Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Rangsangan Permainan Imajinasi untuk si Kecil, Ini Tipsnya!

Rangsangan Permainan Imajinasi untuk si Kecil, Ini Tipsnya!

Anak yang kreatif dapat menemukan berbagai solusi dari masalah yang ditemuinya. Tidak hanya itu, ketika si Kecil memiliki kreativitas yang tinggi, ia juga akan dapat menghasilkan karya dan ide yang segar serta menarik. Kreativitas melibatkan permainan imajinasi di dalamnya, sehingga perlu untuk dilakukan rangsangan agar imajinasi si Kecil terasah. Tapi bagaimana cara yang tepat?

Sebenarnya, inti dari rangsangan pada imajinasi si Kecil adalah dengan memberikannya ruang untuk mengekspresikan apa yang dipikirkannya. Namun tentu, dengan pendampingan yang ketat agar si Kecil terhindar dari hal yang tidak diinginkan. Selain itu, Mums bisa mengenalkan si Kecil dengan banyak hal sejak dini. Membawanya bertemu banyak orang, melihat berbagai pemandangan dan objek berbeda, mengajaknya ke museum dan lain sebagainya. Tujuannya adalah agar si Kecil memiliki banyak referensi mengenai hal yang pernah ditemuinya. Dengan begini imajinasinya akan semakin berkembang dan optimal.

Sebenarnya ada beberapa poin yang bisa Mums lakukan, diluar yang sudah disebutkan di atas. Cara-cara di bawah ini bisa Mums coba, sembari bermain dengan si Kecil. Untuk lebih lebih spesifik, simak penjelasan di bawah ini ya Mums!

Kegiatan Aktif

Beragam kegiatan biasanya diberikan pada si Kecil untuk merangsang perkembangan fisik dan otaknya. Yang perlu diingat, untuk merangsang imajinasinya, Mums disarankan untuk memberikan kegiatan aktif. Sering terjadi salah kaprah dimana Mums memberikan si Kecil gadget atau hiburan yang sifatnya pasif agar si Kecil tenang dan ‘terlatih’ imajinasinya dengan melihat dan menikmati tontonan.

Nyatanya, beragam permainan imajinasi bisa Mums berikan yang berupa kegiatan aktif. Misalnya saja, dengan memberikannya alat musik mainan dan mendorongnya untuk menghasilkan berbagai nada berbeda. Atau bisa juga dengan mengajak si Kecil menggambar bebas untuk mengekspresikan apa yang ia pikirkan. Tentu saja, karya si Kecil belum bisa berupa bentuk jelas, namun setidaknya si Kecil melakukan kegiatan aktif sehingga imajinasinya terus berkembang dan terangsang.

Biarkan Si Kecil Memilih

Dalam kondisi yang memungkinkan, berikan si Kecil kebebasan untuk memilih. Pilihan yang diberikan tidak perlu yang sulit dan kompleks. Sesederhana seperti memilih untuk menggunakan gelas berwarna hijau atau merah. Atau dengan memilih piyama yang akan dikenakannya malam ini. Pilihan-pilihan ringan seperti itu dapat memberikan rangsangan pada imajinasinya.

Rangsangan yang diterima adalah berupa bayangan tentang bagaimana yang akan terjadi selanjutnya setelah si Kecil menentukan pilihan. Secara langsung, ia akan membayangkan terlebih dahulu bagaimana jika ia memilih gelas merah, bagaimana jika ia memilih piyama dengan motif bintang, bagaimana tampilan dan apa yang akan dia rasakan? Hal-hal seperti ini merupakan rangsangan sederhana, namun cukup efektif.

Perbolehkan ‘Kekacauan’

Well, mungkin poin ketiga ini berbanding terbalik dengan apa yang banyak dipercaya oleh masyarakat. ‘Anak-anak harus dibiarkan dalam keadaan tenang agar dapat beristirahat dengan optimal dan tumbuh optimal’, untuk melakukan permainan imajinasi, Mums justru harus mendorong agar si Kecil terus aktif dan melakukan hal-hal kreatif.

Tentu saja, kreativitas sangat erat kaitannya dengan kekacauan. Melukis, bernyanyi, bermain alat musik, dan sebagainya, bagaimana mungkin hal ini dilakukan dengan tenang, benar kan Mums? Berikan keleluasaan pada si Kecil untuk mengekspresikan apa yang ingin ia lakukan. Selalu dampingi sehingga si Kecil tetap dapat berekspresi tanpa harus menimbulkan kekacauan yang berlebihan.

Ekspektasi Logis

Untuk anak-anak berusia 1 hingga 3 tahun, Mums tidak bisa mengharapkan hasil karya yang sangat indah dari tangan mungilnya. Jangan terlalu paksakan si Kecil untuk mampu menggambar, bermusik atau berkarya diluar batas kemampuannya. Selalu pahami bahwa karya yang dihasilkan si Kecil memiliki batasan maksimal untuk setiap tahap tumbuh kembangnya.

Yang perlu dipastikan adalah si Kecil terus berkarya dan berekspresi. Selalu berikan apresiasi pada apapun hasil karyanya, sehingga si Kecil akan memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Selain itu, dengan membebaskan karya si Kecil apapun bentuknya serta mengapresiasinya, imajinasinya akan terus terasah secara berkelanjutan.

Rangsangan pada imajinasi si Kecil, sama pentingnya dengan rangsangan pada tumbuh kembang fisiknya. Keduanya dapat berjalan bersamaan selama Mums selalu mendampingi si Kecil dalam setiap fase tumbuh kembangnya. Selain itu, pastikan juga Mums memenuhi kebutuhan nutrisi harian si Kecil dengan asupan makanan bergizi dan higienis.

Untuk membantu Mums mencukupi kebutuhan nutrisi hariannya, berikan Friso Gold 3. Dengan teknologi Locknutri, kualitas alami nutrisi akan terjaga dan lebih mudah diserap tubuh si Kecil. Ini akan membantu si Kecil agar kuat dari dalam dan mendukung pertumbuhan otaknya sehingga rangsangan permainan imajinasi yang diberikan bisa semakin optimal. Mums juga dapat berkonsultasi dengan Ahli Nutrisi Alami Friso (ANA) pada situs resmi Friso dengan fitur live chat yang berada di pojok kanan bawah.

Selamat! Mums beruntung berkesempatan mendapatkan Free Sample dari Friso!

Daftar Sekarang