Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Rekomendasi Buah-buahan untuk Ibu Hamil

Rekomendasi Buah-buahan untuk Ibu Hamil

Asupan nutrisi yang cukup serta penerapan konsep pola hidup sehat yang baik, akan jadi dua kunci utama agar kondisi kandungan yang Mums miliki tetap stabil dan berkembang dengan optimal. Tentu saja, hal ini juga perlu didukung dengan kesehatan mental, sehingga tidak ada hal buruk yang mungkin terjadi pada janin. Salah satu makanan terbaik yang direkomendasikan adalah buah-buahan. Konsumsi buah untuk ibu hamil dapat dikatakan menjadi hal wajib, demi terpenuhinya nutrisi dari sumber yang alami.

Nutrisi yang diperlukan selama masa kehamilan akan berbeda dengan ketika Mums tidak hamil. Tentu karena keberadaan si Kecil di dalam kandungan yang juga terus tumbuh dan berkembang. Agar dapat berkembang optimal, tubuh Mums dan tubuh janin harus mendapat asupan yang cukup. Ini mengapa sangat normal ketika nafsu makan Mums meningkat selama masa kehamilan, karena secara praktis Mums harus ‘memberi makan’ dua tubuh sekaligus.

Jika dilihat lagi, pemenuhan nutrisi dari sumber alami lebih direkomendasikan sebab tubuh akan dapat menyerap nutrisi tersebut lebih cepat. Disamping itu, setiap makanan alami yang mengandung nutrisi juga pasti memiliki kandungan nutrisi lain, sehingga bisa digunakan untuk saling menutupi kekurangan nutrisi di makanan yang dikonsumsi.

Apakah suplemen tidak diperbolehkan? Idealnya, jika kondisi kandungan dan tubuh Mums normal, Mums hanya perlu mengkonsumsi makanan sehat dan bernutrisi dalam jumlah yang cukup. Selain karena nutrisi yang terkandung dalam suplemen tidak sepenuhnya alami, suplemen juga mungkin saja mengandung zat kimia yang kurang baik untuk tubuh si KEcil dan Mums.

Nah, agar bisa memperluas pengetahuan Mums mengenai rekomendasi buah untuk ibu hamil, berikut penjelasannya.

Kandungan Gizi Buah-Buahan

Rekomendasi Buah-buahan untuk Ibu Hamil

Buah-buahan menjadi bahan makanan yang direkomendasikan untuk ibu hamil karena mengandung banyak nutrisi yang sangat berguna untuk menunjang tumbuh kembang janin dan menjaga kondisi kesehatan Mums. Sebut saja berbagai vitamin seperti VItamin A, Vitamin C, Vitamin B, Vitamin K, Vitamin B6, serta banyak nutrisi dan mineral penting lain bisa didapatkan.

Idealnya setiap buah kaya akan vitamin tertentu, dan mengandung lebih sedikit vitamin dan nutrisi lain. Ini sebabnya penting untuk memastikan konsumsi buah yang bervariasi agar setiap kebutuhan nutrisi bisa tetap terpenuhi. Misalnya, Mums bisa mengkonsumsi buah pisang, kemudian buah alpukat, jeruk, dan lainnya secara bergantian. Cara mudah untuk membuat variasi agar nutrisi yang masuk seimbang adalah dengan konsumsi buah yang memiliki warna berbeda.

Dengan melihat demikian banyak nutrisi yang terkandung dalam buah-buahan, apakah Mums masih ragu untuk memperbanyak konsumsi buah selama masa kehamilan? Jika mungkin masih ada sedikit keraguan, coba Mums lanjutkan ke bagian selanjutnya, yang membahas mengenai manfaat dari nutrisi yang terkandung dalam buah untuk ibu hamil!

Manfaat Buah-buahan untuk Ibu Hamil

Rekomendasi Buah-buahan untuk Ibu Hamil

Tumbuh kembang janin di dalam kandungan akan dipengaruhi secara langsung oleh kondisi tubuh Mums selama masa kehamilan. Semakin sehat tubuh Mums, maka semakin optimal pula pertumbuhan janin. Dengang mengkonsumsi buah untuk ibu hamil yang direkomendasikan belakangan, Mums akan mendapatkan manfaat dari nutrisi tersebut.

Misalnya saja, untuk Vitamin C dan Vitamin A, berperan besar dalam meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah munculnya komplikasi gangguan kesehatan pada janin. Tentu ini sangat penting, maka kedua vitamin ini harus dipenuhi kadar hariannya.

Belum lagi kandungan Kalium yang ada pada buah seperti pisang, akan berperan besar untuk menjaga keseimbangan elektrolit di dalam tubuh dan membantu kinerja otot. Kalium juga berperan besar untuk menjaga kesehatan pencernaan Mums, serta dikenal luas jadi ‘buah kebahagiaan’ yang diklaim dapat mengembalikan mood baik sesaat setelah mengkonsumsinya.

Beberapa kandungan nutrisi yang lain dalam buah juga dapat membantu mengoptimalkan perkembangan otak janin, sehingga menghindari terjadinya kegagalan pembentukan jaringan otak pada anak. Ketika berbagai jenis buah ini dikonsumsi oleh ibu hamil, idealnya tumbuh kembang janin akan berjalan dengan optimal

Jenis Buah yang Baik untuk Ibu Hamil

Rekomendasi Buah-buahan untuk Ibu Hamil

Nah, masuk pada rekomendasi buah untuk ibu hamil yang ditunggu-tunggu, Mums akan menemukan beberapa buah yang memiliki kandungan nutrisi sangat baik di bagian ini. Tanpa berlama-lama lagi, simak daftar singkat berikut ini.

Apel

Mengandung serat, Vitamin A, Vitamin C, serta Kalium, apel menjadi buah pertama yang direkomendasikan untuk dikonsumsi ketika masa kehamilan. Menurut sebuah penelitian, bahkan konsumsi buah apel secara rutin dapat menurunkan resiko terjadinya alergi dan asma pada janin. ‘An Apple A Day, Keeps the Doctors Away”, tidak hanya pepatah belaka ya ternyata?

Alpukat

Alpukat memiliki kandungan Asam Folat yang cukup tinggi, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi karena dapat membantu mengoptimalkan perkembangan otak janin. Pada waktu yang bersamaan, kandungan Vitamin C, Vitamin B, serta Vitamin K juga akan sangat baik membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Jangan lupakan juga serat, Kolin dan Magnesium yang juga diperlukan oleh janin dan tubuh Mums.

Nanas

Banyak yang mengatakan bahwa buah nanas sangat buruk untuk kandungan dan tidak direkomendasikan. Padahal nyatanya, hingga saat ini nanas belum pernah dibuktikan secara klinis dapat memperburuk kondisi kandungan. Memang nanas mengandung Enzim Bromelain yang dapat memicu kontraksi jika dikonsumsi berlebihan, namun Mums juga tidak bisa mengesampingkan nutrisi lainnya. VItamin C, VItamin B6, Asam Folat, Zat Besi, serta Magnesium sangat baik untuk kehamilan dan janin.

Pisang

Dijuluki sebagai buah kebahagiaan, pisang memiliki banyak kandungan yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh Mums di masa kehamilan. Contohnya, seperti kandungan Kalium dan kalori yang cukup besar, untuk menyeimbangkan kandungan elektrolit di dalam tubuh. Kalori yang ada pada pisang juga bisa menjadi sumber energi yang baik untuk menunjang aktivitas harian Mums, sehingga tidak mudah lelah.

Itu tadi sederet daftar buah untuk ibu hamil yang bisa Mums konsumsi untuk membantu pemenuhan kebutuhan nutrisi harian. Tentu saja, berbagai makanan lain seperti sayur dan sumber kalori juga harus dikonsumsi secara seimbang. Tambahkan juga Frisomum Gold Dualcare+, untuk memastikan kebutuhan nutrisi harian Mums terpenuhi!