Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Serunya Berkreasi Bersama si Kecil

Serunya Berkreasi Bersama si Kecil

Aktivitas Bersama si Kecil

Sebelum beraktivitas, mari siapkan beberapa perlengkapan terlebih dahulu untuk mendukung kegiatan ini seperti:

  1. Tas atau kantong plastik
  2. Kertas filter kopi atau karton putih polos yang sudah berbentuk lingkaran berdiameter sekitar 20-30 cm.
  3. Cat air
  4. Selotip

Sudah siap? Mari bersenang-senang bersama si Kecil dengan aktivitas sebagai berikut:

  1. Mulailah dengan berkeliling taman bersama si Kecil sambil menikmati udara segar.
  2. Ceritakan pada si Kecil tentang berbagai jenis tanaman dan bunga serta makhluk hidup yang ada di sana.
  3. Sehabis memutari taman, ajak dirinya untuk berburu benda-benda di sana. Berikan sebuah kantung atau tas kosong untuknya.
  4. Bimbinglah ia mencari berbagai benda di sekitar taman yang menarik perhatiannya seperti ranting, daun, batu dan sejenisnya. Usahakan si Kecil mengambil beraneka ragam benda yah, Mum.

Setelah selesai mengumpulkan barang, inilah saatnya membuat kerajinan tangan bersamanya.

  1. Sediakan karton atau kertas filter putih yang sudah dibentuk menjadi lingkaran.
  2. Hiasilah lingkaran tersebut dengan menggunakan cat air. Bimbing si Kecil untuk mengeksplorasi warna-warna ketika melukis lingkaran ini.
  3. Jika sudah selesai, mulailah menghias bunga buatan si Kecil dengan menggunakan benda yang dikumpulkannya tadi. Mum juga bisa menggunakan ranting sebagai tangkai bunga buatannya.
  4. Hiasi juga tangkai dengan daun-daunan supaya karyanya semakin indah.
  5. Jangan lupa untuk mengabadikan momen spesial ini yah. Raut wajah antusiasnya yang menggemaskan pasti bisa menjadi kenangan indah bagi Mum dan si Kecil nanti.

Wah, bunga buatan si Kecil bagus yah, Mum? Sebagai bentuk apresiasi, pajanglah hasil karya si Kecil di ruang keluarga. Tambahkan label “Juara 1” dan berikanlah hadiah untuk usahanya tersebut.

Info Pendukung Aktivitas

Inilah beberapa taman yang dapat dikunjungi Mum untuk beraktivitas bersama si Kecil :

Manfaat Bagi Mum

Berjalan bersama si Kecil sambil menikmati pemandangan di taman tidak hanya bermanfaat untuk si Kecil, tapi juga bagi Mum. Berdasarkan hasil penelitiannya, Dr Valerie Gladwell menemukan bahwa pemandangan hijau dapat menjadi solusi yang efektif untuk mengurasi tingkat stress. Aktivitas di alam terbuka juga sangat baik untuk mencegah penyakit jantung.

Manfaat Bagi si Kecil

Dalam artikelnya yang berjudul “Preschoolers Need More Outdoor Play with Parents”, Psikolog Debbie Glasser, Ph.D. menjelaskan kalau bermain bersama memiliki keuntungan bagi orangtua dan juga anak. Dengan seringnya bermain di luar rumah, si Kecil dapat meningkatkan kemampuan motoriknya dan kreativitasnya. Begitu pula dengan kegiatan seni seperti membuat kerajinan tangan. Selain melatih daya imajinasi dan kreativitasnya, aktivitas ini juga dapat menumbuhkan rasa percaya diri si Kecil.

Info Gizi & Nutrisi

Agar si Kecil dapat beraktivitas dengan maksimal, tentunya diperlukan nutrisi yang cukup untuk menjaga daya tahan tubuhnya. Vitamin C dapat menjadi salah satu solusi untuk memperkuat daya tahan tubuhnya. Seperti yang dilansir oleh Babycenter.com, vitamin C dapat memperkuat daya tahan tubuh serta menjauhkannya dari infeksi. Di usianya saat ini, si Kecil setidaknya membutuhkan 15mg vitamin C setiap harinya. Karenanya, untuk menjaga agar si Kecil mendapatkan asupan vitamin C yang cukup, Mum bisa menambahkan beberapa makanan dengan kandungan vitamin C yang tinggi seperti brokoli, stroberi, dan tomat.

  • Taman Situ Lembang, Jakarta
  • Taman Senopati, Jakarta
  • Taman Langsat, Jakarta
  • Taman Juanda, Bandung
  • Taman Ganesha, Bandung
  • Taman Kota Jembrana, Bali
  • Taman Bungkul, Surabaya
  • Taman Bukit Bougenville, Singkawang
  • Taman Alam Lumbini, Brastagi