging kambing, daging domba, daging ayam, dan daging unggas lainnya termasuk makanan kaya nutrisi yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil, asalkan dengan pengolahan yang tepat. Pastikan Mums mengolah daging secara matang merata, serta sebaiknya Mums hindari mengonsumsi daging yang mentah atau setengah matang karena dapat berbahaya bagi janin dalam kandungan. 

    Umumnya di dalam daging mengandung zat gizi makro seperti protein, karbohidrat, lemak, serta zat gizi mikro yang mencakup beragam vitamin dan mineral untuk mengoptimalkan kesehatan Mums selama kehamilan. 

  • Kacang-kacangan

    Ibu hamil juga bisa mencukupi kebutuhan vitamin B9 (asam folat) dari aneka jenis kacang yang cocok dijadikan camilan sehat. Jenis kacang yang bisa Mums olah di antaranya kacang tanah, kacang merah, kacang hijau, kacang polong, dan kacang walnut. 

  • Sayuran hijau

    Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan vitamin buat ibu hamil yaitu dengan mengonsumsi sayuran. Sayuran hijau seperti bayam, brokoli, selada, dan lainnya bisa diolah menjadi makanan lezat untuk memenuhi nutrisi Mums dan janin dalam kandungan. Sayuran hijau juga dapat membantu meningkatkan kesehatan Mums selama masa kehamilan. 

  • Buah-buahan

    Sama seperti sayuran, buah-buahan termasuk makanan yang kaya akan vitamin buat ibu hamil. Banyak buah-buahan yang di dalamnya mengandung beragam vitamin, mulai dari vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E, dan lainnya. Beberapa jenis buah-buahan yang bisa dikonsumsi selama hamil di antaranya jeruk, alpukat, pisang, pepaya, apel, stroberi, melon, buah bit, semangka, dan lainnya. 

  • Telur

    Makanan yang kaya akan nutrisi untuk Ibu hamil selanjutnya adalah telur. Selain mudah didapat dan harganya terjangkau, telur memiliki banyak manfaat untuk kesehatan Mums dan janin dalam kandungan, di antaranya sebagai sumber energi, membantu meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan tulang dan gigi, serta mengurangi risiko peningkatan tekanan darah. Meskipun bermanfaat, Mums harus mengonsumsi telur sesuai batas normal dengan tingkat kematangan yang merata. 

  • Ikan salmon

    Tak hanya kaya akan protein, ikan salmon juga termasuk makanan yang mengandung vitamin buat ibu hamil. Selain itu, ikan salmon juga mengandung asam lemak omega 3 yang penting untuk perkembangan otak janin. Ikan salmon juga baik dikonsumsi oleh Ibu hamil karena dapat mengurangi risiko kelahiran prematur, tekanan darah tinggi, dan depresi setelah melahirkan. 

  • Sereal gandum atau oatmeal 

    Makanan yang mengandung vitamin buat ibu hamil selanjutnya adalah sereal gandum dan oatmeal. Jenis makanan ini bisa jadi pilihan tepat untuk menu sarapan sehat Ibu hamil. 

    Sereal gandum juga termasuk makanan yang kaya akan serat dan protein, sehingga dapat melancarkan saluran pencernaan serta mendukung tumbuh kembang janin dalam kandungan. Sereal dan oatmeal bisa dikreasikan dengan berbagai makanan sehat lain, seperti susu, kacang-kacangan, biji-bijian, buah, dan yoghurt. 

Itulah beberapa makanan yang mengandung vitamin buat Ibu hamil, pastikan Mums mengolah makanan-makanan di atas secara tepat. Hindari memasak dan memanaskan makanan lebih dari satu kali agar nutrisi alami di dalamnya tidak rusak.

 

Ditinjau Oleh: dr. Rulli P.A Situmorang