Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Redakan Nyeri Pinggang di Trimester 3 dengan Birthing Ball

Redakan Nyeri Pinggang di Trimester 3 dengan Birthing Ball

Nyeri pinggang merupakan gejala yang umum dialami di trimester tiga kehamilan. Ya, kondisi ini disebabkan oleh berat badan yang bertambah secara signifikan serta ukuran perutyang semakin membesar. Guna meredakannya, yuk lakukan olahraga ringan menggunakan birthing ball!

Selain membantu meredakan nyeri pinggang, latihanringan menggunakan bola khusus ini juga dapatmembantu meringankan rasa nyeri saat kontraksi ketika proses persalinan nanti.

Aktivitas yang bisa dilakukan

1. Persiapan
Sebaiknya Mum mengonsultasikannya lebih dulu dengan dokter,guna mengetahui posisi dan gerakan seperti apa yang aman untuk dilakukan.

2. Pilih Area Rumah Yang Cukup Luas
Pilih Area Rumah yang Cukup Luas

Kemudian, siapkan birthing ball sebagai alat bantu, dan air minum agar Mum tetap terhidrasi. Kenakan juga kaus dengan bahan yang sejuk dan nyaman ya, Mum.

3. Setelah Melakukan Pemanasan
Setelah Melakukan Pemanasan

Mulai latihan dengan duduk di atas birthing ball dengan posisi punggung tegak lurus, serta kaki terbuka selebar bahu dan telapak kaki menapak di lantai. Kemudian, gerakkan pinggul secara perlahan membentuk pola lingkaran searah jarum jam.

4. Gerakan Dengan Posisi Lain
Gerakan dengan Posisi Lain

Mum bisa melakukan latihan dalam posisi lain, yaitu berlutut sambil kedua tangan memeluk birthing ball, serta dada dan dagu menempel pada bola tersebut. Namun, pastikan perut Mumtidak menempel dengan bola guna menghindari adanya tekanan. Kemudian, angkat kepala ke atas perlahan sehingga terasa sedikit tarikan di bagian punggung dan pinggang.Hal ini bermanfaat untuk menguatkan otot pinggang.

5. Manfaat Bagi Mum
Gerakan-gerakan yang dilakukan ketika berlatih menggunakan birthing ball, dapatmembantu meningkatkan kekuatan otot di area pinggul dan pinggang , sehingga bisa lebih kuat untuk menopang perut yang semakin membesar.Latihan ini juga bisa menjadi kegiatan rutin untuk mempersiapkan Mum menuju waktu persalinan nanti.

6. Manfaat Bagi Si Kecil
Tidak hanya membantu melenturkan otot-otot di area pinggul dan pinggang Mum,gerakan-gerakan ringan yang dilakukan saat latihan juga bisa berdampak positif bagi perkembangan si Kecil dalam kandungan. Di antaranya adalah dapat membantumengoptimalkan kinerja jantung dan perkembangan otak si Kecil.

7. Info Nutrisi
Manfaat aktivitas fisik yang dilakukan selama masa kehamilan tentu akan lebih optimal jika diimbangi dengan asupan bergizi yang bisa membantu memperkuat tubuh dari dalam. Untuk itu, Mum disarankan untuk mengonsumsi asupan yang tidak hanya bernutrisi, tapi juga mudah dicerna tubuh.Buah yangkaya akan Vitamin C dan Serat seperti stroberi, kiwi, dan pepaya bisa menjadi pilihan. Pasalnya, Vitamin C tidak hanya dapat meningkatkan sistem imun tubuhMum, tapi juga berperan untuk membantu plasenta supaya bisa berkembang dan bekerja dengan baik.

Untuk membantu Mum memenuhi kebutuhan nutrisi setiap hari, Frisomum Gold diperkaya dengan Protein yang lebih mudah dicerna olehtubuh. Ini karena Friso diproduksi dengan Single Process, di mana susu tidak diproses dan dipanaskan secara berlebih,sehingga kualitas nutrisinya tetap terjaga. Dengan rasa yang lezat, Mum bisa menikmati manfaat nutrisi dari susu ibu hamil ini dengan optimal sejak awal kehamilan.