Lompat ke isi utama
makanan mengandung protein

Rekomendasi Makanan Mengandung Protein Bagi Si Kecil

Makanan mengandung protein dibutuhkan si Kecil untuk mendukung tumbuh kembangnya lebih optimal. Apa saja jenis dan manfaatnya?

Demi mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil, Mums perlu memberikan ia berbagai jenis makanan mengandung protein yang lezat dan bernutrisi. Sebab, makanan mengandung protein memiliki banyak manfaat yang penting bagi tubuh, di antaranya berperan untuk pertumbuhan dan perkembangan, meningkatkan sistem imun, menjaga kesehatan organ tubuh, mempercepat proses penyembuhan luka, serta sebagai sumber energi.

Makanan mengandung protein bisa Mums dapatkan dari sumber protein hewani maupun protein nabati. Namun, perlu Mums ketahui bahwa protein hewani adalah protein yang penting dan dibutuhkan oleh tubuh si Kecil pada masa tumbuh kembangnya. Meskipun begitu, bukan berarti protein hewani harus dikonsumsi secara berlebihan ya, Mums. Pemberian protein yang berlebihan dapat memicu dampak buruk terhadap kesehatan si Kecil. Mums juga perlu menyeimbangkan porsi protein dengan asupan nutrisi lainnya agar kebutuhan gizi harian si Kecil lebih optimal. 

Makanan Mengandung Protein yang Aman Dikonsumsi oleh si Kecil

Berikut ini beberapa jenis makanan mengandung protein yang bisa Mums olah untuk memenuhi kebutuhan gizi harian si Kecil, di antaranya: 

  1. Susu

    Seperti yang Mums ketahui, susu termasuk makanan mengandung protein yang memiliki banyak manfaat, di antaranya mendukung pertumbuhan tulang dan gigi, membantu meningkatkan kecerdasan, membantu menjaga kesehatan mata, sebagai sumber energi, membantu meningkatkan daya tahan tubuh, dan lain sebagainya. 

    Saat ini sudah banyak susu pertumbuhan yang dijual di pasaran. Namun, Mums harus lebih cermat dalam memilih susu pertumbuhan yang tepat untuk si Kecil. Mums sebaiknya memilih susu pertumbuhan yang hanya melalui proses pemanasan satu kali (single process) agar nutrisi alami di dalamnya lebih mudah dicerna oleh pencernaan si Kecil. 

    Nah, susu FRISO Gold 3 bisa jadi pilihan tepat karena mengandung nutrisi alami, tanpa perisa, bebas sukrosa, dan tetap memiliki rasa yang enak. Susu FRISO Gold 3 termasuk susu bernutrisi tinggi yang diperkaya dengan kandungan prebiotik, probiotik, nukleotida, vitamin, dan mineral, serta didukung oleh teknologi Locknutri yang menjaga kualitas nutrisi alami susu sehingga mudah diserap tubuh si Kecil agar membantunya kuat dari dalam. 

  2. Telur ayam

    Makanan mengandung protein selanjutnya adalah telur ayam. Selain rasanya lezat dan harganya terjangkau, telur ayam mengandung berbagai nutrisi yang penting, sepert karbohidrat, lemak, vitamin A, vitamin B2, vitamin B9 (asam folat), vitamin D, kalsium, kalium, magnesium, fosfor, selenium, dan kolin. Berkat kandungan nutrisi tersebut, telur ayam bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan mata, menjaga kesehatan otak, meningkatkan daya tahan tubuh, dan lainnya. Pastikan Mums memberikan telur ayam kepada si Kecil sesuai batas normal agar asupan gizinya seimbang. 

  3. Ikan salmon

    Ikan salmon termasuk makanan mengandung protein yang dapat dikonsumsi si Kecil. Selain lezat, ikan salmon juga mengandung beragam nutrisi lain yang bermanfaat untuk kesehatan. Di dalam 100 gram salmon terdapat 20,4 gram protein untuk mencukupi kebutuhan nutrisi si Kecil. Selain kaya akan protein, salmon juga mengandung vitamin D dan asam lemak omega 3 yang penting untuk perkembangan saraf otak. 

  4. Ikan tuna

    Makanan mengandung protein selanjutnya adalah ikan tuna. Di dalam 100 gram ikan tuna terdapat 28 gram protein. Kadar protein ikan tuna memang lebih besar dibanding ikan lainnya, sehingga sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh si Kecil. Ikan tuna juga mengandung karbohidrat, lemak, vitamin B6, vitamin B12, vitamin D, zat besi, dan natrium yang bermanfaat untuk kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah tinggi, menyehatkan mata, serta meningkatkan daya tahan tubuh.

  5. Daging sapi dan daging ayam

    Daging sapi juga bisa menjadi pilihan jika Mums mencari makanan mengandung protein yang tinggi. Selain protein, daging sapi juga mengandung nutrisi lainnya, mulai dari vitamin B3, vitamin B6, vitamin B12, zinc, dan zat besi yang bermanfaat untuk memperkuat imun tubuh dan mencukupi jumlah sel darah merah untuk diedarkan ke seluruh tubuh. Makanan mengandung protein satu ini bisa Mums olah menjadi berbagai jenis makanan lezat favorit si Kecil. Selain daging sapi, makanan mengandung protein yang perlu dikonsumsi si Kecil adalah daging ayam. Selain protein, daging ayam mengandung vitamin B6, vitamin B12, vitamin E, zat besi, kalium, zinc, dan kalsium yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang si Kecil.

  6. Keju

    Keju merupakan produk olahan susu yang termasuk ke dalam makanan mengandung protein hewani. Keju bisa menambah cita rasa dalam setiap menu makanan si Kecil lho. Sebab, kebanyakan anak-anak menyukai rasa keju yang gurih dan asin. Bahkan, keju juga bisa menjadi camilan sehat untuk menemani aktivitas harian si Kecil. 

    Selain mengandung protein, keju juga mengandung nutrisi penting lain, seperti vitamin A, vitamin B2, vitamin B12, magnesium, kalsium, fosfor, dan zinc yang baik bagi kesehatan. Keju juga bisa menjadi bahan makanan yang bisa menambah cita rasa yang gurih dan lezat. 

  7. Yoghurt 

    Yoghurt merupakan salah satu produk olahan susu yang terkenal akan kandungan probiotik di dalamnya. Probiotik adalah bakteri baik yang berperan penting untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan si Kecil. 

    Sebelum menyajikan yoghurt kepada si Kecil, pastikan Mums memilih jenis yoghurt yang tanpa rasa (plain yoghurt). Sebab, yoghurt yang memiliki rasa biasanya mengandung gula tambahan. Jika si Kecil mengonsumsi gula tambahan atau sukrosa secara berlebihan, maka tumbuh kembangnya akan terhambat.

    Baca juga: 4 Mitos dan Fakta Makanan yang Mengandung Nutrisi untuk Anak

  8. Kacang almond

    Mums pasti sering mendengar manfaat kacang almond yang sangat baik bagi kesehatan tubuh, kan? makanan mengandung protein nabati ini mengandung beragam nutrisi, mulai dari karbohidrat, serat, vitamin E, zat besi, kalsium, kalium, selenium, magnesium, dan mineral lainnya. Karena itu, kacang almond dapat menunjang pertumbuhan, menjaga kesehatan kulit, meningkatkan fungsi otak dan mata, pembentukan jaringan, serta pertumbuhan tulang. 

  9. Kacang kedelai

    Kacang kedelai juga termasuk makanan mengandung protein yang bermanfaat. Di dalamnya terdapat beragam zat gizi yang berperan sebagai tambahan nutrisi, di antaranya vitamin C, vitamin B9 (asam folat), kalsium, vitamin, kalium, magnesium, zat besi, dan fosfor. Dari semua kandungan nutrisi ini, kacang kedelai sangat bermanfaat untuk pertumbuhan tulang. Selain itu, kacang kedelai juga memiliki kandungan lemak jenuh yang rendah, sehingga aman dikonsumsi karena mengurangi risiko kegemukan dan kolesterol jahat. Produk olahan dari kacang kedelai, seperti tahu dan tempe juga termasuk makanan mengandung protein yang bisa Mums berikan untuk si Kecil lho. 

  10. Kacang merah 

    Kacang merah bisa menjadi makanan mengandung protein nabati selanjutnya yang membantu memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil. Kandungan nutrisi tersebut antara lain karbohidrat kompleks, zat besi, kalium, dan serat. Dengan mengonsumsi kacang merah, kesehatan sistem pencernaan dan jantung tetap terjaga serta dapat terhindar dari anemia.

  11. Kacang Hijau

    Makanan mengandung protein yang satu ini termasuk favorit sebagian besar Mums di Indonesia. Sama seperti jenis kacang lainnya, kacang hijau juga mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, seperti karbohidrat, serat, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, vitamin K, zat besi, kalsium, kalium, zinc, dan fosfor. 

  12. Brokoli

    Brokoli termasuk sayuran yang kaya akan protein. Sayuran hijau ini juga memiliki kandungan nutrisi lainnya, seperti karbohidrat, serat, vitamin A, vitamin C, vitamin K, kalsium, kalium, fosfor, dan beta karoten. Di balik banyaknya nutrisi tersebut, makanan mengandung protein ini bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh, menjaga kesehatan saluran pencernaan, menjaga kesehatan mata, menangkal radikal bebas, dan membantu meningkatkan kesehatan tulang. 

Dari 12 makanan mengandung protein di atas, manakah yang jadi favorit si Kecil? Pastikan Mums mengolah makanan tersebut dengan tepat, ya. Hindari memasak dan memanaskan makanan lebih dari satu kali agar nutrisi alami di dalamnya tidak rusak. Selain itu, Mums juga perlu menyeimbangkan asupan nutrisi si Kecil dengan memberikan nutrisi lainnya yang berupa karbohidrat, lemak, serat, dan berbagai vitamin serta mineral agar tumbuh kembang si Kecil lebih optimal.

 

Ditinjau Oleh: dr. Rulli P.A Situmorang