Lompat ke isi utama
Mainan bayi 9 bulan

Rekomendasi Mainan Bayi 9 Bulan yang Seru dan Edukatif

Mainan bayi 9 bulan bukan hanya menyenangkan, tetapi juga bermanfaat untuk stimulasi perkembangan si Kecil. Yuk, simak rekomendasinya di sini

Saat ini sudah banyak berbagai jenis mainan bayi 9 bulan yang dijual di pasaran. Namun, sebelum membeli, pastikan Mums memilih jenis mainan tersebut sesuai dengan perkembangan dan kemampuan si Kecil saat usianya 9 bulan. 

Dengan memilih mainan bayi 9 bulan yang tepat, maka Mums juga dapat menstimulasi si Kecil dengan lebih maksimal. Oleh karena itu, mainan bayi 9 bulan sebaiknya bukan hanya menarik dari segi tampilan dan warna, tetapi juga harus bermanfaat untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil. 

Sebelum mengetahui rekomendasi mainan bayi 9 bulan yang cocok, Mums perlu mengetahui dulu tahap perkembangan si Kecil. Wah, bayi yang berusia 9 bulan sudah bisa melakukan apa saja, ya? Kita simak penjelasannya di bawah ini, yuk! 

Tahap Perkembangan Bayi 9 Bulan

Setelah menginjak usia 9 bulan, umumnya bayi sudah semakin aktif untuk bergerak dan meraih barang-barang yang ada di sekitarnya. Selain itu, bayi juga biasanya sudah mulai memahami dan menanggapi kata-kata yang diucapkan oleh Mums dan orang sekitar. Untuk lebih jelasnya, berikut ini tahap perkembangan bayi 9 bulan berdasarkan kemampuannya, antara lain:

  • Kemampuan motorik

    Secara umum, kemampuan motorik kasar bayi yang berusia 9 bulan yaitu sudah mampu duduk dari posisi tidur dan posisi duduk. Namun, ia belum mampu berdiri sendiri, melainkan masih harus berpegangan pada benda kuat di sekitarnya.

    Sementara itu, kemampuan motorik halusnya terlihat dari kemampuan ia untuk mengambil benda atau mainan berukuran kecil di sekitarnya, serta mengoordinasikan gerakan kedua tangan dengan lebih baik. 

  • Kemampuan komunikasi

    Untuk kemampuan berkomunikasi, umumnya bayi 9 bulan sudah bisa mengucapkan kata-kata mudah yang biasa ia dengar, seperti “ma..ma..” “pa...pa..” meskipun belum jelas. Ia juga sudah bisa menanggapi sesuatu hal, terutama jika mendengar suara-suara yang menarik perhatiannya. Bayi juga akan tertawa, menangis, atau rewel sebagai bentuk komunikasinya terhadap suatu hal. 

  • Kemampuan sosial dan emosional

    Meskipun belum terlalu lancar, bayi yang berusia 9 bulan mulai belajar melambaikan tangan sebagai tanda perpisahan. Selain itu, bayi juga akan menunjukkan rasa khawatir jika Ibu atau orang terdekat tidak ada di sekitarnya. Sebagai bentuk respons, bayi 9 bulan juga akan tersenyum dan tertawa jika kita mengajaknya bercanda. Kemampuan lainnya yaitu bayi sudah mulai mengenali barang-barang yang dimiliki sehingga bisa jadi ia akan mencari ketika hilang dari pandangannya.

Rekomendasi Mainan Bayi 9 Bulan

Berikut ini beberapa jenis mainan bayi 9 bulan yang bisa Mums berikan untuk si Kecil: 

  1. Mainan musik

    Rekomendasi mainan bayi 9 bulan yang pertama yaitu alat musik yang bisa digunakan dengan cara dipukul, seperti xilofon, drum, kerincing, atau kolintang yang warna-warni. Mengacu pada namanya, jenis mainan ini akan mengeluarkan suara jika si Kecil memukulnya dengan palu mainan. Mainan bayi 9 bulan ini dapat mendukung kemampuan motorik kasar, motorik halus, kemampuan mendengar, dan kemampuan berbicara si Kecil. 

  2. Mainan balok kayu

    Salah satu bahan mainan bayi 9 bulan yang terbilang cukup aman adalah kayu. Ada beragam jenis dan bentuk mainan yang berbahan dasar kayu, salah satunya adalah mainan berbentuk balok. Mainan bayi 9 bulan ini bisa disusun menjadi beraneka ragam bentuk. Dengan begitu, kreativitas dan imajinasi si Kecil dapat terasah sejak dini. 

  3. Boneka

    Salah satu mainan yang digemari oleh sebagian besar bayi dan anak-anak adalah boneka. Mainan bayi 9 bulan ini dapat membantu si Kecil dalam mengolah emosinya, seperti rasa empati dan kasih sayang. Hal tersebut bisa terlihat dari cara ia memperlakukan boneka yang menjadi latihan baginya untuk meningkatkan kepedulian terhadap orang sekitar. Saat bermain boneka, tentu saja si Kecil akan menggunakan imajinasinya sendiri. 

    Baca juga: Intip Manfaat Membacakan Cerita Dongeng Sebelum Tidur Yuk!

  4. Mainan bola warna-warni

    Mainan bayi 9 bulan lainnya yaitu bola yang berwarna-warni. Memainkan bola warna-warni dapat membuat si Kecil lebih semangat dan antusias untuk bergerak lho, Mums. Sebab, mainan bayi 9 bulan ini dapat mendorong si Kecil untuk berusaha melemparkan dan menangkap bola sesuai dengan kemampuannya. 

    Dengan begitu, mainan bola warna-warni dapat mengasah kemampuan motorik dan keterampilan bahas si Kecil karena ia akan ikut mengoceh saat menangkap dan melemparkan bola tersebut. 

  5. Mainan board book 

    Mainan bayi 9 bulan yang tak kalah penting yaitu board book. Board book adalah buku yang terbuat dari bahan karton tebal sehingga tidak mudah robek saat si Kecil memainkannya. Di dalam board book biasanya dilengkapi dengan berbagai macam ilustrasi atau gambar menarik yang warna-warni. Bahkan, ada pula board book dengan konsep gambar yang 3 dimensi, sehingga membuat si Kecil semakin antusias untuk melihat halaman demi halamannya. 

  6. Mainan mencocokkan bentuk dan warna

    Mainan bayi 9 bulan yang bisa Mums pilih selanjutnya yaitu mainan mencocokkan bentuk dan warna. Ada berbagai jenis mainan yang bisa Mums pilih, namun sebaiknya pilihlah mainan yang berbahan dasar kayu atau plastik yang sudah ada label SNI. 

    Penting bagi Mums untuk menghadirkan berbagai bentuk mainan dengan warna yang menarik, seperti bentuk bintang, segitiga, bula, segi empat, persegi, dan lain sebagainya. Nantinya bentuk-bentuk tersebut perlu dimasukkan oleh si Kecil ke lubang yang sesuai. 

    Baca juga: 5 Ide Menu Protein Hewani untuk MPASI, Cobain Yuk Mums!

  7. Mainan yang membuat bayi bergerak

    Mainan bayi 9 bulan selanjutnya yaitu mainan yang membuat si Kecil bergerak agar lebih aktif. Misalnya, Mums bisa berikan si Kecil mainan yang dapat ditarik atau didorong olehnya. Namun, Mums perlu memantau dan menemani si Kecil bermain mainan ini karena ia belum lancar berjalan dan menggerakkan tubuhnya, sehingga membutuhkan bantuan dari Mums agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan. 

  8. Mainan bentuk huruf dan angka

    Mainan bayi 9 bulan yang tak kalah seru dan edukatif yaitu mainan yang berbentuk huruf dan angka. Jenis mainan ini dapat mengasah perkembangan otak si Kecil sekaligus mengenalkan berbagai jenis huruf dan angka sejak dini. Mums bisa memilih mainan dengan warna yang menarik agar si Kecil tertarik dan antusias. 

  9. Mainan tema hewan

    Selain mainan berbentuk angka dan huruf, Mums juga bisa memberikan si Kecil mainan bertema hewan. Ini karena hewan memiliki bentuk yang beragam dan pastinya akan menarik perhatian si Kecil. Tak heran jika mainan bayi 9 bulan ini masih menjadi andalan sebagian besar orang tua untuk memberikannya kepada buah hati. Mums bisa mengajak si Kecil bermain sambil menirukan suara-suara hewan agar ia lebih antusias dan mengenal berbagai jenis hewan dan suaranya.

Di samping memberikan stimulasi berbentuk mainan, Mums juga tetap perlu memenuhi kebutuhan gizi harian si Kecil dari ASI dan MPASI yang sehat serta bergizi seimbang. Meskipun si Kecil sudah mengonsumsi MPASI, tetapi Mums juga tetap perlu memberikannya ASI. Oleh karena itu, pastikan Mums untuk meningkatkan kualitas ASI dengan mengonsumsi berbagai macam makanan sehat, salah satunya susu Frisomum Gold Dualcare+ yang mengandung zat besi, kalsium, ALA/LA, prebiotik, probiotik, dan nukleotida untuk mendukung kesehatan Mums dan tumbuh kembang anak.

 

Ditinjau Oleh: dr. Rulli P.A Situmorang