Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Serunya Berenang Bersama Si Kecil

Serunya Berenang Bersama Si Kecil

Agar si Kecil semakin terbiasa dengan air, tak ada salahnya untuk rutin mengajaknya ke kolam renang sejak dini. Lakukanlah berbagai permainan seperti berpura-pura menjadi ikan yang berenang mengelilingi kolam renang. Taman air atau yang biasa disebut water theme park juga bisa menjadi pilihan lokasi yang menyenangkan, Mum. Karena terdapat fasilitas seperti kolam arus dan perosotan yang asyik untuk dicoba bersama keluarga. Jangan lupa merekam girangnya si Kecil ya, saat mencoba berinteraksi dengan air!

Namun, memilih kolam renang yang bersih juga menjadi hal yang sebaiknya diperhatikan karena kuman di kolam renang dapat menyerang si Kecil. Seperti dikutip dari Better Health Channel, State of Government of Victoria (Australia), kolam renang yang tidak dirawat dengan baik akan menjadi sarangnya bakteri, mikroba, dan jamur, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan sepeti infeksi telinga, hidung dan tenggorokan. Namun penyakit yang paling banyak diderita anak-anak akibat kontaminasi kolam tercemar adalah diare, yang disebabkan bakteri E. coli dan Giardia. Oleh karena itu, penting bagi Mum untuk membentuk daya tahan tubuh si Kecil, agar ia terhindar dari sakit sehabis berenang. Pastikan nutrisi dalam asupan si Kecil sudah memenuhi kebutuhan vitamin A, C dan E yang bisa memperkuat daya tahan tubuhnya.

Selain menyehatkan, berenang bersama si Kecil juga bisa membuat Mum bersemangat. Tentunya seorang ibu yang sehat dan bahagia akan memberikan pengaruh positif bagi si Kecil. Sedangkan bagi si Kecil, berenang juga merupakan bentuk olahraga dan latihan menggerakkan otot. Si Kecil juga belajar untuk mengatasi rasa takutnya terhadap air dan jika dilakukan secara rutin, lama-lama ia akan berani untuk berenang sendiri, bahkan di kolam lebih dalam.

Untuk mengetahui bagaimana cara mengajari si Kecil berenang dengan aman, Mum atau Dad dapat mengajarkannya langsung atau memperlihatkan video berenang anak yang sudah banyak ditemukan di internet. Jangan lupa pilih pakaian renang yang nyaman untuk si Kecil ya, Mum.