Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Rangsang Motorik Halus Anak dengan Finger Painting!

Rangsang Motorik Halus Anak dengan Finger Painting!

Aktivitas bermain bersama si Kecil selalu jadi waktu yang baik untuk menyisipkan rangsangan untuk mendukung tumbuh kembangnya. Salah satu yang perlu dirangsang secara intensif adalah perkembangan motorik halus, yang nantinya akan berpengaruh pada kemampuannya menulis. Nah, untuk merangsang kemampuan ini, Mums dapat menggunakan ‘media’ permainan finger painting.

Apa itu finger painting? Permainan ini akan mengajak si Kecil untuk mencorat-coret dan mewarnai langsung dengan tangannya, tanpa menggunakan alat bantu. Apakah aktivitas ini akan membuat baju dan badan si Kecil kotor? Jelas. Namun bukan di sini poin utamanya. Poinnya adalah si Kecil mampu melatih gerakan otot dan koordinasi mata dan tangan, sehingga ia dapat menguasai dengan baik gerakan tangan yang dilakukannya.

Bagaimana Cara Bermain Finger Painting?

Rangsang Motorik Halus Anak dengan Finger Painting!

Caranya cukup mudah. Pertama, Mums harus menyiapkan media gambar dan mewarnai (bisa berupa kain atau kertas, atau bahkan mungkin tembok). Kemudian siapkan juga pewarna yang akan digunakan. Untuk pewarna, pastikan sudah aman dan memiliki standar yang jelas. Jika Mums tidak yakin, Mums dapat membuatnya sendiri lho. Kemudian jangan lupa juga untuk menyiapkan baju untuk si Kecil karena nantinya ia akan bermain dengan pewarna dan menjadi kotor.

Caranya adalah letakkan media gambar atau warna di lantai (atau tempat yang mudah dijangkau si Kecil). Kemudian duduk bersama si Kecil, dan arahkan si Kecil untuk mencelupkan jari dan tangan ke pewarna yang sudah disiapkan. Biarkan si Kecil berkreasi mengisi media gambar tersebut dengan warna dan bentuk yang diinginkannya.

Mums juga dapat turut serta bermain dengan membuat berbagai macam pola dan bentuk, yang bertujuan merangsang si Kecil agar dapat menirukannya. Tentu, di sini Mums akan banyak dikejutkan dengan betapa ekspresifnya si Kecil. Terus berikan semangat dan bimbing si Kecil agar dapat menggunakan banyak warna.

Stimulus Motorik Halus untuk si Kecil

Rangsang Motorik Halus Anak dengan Finger Painting!

Kegiatan finger painting dapat melatih kemampuan motorik halus si Kecil, karena secara langsung membuat si Kecil menggunakan jari dan tangannya. Ketika ia meraba pewarna dengan jarinya, si Kecil akan merasakan tekstur dari pewarna tersebut. Pada saat ia menggoreskan jari atau tangan yang sudah dicelupkan ke dalam pewarna, ia juga akan membuat gerakan-gerakan yang dapat melatih kemampuan ini.

Perlu dipahami, bahwa menulis dan memegang barang untuk anak-anak adalah hal yang cukup menantang. Pasalnya, si Kecil belum memiliki kekuatan yang cukup pada otot dan kemampuan koordinasi yang belum terlalu baik. Maka dari itu, bermain finger painting dapat menjadi media menyenangkan untuk merangsang kedua kemampuan ini. Memang akan sedikit berantakan dan kotor, namun demi tumbuh kembang yang optimal, rasanya tidak masalah bukan Mums?

Merangsang Kreativitas dan Hubungan Baik

Rangsang Motorik Halus Anak dengan Finger Painting!

Selain akan mengasah kemampuan motorik halus, finger painting juga dapat menjadi permainan yang efektif merangsang daya kreativitas dan imajinasi si Kecil. Dengan lembaran media kosong dan perpaduan warna cerah yang Mums sediakan, imajinasinya akan dapat diekspresikan secara langsung.

Bentuk yang tercipta, hampir dapat dipastikan, adalah bentuk abstrak yang merupakan perpaduan unik dari berbagai macam warna. Namun demikian, ini dapat menunjukkan seberapa jauh imajinasi si Kecil. Sangat disarankan untuk berdiskusi dengan si Kecil setelah selesai memainkan finger painting, untuk mengetahui apa yang ingin digambarkannya pada media tersebut.

Nah, diskusi ringan seperti ini, yang berlangsung ketika bermain finger painting dan setelahnya, dapat menjadi waktu intim untuk Mums dan si Kecil. Kedekatan psikis yang terjalin juga akan meningkatkan rasa percaya si Kecil pada Mums, bersamaan dengan rasa nyaman yang tumbuh dalam dirinya. Cukup banyak bukan rangsangan yang diberikan dengan permainan sederhana ini?

Imbangi dengan Asupan Nutrisi yang Cukup

Rangsang Motorik Halus Anak dengan Finger Painting!

Satu hal terakhir untuk lebih mengoptimalkan rangsangan yang diberikan dengan finger painting, adalah dengan mencukupi kebutuhan nutrisi hariannya. Rangsangan yang diterima bertujuan agar otot dan kemamp koordinasi si Kecil terus meningkat. Dari dalam, nutrisi yang masuk ke dalam tubuhnya akan dapat membantu perkembangan otot dan sel otak sehingga rangsangan apapun yang diterima si Kecil dapat diproses dengan baik.

Pemilihan sumber nutrisi juga penting agar nutrisi yang masuk bisa diserap secara optimal. Utamakan sumber nutrisi alami seperti buah, sayur, daging, susu, telur, dan kacang-kacangan. Jika diperlukan, Mums dapat menambahkan susu formula dengan kualitas yang baik dan kandungan nutrisi lengkap guna mendukung pemenuhan nutrisi harian si Kecil.

Baca Juga : Pentingnya Mengajak Anak Bermain Bersama-Sama

Bermain finger painting memang jadi salah satu cara efektif mengembangkan dan merangsang kemampuan motorik halus si Kecil. Untuk turut mengoptimalkan rangsangan yang diberikan, Mums bisa memberikan Friso Gold 4. Friso yang dilengkapi dengan teknologi Locknutri, menjaga kualitas alami nutrisi dari sumber susu sapi, sehingga lebih mudah diserap tubuh si Kecil. Berikan stimulasi dan nutrisi yang cukup setiap hari, dan lihat si Kecil tumbuh sehat, kuat dari dalam, dan pintar!