Lompat ke isi utama
Senam Nifas Pasca Persalinan, Ini Manfaatnya untuk Mums!

Senam Nifas Pasca Persalinan, Ini Manfaatnya untuk Mums!

Kondisi pasca proses persalinan seringkali membuat Mums enggan untuk berolahraga, dan lebih berfokus untuk mengembalikan tenaga dan merawat si Kecil. Padahal pada kenyataannya, olahraga ringan sangat direkomendasikan untuk membantu menjaga kesehatan dan kebugaran. Senam nifas, akan jadi alternatif yang sangat baik untuk olahraga ringan pasca persalinan.

Senam nifas sendiri merupakan gerakan-gerakan sederhana yang disarankan untuk Mums, untuk menjaga kebugaran tubuh dan mengembalikan kekuatan otot dan bagian tubuh Mums. Tentu, karena kondisi tubuh yang masih lemah, gerakan yang dilakukan tidaklah berat. Gerakan sederhana namun bisa berdampak besar, tidak ada ruginya untuk dicoba ‘kan?

Gerakan Senam Nifas yang Sederhana

Gerakan Senam Nifas yang Sederhana

Mungkin jika Mums memang menyukai berbagai jenis senam, gerakan-gerakan yang dilakukan pada senam nifas tak lagi asing. Mulai dari kegel, squat, bridge, clamshell, hingga pelvic tilt, adalah gerakan-gerakan yang bisa Mums lakukan tanpa harus bersusah payah. Meski demikian gerakan ini dapat membantu mengembalikan kekuatan otot sekaligus menjaga kebugaran tubuh Mums, sehingga Mums juga dapat merawat si Kecil dengan lebih baik lagi.

Gerakan pertama adalah kegel, Mums hanya perlu mengambil posisi duduk dan bersimpuh. Pastikan posisi tubuh tegak, dan tangan berada di pinggang Mums (bertolak pinggang). Gerakkan perut dan panggul maju dan mundur, dan tahan masing-masing posisi sekitar 5 detik. Lakukan repetisi sebanyak 10 kali, dalam 3 sesi berbeda setiap hari. Manfaatnya adalah dapat membuat otot panggul dan perut menjadi lebih rileks, sehingga rasa tidak nyaman yang mungkin tersisa pasca persalinan bisa diringankan.

Kedua, adalah squat. Ambil posisi berdiri tegak dengan kedua kaki terbuka selebar bahu. Tekuk lutut dan dorong pinggul dan bagian panta ke belakang, seperti akan mengambil posisi duduk. Tahan hingga posisi paha rata-rata air, dan kembali berdiri di posisi tegak. Pastikan ketika turun, punggung tetap lurus ya Mums. Efeknya adalah membantu mengembalikan kekuatan otot utama di bagian punggung bawah dan perut.

Ketiga posisi bridge. Posisi awal yang diambil adalah Mums membaringkan tubuh, kemudian tekuk lutut ke atas, dan telapak kaki menempel lantai. Dorong pinggul dan pantat ke atas, sampai tubuh Mums hanya bertumpu pada bahu dan telapak kaki saja. Tahan selama beberapa detik, dan kembali ke posisi semula. Otot yang dilatih dalam gerakan ini adalah bagian panggil dan perut.

Keempat, gerakan clamshell. Cukup sederhana, Mums hanya perlu berbaring miring, dan kaki ditumpukkan. Selanjutnya, tekuk lutut ke arah depan, dan kondisikan tulang belakang dalam keadaan rileks. Sangga kepala dengan satu tangan, dan tangan yang lain bertolak pinggang. Lakukan gerakan mengangkat lutut dan kaki bagian atas hingga pinggul terdorong. Tahan beberapa detik, dan ulangi sebanyak 20 kali repetisi. Otot yang dilatih adalah bagian pinggul.

Terakhir, pelvic tilt. Ambil posisi berbaring dengan lutut ditekuk ke atas, dan telapak kaki menempel ke lantai. Kencangkan bagian perut dan sedikit angkat bagian panggul (hampir menyerupai bridge, namun tidak terlalu tinggi). Tahan selama beberapa detik, dan lakukan repetisi 10 kali dalam sehari. Otot yang dilatih dengan senam nifas ini adalah bagian perut dan membantu mengurangi ketegangan di otot punggung bagian bawah.

Cukup sederhana bukan?

Manfaat yang Bisa Mums Rasakan dengan Senam Rutin

Manfaat yang Bisa Mums Rasakan dengan Senam Rutin

Dengan gerakan-gerakan sederhana pada senam nifas di atas, Mums tidak hanya akan melatih kekuatan otot-otot yang tadi disebutkan saja. Senam nifas memiliki efek baik secara keseluruhan pada tubuh Mums, sehingga akan membuat Mums merasa jauh lebih segar, bertenaga, dan bersemangat.

Manfaat umum untuk tubuh antara lain adalah membantu memulihkan kekuatan otot, yang banyak digunakan ketika proses persalinan, meningkatkan energi untuk aktivitas sehari-hari, membantu menurunkan berat badan secara perlahan, meningkatkan kebugaran tubuh, membantu tidur Mums menjadi lebih nyenyak, menjauhkan diri dari stres, dan mengurangi resiko baby blues.

Dengan gerakan sederhana, Mums dapat mendapatkan setiap manfaat tersebut. Tidakkah senam nifas sangat menggoda untuk dicoba?

Tapi Ingat Beberapa Hal Ini

Tapi Ingat Beberapa Hal Ini

Dengan segudang manfaat yang disebutkan pada bagian sebelumnya, tentu setiap Mums yang membaca artikel ini ingin segera mencobanya bukan? Meski demikian, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Pertama, adalah senam nifas tidak direkomendasikan untuk dilakukan tepat setelah persalinan. Tubuh memerlukan waktu untuk recovery dari proses persalinan, dan baru akan siap untuk kembali bergerak efektif beberapa minggu setelahnya. Terlebih jika persalinan dilakukan dengan caesar.

Kedua, selalu minta rekomendasi dari dokter yang Mums percaya mengenai senam ini. Mungkin dokter akan memberikan rekomendasi kapan baiknya Mums mulai melakukan senam, atau gerakan yang efektif untuk dilakukan, dan lain sebagainya.

Baca Juga : 4 Gerakan Senam Hamil untuk Kelancaran Proses Persalinan

Senam nifas memang bisa jadi alternatif yang sangat baik untuk membantu memulihkan kondisi pasca melahirkan. Tentu, hal ini juga wajib disertai dengan asupan nutrisi yang cukup, karena tubuh Mums kemudian akan memproduksi ASI guna memenuhi asupan untuk si Kecil. Nah, untuk membantu melengkapi kebutuhan nutrisi harian tubuh Mums, Mums bisa menambahkan Frisomum Gold Dualcare+. Dengan kandungan nutrisi lengkap dan mudah diserap tubuh, susu ini akan jadi partner yang baik pada masa kehamilan dan menyusui. Tetap terapkan pola hidup sehat, dan cukupi asupan nutrisi tiap hari ya!