Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

15091-risiko-jika-anak-1-tahun-kekurangan-zat-besi-jpg

Risiko Jika Anak 1 Tahun Kekurangan Zat Besi

Halo, Mum! Selamat kini siKecil sudah menginjak usia 12 bulan.Memasukiusia pertamanya, ia tentu membutuhkan nutrisi untuk menunjang proses tumbuhkembangnya. Salah satu nutrisi yang dibutuhkan si Kecil adalah Zat Besi, yangbisa diperoleh dari asupan bergizi seperti susu anak 1 tahun.

Pada dasarnya, kekuranganZat Besi bisa menyebabkan menurunnya kadar hemoglobin dalam darah. Padahal,hemoglobin adalah bagian dari sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruhtubuh. Jika hal ini terjadi, si Kecil bisa mengalami anemia atau kurang darah. Perkembangan anak pundapat terganggukarena kurangnya Zat Besi. Gejala yang ditunjukkanbila si Kecil kekurangan Zat Besi adalah kelelahan, peradangan pada lidah,kulit pucat, tampak lemah, serta menurunnya nafsu makan.

Kekurangan Zat Besimungkin saja tidak terlihat, sehingga Mum kurang menyadarinya. Ada baiknya, Mummengenali juga tanda-tanda lain yang disebabkan oleh kurangnya Zat Besi,seperti:

  • Sesak napas
  • Sakit pada dada
  • Sakit kepala
  • Tangan dan kaki terasa dingin
  • Pusing
  • Detak jantung menjadi lebih cepat
  • Kuku menjadi rapuh

Kesemutan pada kaki

Mum dapat mengetahuiapabila si Kecil mengalami kekurangan Zat Besi, melalui pemeriksaan darah. Jadi,segera konsultasikan ke dokter jika menemukan gejala yang mencurigakan. Sepertikata pepatah, “Mencegah lebih baik daripada mengobati.” Untuk itu, berikut beberapa hal yang bisa Mum lakukan demimencegah hal ini.

Atur pola makan

Pola makan yang baik dapat menunjang kebutuhan Zat Besi padasi Kecil. Oleh sebab itu, berikan makanan yang bervariasi setiap harinya. Mumbisa mencampurkan ayam, ikan, daging merah, sayuran berwarna hijau gelap, sertakacang-kacangan ke dalam menu harian si Kecil. Aneka makanan bergizi tentudapat membantu mengoptimalkan tumbuh kembang anak.

Bantu penyerapan

Penyerapan Zat Besi bisa lebih cepat bila dipadukan dengan VitaminC. Untuk itu, sebaiknya Mum memberikan si Kecil buah-buahan yang kaya VitaminC, seperti kiwi, melon, strawberry, serta sayur-sayuran seperti kentang danbrokoli.

Periksakan ke dokter

Jika si Kecil masih terlihat lesu, segera periksakan kedokter. Mungkin saja ia memerlukansuplemen Zat Besi. Namun, hindari pemberian suplemen tanpa berkonsultasi terlebihdahulu dengan dokter anak. Biasanya, dokter akan memberikan dosis yang tepatuntuk anak 1 tahun, karena kelebihan Zat Besi pun sebenarnya tidak baik.

Dukung dengan susu pertumbuhan

Untuk mencegah si Kecil kekurangan Zat Besi, ada baiknya Mummemberikan susu anak 1 tahun kala ia sudah berusia 12bulan ke atas.Susu yang dipilih pun tentunyaharus diperkaya dengan Zat Besi. Perlu diingat, frekuensi pemberian susu harussesuai dengan takaran penyajian setiap harinya.

Tahukah, Mum? Friso Gold 3 diformulasikan khusus dengan Zat Besi, Vitamin A, C, dan E, serta kandungan Prebiotik, Nukleotida,Zink, dan Selenium untuk memperkuat daya tahan tubuh si Kecil dari dalam. Baiknyalagi, Friso juga diproduksi dengan konsep SingleProcess tanpa pemanasan berlebih, sehingga nutrisi alami susu anak 1 tahun sampai 3 tahunini tetap terjaga, serta mudah serap dan dicerna tubuh.