Lompat ke isi utama
Mengatasi-GTM-Anak-dengan-Resep-MPASI-10-Bulan-Frisoname

Menu MPASI 10 Bulan hingga 1 Tahun saat Anak GTM

Bagaimana mengolah menu MPASI 10 bulan untuk anak yang GTM? Apa saja ide resep yang bisa dibuat di rumah?

Pemberian menu MPASI 10 bulan yang tepat sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang bayi lho, Mums. Itulah sebabnya, Mums perlu menyiapkan dan mengolah berbagai menu MPASI 10 bulan yang bervariasi dan kaya nutrisi.

Selain memilih bahan masakan yang tepat, Mums juga harus memperhatikan tekstur MPASI yang tepat agar si Kecil bisa mengonsumsi dengan mudah. Bagi bayi yang berusia 10 bulan, ia sudah bisa mengonsumsi MPASI dengan tekstur yang sedikit lebih padat dan finger food. Perubahan bentuk makanan pada resep menu MPASI 10 bulan tidak hanya membantu anak dalam mengunyah, tapi juga melatih keterampilan tangannya untuk memegang benda. 

Pentingnya Menu MPASI 10 Bulan yang Bervariasi

Meskipun si Kecil sudah bisa mengonsumsi berbagai macam menu MPASI 10 bulan, tetapi Mums juga tetap harus memberikannya ASI secara rutin agar tumbuh kembangnya lebih optimal. 

Baca Juga : Tips Sederhana Memilih Mainan Bayi, Mums Sudah Tahu?

Pemberian menu MPASI 10 bulan pun tidak semudah yang kita bayangkan ya, Mums? Pasti ada banyak tantangan yang akan dihadapi, salah satunya adalah gerakan tutup mulut (GTM). Yup! Anak yang sudah mulai aktif bergerak biasanya akan mengalami fase GTM sebagai bentuk penolakan untuk makan. 

Fase GTM ini pasti membuat sebagian Mums khawatir dan panik, tetapi sebaiknya Mums mengatasi fase ini dengan sabar dan telaten. Penting bagi Mums untuk memberikan si Kecil variasi menu MPASI 10 bulan yang beragam. 

Menu MPASI 10 bulan anti GTM dan bervariasi bukan hanya mencegah rasa bosan pada si Kecil, tetapi juga mendorong si Kecil untuk mengenal berbagai jenis rasa dan tekstur dari makanan yang ia konsumsi. Hal ini penting untuk mencegah si Kecil tumbuh menjadi anak yang picky eater ya, Mums. 

Dalam mengatasi anak yang mulai melakukan GTM, Mums bisa melakukan beberapa hal seperti komunikasikan apa yang anak suka dan tidak suka, mengurangi konsumsi makanan instan, membuat jadwal makanan, serta menghadirkan variasi makanan guna menggugah rasa penasaran anak. Lantas, apa saja resep menu MPASI 10 bulan hingga 1 tahun yang bisa Mums buat di rumah? Simak ide resepnya di bawah ini, yuk! 

Menu MPASI 10 bulan

Mengingat gigi bayi yang sudah mulai tumbuh di usia 10 bulan, Mums bisa menyesuaikan menu MPASI 10 bulan dengan makanan-makanan yang berbentuk layaknya makanan orang dewasa namun pastikan teksturnya masih lembut dan empuk agar mudah dicerna oleh anak. 

Untuk bahan makanan utama dalam menu MPASI 10 bulan, Mums kini sudah dapat mengolah berbagai macam sumber karbohidrat, seperti nasi, umbi-umbian, gandum, serta kacang. Untuk asupan zat pendukung seperti protein, lemak, dan zat besi, Mums juga sudah bisa memiliki menu variasi berasal dari Daging merah, daging ayam, dan ikan. 

Jangan lupa juga untuk selalu sediakan sayuran dan buah-buahan sebagai sumber vitamin dan mineral. Berikut adalah resep yang bisa Mums buat untuk menunjang menu MPASI 10 bulan.

Baca Juga : Memahami Manfaat Membaca Buku untuk si Kecil

  • Menu MPASI 10 bulan tim tahu bayam

    Ada banyak resep MPASI 10 bulan anti GTM yang bisa Mums olah sendiri di rumah. Nah yang paling mudah, Mums bisa mengolah menu MPASI 10 bulan berbahan dasar tahu dan bayam. Intip resepnya berikut ini: 

    Bahan-bahan:

    • 50 gr tepung beras merah 
    • 50 gr tahu
    • 20 gr daun bayam 
    • 50 gr wortel 
    • 500 cc air 
    • Garam dan gula pasir secukupnya

    Cara membuat:

    1. Untuk membuat MPASI 10 bulan dengan resep tim tahu bayam, Mums bisa mulai dengan menghancurkan tahu terlebih dahulu. Bisa menggunakan food processor atau blender
    2. Selanjutnya iris tipis daun bayam menjadi potongan kecil, serta potong dadu kecil dan tipis untuk wortel
    3. Panaskan air di dalam panci. Setelah mendidih mulai masukkan wortel, tahu, dan tepung beras ke dalam panci, Aduk secara berkala hingga matang untuk meminimalisasi risiko gosong di bagian bawah. Pastikan teksturnya sudah menyerupai tim 
    4. Setelah tekstur bahan makanan sudah menyerupai tim, mulai masukkan bayam yang sudah diiris tipis dan aduk hingga merata
    5. Sesudah matang, Mums bisa kembali menghaluskan tekstur makanan sesuai kesukaan sang anak dengan menggunakan blender atau food processor
    6. Menu MPASI 10 bulan tim tahu bayam siap disajikan
  • Menu MPASI 10 bulan nasi, kacang polong, wortel, dan telur

    Bahan-bahan:

    • 1 sdt minyak zaitun
    • 2 sdm wortel parut
    • 2 sdm kacang polong frozen
    • 74 gr nasi
    • 1 butir telur

    Cara membuat:

    1. Dalam membuat MPASI 10 bulan dengan resep nasi, kacang polong, wortel, dan telur, pertama mulai dengan panaskan minyak zaitun di atas panci dengan api sedang
    2. Lalu masukkan wortel yang sudah dipotong dadu kecil ke dalam panci dan mulai masak hingga matang dan teksturnya menjadi lunak. Proses memasak wortel ini kurang lebih memakan waktu hingga 3 menit
    3. Beri air secukupnya, lalu tambahkan kacang polong ke dalam panci. Masak hingga lunak
    4. Sembari menunggu kacang polong lunak, siapkan telur dan kocok hingga merata
    5. Terakhir masukkan nasi dan telur kocok ke dalam panci. Aduk hingga seluruh bahan makanan menyatu dan matang secara merata
    6. Menu MPASI 10 bulan nasi, kacang polong, wortel, dan telur sudah bisa disajikan

Bagaimana, Mums? Cukup mudah kan membuat resep MPASI 10 bulan anti GTM? Mums juga bisa menambahkan bahan masakan lain supaya semakin lezat, seperti daging ayam atau ikan yang dicincang. 

Menu MPASI 11 bulan

Berbeda dengan menu MPASI 10 bulan, di umurnya yang genap 11 bulan, pertumbuhan gigi bayi semakin hari semakin membaik. Oleh karena itu, bayi kini sudah mulai bisa mengonsumsi segala bentuk varian makanan. 

Buah bisa jadi camilan sehat tambahan untuk mendukung kebutuhan asupannya. Namun, Mums perlu perhatikan apakah bayi kini mulai menunjukkan gejala alergi pada jenis makanan yang disantapnya. 

Mulailah dengan memberi makanan atau pun buah secara pelan-pelan, satu atau dua suap. Tunggu setelah beberapa saat, jika ada alergi segera beri pertolongan dan buat catatan khusus jenis makanan apa saja yang harus dihindari. Berikut ini ide menu MPASI 11 bulan anti GTM: 

Baca Juga : Ini Pentingnya Peran Orang Tua terhadap Perkembangan si Kecil

  • Menu MPASI 11 bulan sup ikan kembung

    Bahan-bahan:

    • 3 ekor ikan kembung fillet tanpa duri
    • 1 siung bawang putih
    • 1 siung bawang merah
    • 1 ruas jahe
    • 1 ruas kunyit
    • 1 lembar daun salam
    • 1 lembar daun jeruk
    • 1 tangkai sereh
    • Air secukupnya
    • Minyak zaitun secukupnya
    • 1/2 sdt kaldu
    • Garam himalaya

    Cara membuat:

    1. Siapkan bahan mulai dengan mengiris tipis bawang putih, bawang merah, jahe, dan kunyit. Tumis di atas panci yang telah dilumuri oleh minyak zaitun menggunakan api sedang
    2. Ketika bumbu tumis sudah mulai harum, mulai memasukan fillet ikan kembung buang duri dan kulitnya hingga berubah warna dan setengah matang
    3. Selanjutnya tuangkan air secukupnya hingga daging ikan kembung tenggelam dan beri kaldu serta garam untuk menambah rasa
    4. Ketika rasa dan tekstur sudah sesuai, 
    5. MPASI 11 bulan sup ikan kembung siap disajikan sebagai pelengkap nasi tim atau bubur

Menu MPASI 12 Bulan

Semenjak Mums memberikan MPASI yang sesuai dengan kebutuhan sang buah hati, kini anak sudah mulai dapat mencerna makanan dengan baik sesaat menginjak umur 1 tahun.

Gigi anak pun sudah mulai lebih kuat dari sebelumnya. Sehingga, saat ini adalah waktu yang tepat untuk meningkatkan varian makanan pada anak agar dapat mengenal rasa lebih banyak dan mulai menikmati makanan sesuai preferensinya.'

Baca Juga : Berkreasi Membuat Kembaran si Kecil

  • Menu MPASI 12 bulan kentang tuna saus bayam

    Bahan-bahan:

    • 35gr daging ikan tuna, kukus atau panggang, haluskan dengan garpu
    • 40gr kentang, kupas, kukus, haluskan dengan garpu
    • 1 sdm (10 gram) mentega tawar
    • 1 iris (10 gram) bawang bombay, cincang halus
    • 1/2 sdm (5 gram) tepung maizena
    • 100ml (10 sdm) susu cair
    • 2 sdm (20 gram) daun bayam, kukus, iris halus

    Cara membuat:

    1. Pertama, masak ikan dengan cara kukus agar teksturnya menjadi lembut. Jangan lupa pisahkan kulit dan juga durinya sebelum memasak.
    2. Lanjutkan dengan merebus kentang yang sudah dikupas kulitnya hingga matang dan empuk
    3. Setelah kedua bahan makanan utama matang, sisihkan
    4. Lanjutkan dengan memasak saus bayam dengan panaskan panci menggunakan mentega.
    5. Selanjutnya tumis bawang bombay hingga harum. Masukan susu dan tepung maizena sedikit demi sedikit untuk menemukan tingkat konsistensi saus yang sesuai.
    6. Tambahkan daun bayam yang sudah diiris tipis lalu aduk hingga merata dan matang.
    7. Tuang saus untuk melumuri ikan dan kentang yang sudah dipersiapkan

Itu dia beberapa resep menu MPASI 10 bulan hingga 1 tahun yang dapat jadi referensi Mums mengatasi si Kecil yang GTM. Yang harus Mums ingat, pastikan pengolahan dan penyajian menu MPASI 10 bulan sampai 1 tahun sudah tepat. Hindari mengolah makanan terlalu lama atau sampai berulang kali agar nutrisi alami di dalamnya tidak rusak. Dengan begitu, si Kecil bisa mengonsumsi menu MPASI 10 bulan yang tinggi nutrisi dan lezat. 

Seperti yang sudah disebutkan, menu MPASI 10 bulan saja tidak cukup untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil, Mums tetap harus memberikan ia ASI secara rutin. Untuk itu, tingkatkan kualitas ASI dengan mengonsumsi susu Frisomum Gold Dualcare+ karena mengandung nutrisi yang mudah dicerna dan mendukung kesehatan pencernaan Mums karena melalui proses pengolahan satu kali (single process), mengandung prebiotik Inulin-FOS dan probiotik Bifidobacterium animalis subs. lactis HN019. 

Selain itu, susu Frisomum Gold Dualcare+ juga mengandung protein, zat besi, kalsium, ALA/LA, dan nukleotida untuk mendukung kesehatan Mums dan tumbuh kembang anak sejak dalam kandungan sampai masa menyusui. Di samping susu Frisomum Gold Dualcare+, Mums juga perlu mencukupi asupan nutrisi dari makanan bergizi seimbang lainnya, serta menjalani pola hidup sehat dan aktif. 

 

Disadur dari berbagai sumber dan ditinjau Oleh: dr. Rulli P.A Situmorang