Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Semakin Lincah dengan Bermain Baling-baling Bersama

Semakin Lincah dengan Bermain Baling-baling Bersama

Mum, coba tengok ke luar jendela. Cerahnya langit di pagi hari amat sayang apabila kita hanya diam di dalam rumah saja. Yuk, bangunkan si Kecil dan ajak Ia untuk bergerak bersama Mum dan Dad. Inilah saatnya berolahraga dan bersenang-senang dengan baling-baling kertas buatannya!

Aktivitas Bersama si Kecil

  1. Buatlah kegiatan semakin menarik dengan membuat Friso Fun Propeller. Siapkan perlengkapan yang dibutuhkan (Mum bisa melihat daftarnya pada bagian Info Pendukung Aktivitas di bawah ini), lalu ajak si Kecil untuk membuat baling-baling dengan mengikuti video tutorialnya tersebut.
  2. Sudah siap dengan baling-balingnya? Kenakan pakaian olahraga, lalu ajak Dad dan si Kecil ke pekarangan atau taman bermain di dekat rumah. Sambil berjalan ke sana, minta Ia untuk memperhatikan langit sambil menceritakan padanya bahwa pesawat bisa terbang di sana.
  3. Mari bergerak! Arahkan si Kecil untuk meregangkan kedua lengannya layaknya sayap, lalu minta Ia untuk mengikuti gerakan Mum dan Dad miring ke kiri-kanan, ataupun berjalan maju dan mundur. Berikan penjelasan sederhana pada si Kecil bahwa tiap pesawat memiliki sayap dan baling-baling untuk membantunya terbang tinggi.
  4. Yuk, gunakan baling-baling kertas yang sudah Mum dan si Kecil buat tadi. Dengan perlahan, dampingi si Kecil untuk berjalan mengikuti arah tujuan Mum dan Dad, sambil memegang baling-baling. Tentukan garis akhir ‘balapan’ tersebut, lalu mulailah berlomba bersama si Kecil untuk mencapai garis akhir. Berikan Ia pujian dan tepuk tangan ya, setiap berhasil melangkah.
  5. Sambil bermain, Mum dan Dad juga dapat mengajak si Kecil untuk berinteraksi, “Lihat, baling-baling kamu berputar lebih kencang daripada milik Mum. Hebat!”
  6. Ssstt, saat si Kecil mencapai garis akhir, ayo berikan kejutan untuknya, Mum! Minta Dad mengangkat dan menggendongnya di atas bahu, lalu biarkan si Kecil merasakan serunya ‘terbang’ bersama baling-baling saat Dad berlari kencang menggendongnya. Pengalaman yang seru dan menyenangkan, bukan?
  7. Tawa bahagia si Kecil saat asyik ‘terbang’ dengan baling-baling miliknya ini merupakan momen berharga yang baik untuk diabadikan ke dalam bentuk video. Mum, ceritakan keceriaan si Kecil ini dengan membagikan video kegiatan tersebut di halaman Facebook kami di Friso Indonesia dan twitter @FrisoID dengan menggunakan hashtag #FrisoMoments. Kegiatan ini tentu bisa menjadi inspirasi bagi para Mum lainnya!

Info Pendukung Aktivitas

Aktivitas ini tidak membutuhkan banyak peralatan. Adapun, yang perlu dipersiapkan adalah sebagai berikut:

  • Kertas origami aneka warna (bentuk persegi empat)
  • Gunting
  • Penggaris
  • Pensil dengan penghapus karet di bagian ujungnya
  • Jarum pentul
  • Pembolong kertas

Untuk membuat Friso Fun Propeller, ikuti cara pembuatannya di link download berikut ini:

FRISO FUN PROPELLER

Download Kacamata

Download Pola baling-baling (1)

Download Pola baling-baling (2)

Download Pola baling-baling (3)

 

Saat membuat baling-baling, pastikan bahwa bagian jarum tertancap dengan sempurna ke dalam penghapus ya, Mum. Ini agar tangan si Kecil tidak terluka saat sedang bermain bersama Mum dan Dad. Selain itu, pastikan bahwa pakaian olahraga yang digunakan oleh si Kecil terbuat dari bahan yang nyaman digunakan saat beraktivitas. Dengan begitu, Ia pun semakin leluasa untuk bergerak dan ‘terbang’ bersama baling-baling miliknya.

Manfaat Bagi Mum

Selain ikut menjaga kesehatan tubuh, aktivitas olahraga pagi yang rutin bersama keluarga juga memiliki pengaruh positif terhadap peremajaan tubuh dan jiwa kita saat ini. Dalam situs healthyliving.azcentral.com, disebutkan bahwa melakukan olahraga di pagi hari dapat membuat kalori terbakar lebih banyak serta ikut meningkatkan mood untuk berkegiatan sepanjang hari. Gerakan sederhana seperti senam ringan, melompat ataupun berlari mampu membantu Mum untuk tetap bugar dan tampil fit, terutama kala mendampingi si Kecil yang aktif untuk beraktivitas setiap harinya.

Manfaat Bagi si Kecil

Bergerak aktif di pagi hari mungkin bukanlah pengalaman baru bagi si Kecil. Namun, olahraga yang dilakukan bersama Mum dan Dad tentu akan menjadi momen berharga baginya. Melalui kegiatan tersebut, Ia dapat mengeksplorasi kemampuan motoriknya secara leluasa di tengah ruang terbuka, sambil belajar mengoordinasikan (kindly check spellingnya, megkoordiasikan? gerakan anggota tubuhnya. Kegiatan di luar rumah pun juga baik dilakukan untuk mendorong si Kecil lebih terbuka terhadap lingkungan di sekitar. Tak hanya itu, perubahan putaran baling-balingnya yang terjadi saat Ia berjalan dan berlari juga merupakan hal baru yang menarik untuknya.

Info Gizi dan Nutrisi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kegiatan di luar ruangan memang memiliki banyak manfaat. Tidak hanya dapat mengasah kemampuan motorik, aktivitas ini juga memberikan si Kecil kesempatan untuk merasakan berbagai pengalaman baru yang tidak pernah Ia temui sebelumnya di dalam rumah. Mulai dari segarnya udara pagi, memandangi langit yang cerah, menyentuh bunga, sampai bertemu dengan orang-orang baru.

Agar manfaat kegiatan ini dapat dirasakannya dengan optimal, si Kecil tentu memerlukan energi dan daya tahan tubuh yang baik. Oleh sebab itu, selalu sajikan makanan dengan kandungan gizi yang tepat dan seimbang untuknya. Tomat bisa Mum pilih sebagai salah satu bahan makanan untuk dikreasikan ke dalam menu makanan si Kecil. Tomat merupakan sumber lycopene yang berfungsi sebagai zat antioksidan di dalam tubuh. Ia pun memiliki kandungan vitamin C dan beta-carotene yang ikut berperan dalam menguatkan daya tahan tubuh si Kecil.

Agar daya tahan tubuhnya terus terjaga, si Kecil pun membutuhkan sistem pencernaan yang sehat dan kuat di usianya saat ini, Mum. Kandungan Nukleotida di dalam susu pertumbuhannya merupakan salah satu nutrisi penting untuk mendukung kesehatan pencernaannya tersebut.

Oleh sebab itu, pilihlah susu dengan kandungan nutrisi yang mudah diserap oleh tubuhnya agar kebutuhan gizi yang diperlukan proses tumbuh kembangnya saat ini dapat terpenuhi dengan baik. Susu pertumbuhan seperti Friso Gold 3 diperkaya dengan Protein, Nukleotida, Zat Besi, dan nutrisi kunci lainnya yang diproses dengan konsep produksi “Grass to Glass”. Konsep produksi ini memungkinkan susu tidak diproses dengan pemanasan berlebih, sehingga kandungan di dalamnya lebih mudah dicerna. Dengan begitu, si Kecil pun semakin lincah dan bersemangat dalam bertualang bersama Mum setiap harinya.