Lompat ke isi utama
Fungsi Lemak

Sering Dihindari, Ternyata Ini Fungsi Lemak Bagi Anak Lho

Fungsi lemak ternyata penting bagi tumbuh kembang anak lho. Salah satunya untuk mendukung daya pikir si Kecil, simak penjelasannya di sini

Banyak anggapan yang menyebut bahwa fungsi lemak tidak terlalu penting bagi tubuh. Ini karena lemak dianggap meningkatkan risiko penyakit dan mengganggu penampilan. Padahal, tak semua jenis lemak jahat lho, Mums. Ada pula fungsi lemak sehat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil. Untuk lebih jelasnya, kita simak fungsi lemak secara keseluruhan, yuk! 

Fungsi lemak untuk si Kecil

Seperti yang Mums ketahui, tubuh membutuhkan lemak agar bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan lebih optimal. Berikut adalah beberapa fungsi lemak yang baik bagi tubuh si Kecil, di antaranya: 

  • Sebagai sumber energi bagi tubuh

    Sama seperti karbohidrat dan protein, fungsi lemak juga berguna sebagai sumber energi bagi tubuh si Kecil. Namun, fungsi lemak ini bukan sebagai sumber energi utama ya, Mums. Saat pasokan karbohidrat dalam tubuh telah berkurang, barulah lemak akan memecah dan mengubahnya menjadi energi. Oleh karena itu, Mums harus membatasi asupan lemak dalam makanan si Kecil karena kandungan lemak yang berlebihan justru dapat membahayakan tubuh. 

    Sebaiknya Mums menyeimbangkan porsi makanan hn si Kecil sesuai dengan Pedoman Gizi Seimbang dari Kementerian Kesehatan RI, yang mencakup porsi karbohidrat, protein, lemak, serat, berbagai vitamin dan mineral yang sesuai Angka Kecukupan Gizi (AKG).

  • Membantu tubuh menyerap vitamin A, D, dan E

    Vitamin A, vitamin D, dan vitamin E termasuk jenis vitamin yang larut dalam lemak. Itulah sebabnya, peran dan fungsi lemak dibutuhkan oleh tubuh agar nutrisi tersebut bisa diserap dengan mudah. Dengan mencukupi asupan lemak, vitamin A, vitamin D, dan vitamin E, maka organ dalam tubuh bisa berfungsi secara optimal. 

  • Melindungi organ tubuh

    Fungsi lemak juga berfungsi untuk melindungi organ tubuh dari kerusakan. Selain itu, fungsi lemak juga membantu membangun sel dan memproduksi hormon, sehingga tubuh bisa berfungsi dengan baik. 

  • Membuat tubuh tetap hangat

    Fungsi lemak selanjutnya yaitu sebagai isolator bagi tubuh si Kecil. Artinya, keberadaan lemak bisa membuat tubuh menjadi hangat, seperti halnya ketika si Kecil mengenakan pakaian yang tebal. 

  • Mendukung daya pikir si Kecil

    Fungsi lemak juga berperan dalam mendukung daya pikir si Kecil lho. Penelitian menunjukkan sebanyak 60 persen komposisi otak tersusun dari lemak yang dapat mendukung pembentukan hormon, suasana hati, kemampuan belajar, dan merangsang memori agar menyimpan banyak informasi. Salah satu jenis lemak yang bagus untuk mendukung perkembangan otak si Kecil adalah asam lemak omega 3 dan asam lemak omega 6. Fungsi lemak ini bisa Mums dapatkan dari sumber makanan omega 3, di antaranya susu, ikan, telur, kacang-kacangan, dan biji-bijian, serta sumber makanan omega 6, seperti minyak kenari, minyak kedelai, biji bunga matahari, biji labu, biji wijen, dan selai kacang. 

Ragam Jenis dan Sumber lemak

Untuk mendapatkan fungsi lemak secara optimal, maka Mums perlu mengetahui berbagai jenis lemak yang aman dikonsumsi oleh si Kecil. Berikut adalah ragam jenis dan sumber lemak pada makanan: 

  • lemak tak jenuh tunggal

    lemak tak jenuh tunggal dapat Mums temukan pada buah alpukat, minyak zaitun, minyak hazelnut, minyak almond, dan kacang-kacangan. Fungsi lemak tak jenuh yaitu dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan menurunkan tingkat kolesterol ‘jahat’ dalam tubuh (LDL) dan menjaga tingkat kolesterol ‘baik’ dalam tubuh (HDL). 

  • lemak tak jenuh ganda

    lemak tak jenuh bisa Mums dapatkan dalam ikan salmon, ikan tuna, buah kenari, dan biji lenan. Asam lemak omega 3 dan omega 6 termasuk ke dalam jenis lemak tak jenuh ganda. Fungsi lemak tak jenuh ganda dapat membantu menurunkan kadar kolesterol ‘jahat’ dalam tubuh (LDL). 

  • lemak trans

    lemak trans termasuk jenis lemak yang tidak sehat karena fungsi lemak ini bisa meningkatkan kadar kolesterol ‘jahat’ dalam tubuh (LDL), sehingga bisa menyebabkan penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan stroke jika dikonsumsi secara berlebihan. lemak trans banyak ditemukan dalam produk olahan, seperti kentang goreng, biskuit, donat, pizza, dan popcorn. 

  • lemak jenuh

    Sama seperti lemak trans, fungsi lemak jenuh dapat meningkatkan kolesterol ‘jahat’ (LDL) di dalam tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan. lemak jenuh banyak terdapat pada mentega, telur, daging merah, atau kulit ayam. 

Meskipun lemak seringkali menjadi musuh bagi orang-orang yang ingin menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan tubuh, bukan berarti tubuh tidak membutuhkan lemak sama sekali ya, Mums. Fungsi lemak tertentu justru sangat penting dalam menjaga keseimbangan nutrisi, kesehatan, serta tumbuh kembang si Kecil. Yang perlu jadi catatan adalah jumlah asupan lemak yang dikonsumsi si Kecil harus proporsional dan tidak berlebihan agar fungsi lemak bisa si Kecil dapatkan dengan optimal. 

Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG) tahun 2019 dari Kementerian Kesehatan RI, anak-anak usia 1-3 dianjurkan untuk mendapat asupan lemak sekira 45 gram per hari. Sementara, untuk asam lemak omega 3 sekira 0,7 gram dan asam lemak omega 6 sekira 7 gram per hari. 

Fungsi Asam lemak Omega 3 dan Omega 6 untuk si Kecil

Seperti yang telah disebutkan, jenis lemak yang baik bagi tumbuh kembang si Kecil adalah lemak tak jenuh ganda. Asam lemak ini juga disebut dengan Polyunsaturated fatty acids (PUFA). Ada 2 jenis asam lemak yang termasuk lemak tak jenuh ganda, yaitu asam lemak omega 3 dan asam lemak omega 6. Itulah sebabnya, fungsi lemak tak jenuh ganda juga dapat menunjang pertumbuhan dan perkembangan otak, serta mencegah penyakit jantung.

Asam lemak omega 3 dan omega 6 merupakan jenis zat gizi yang tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga asupannya perlu didapatkan dari sumber makanan tinggi asam lemak omega 3 dan omega 6. Terdapat berbagai macam makanan yang menjadi sumber asam lemak omega.

Asam lemak omega 3 paling tinggi terdapat pada berbagai jenis minyak, seperti minyak ikan, minyak nabati, minyak kanola, dan minyak biji rami. Selain itu, asam lemak omega 3 juga bisa Mums dapatkan dalam susu, telur, berbagai jenis ikan, udang kerang, bayam, kale, dan kacang-kacangan. Sementara itu, asam lemak omega 6 bisa Mums dapatkan pada minyak bunga matahari, minyak biji kapas, minyak kedelai, dan kelapa sawit. 

Nah, masing-masing asam lemak omega ini memiliki fungsi yang berbeda-beda ya, Mums. Secara keseluruhan, fungsi dari asam lemak omega 3 yaitu berperan untuk mendukung kesehatan jantung, otak, dan metabolisme tubuh. Asam lemak omega 3 juga terbagi lagi menjadi 3 jenis, di antaranya:

  • Docosahexaenoic acid (DHA)

    Berperan dalam perkembangan otak agar dapat berfungsi secara normal.

  • Eicosapentaenoic acid (EPA)

    Berperan dalam membantu mengurangi peradangan dan mengurangi depresi.

  • Alpha-linolenic acid (ALA) 

    Berperan sebagai energi, ALA juga dapat diubah menjadi DHA atau EPA. 

Sedangkan, asam lemak omega 6 berfungsi sebagai sumber energi dan membantu mencegah berbagai penyakit pada si Kecil. Asam lemak omega 6 juga berperan dalam meningkatkan sistem imun tubuh bila dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. Pastikan Mums memberikan si Kecil asupan asam lemak omega 3 dan omega 6 sesuai dengan batas normal. 

Kandungan asam lemak omega 3 dan omega 6 juga bisa Mums dapatkan dalam susu Friso Gold 3 yang penting bagi tumbuh kembang si Kecil. Susu Friso Gold 3 juga mengandung nutrisi alami, tanpa perisa, bebas sukrosa, dan tetap memiliki rasa yang enak.

Nutrisi yang tak kalah penting dalam susu Friso Gold 3 yaitu ALA dan LA. Secara umum, ALA dan LA dalam susu bermanfaat sebagai bahan baku pembentuk DHA dan AA di dalam tubuh si Kecil. ALA dan LA diperlukan untuk mendukung tumbuh kembang otak dan kecerdasan si Kecil, serta menjaga kesehatan matanya. 

Susu Friso Gold 3 termasuk susu bernutrisi tinggi yang diperkaya dengan kandungan prebiotik, probiotik, nukleotida, vitamin, dan mineral, serta didukung oleh teknologi Locknutri yang menjaga kualitas nutrisi alami susu sehingga mudah diserap tubuh si Kecil agar membantunya kuat dari dalam.

 

Ditinjau Oleh: dr. Rulli P.A Situmorang