Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Serunya Bermain Air di Kolam Plastik

Serunya Bermain Air di Kolam Plastik

Aktivitas Bersama si Kecil.

Belum ada rencana dengan si Kecil di akhir pekan ini? Sudahkah Mum mengajaknya berenang bersama? Aktivitas ini tidak harus selalu dilakukan di kolam renang, lho. Jika cuaca di sekitar rumah sedang cerah, mari ajak si Kecil untuk bergembira bersama di halaman rumah dengan menggunakan kolam air plastik.

Info Pendukung Aktivitas

Agar permainan ini menjadi lebih menarik, Mum dapat mengikuti beberapa tips di bawah ini:

  • Saat bermain, ikutlah berenang bersama si Kecil. Ini tentu akan membuatnya semakin bersemangat untuk bermain dengan Mum.
  • Agar si Kecil merasa nyaman di kolam renang, usahakan supaya air di dalam kolamnya tidak terlalu penuh. Selain itu, teruslah bersama si Kecil selama beraktivitas di dalam kolam.
  • Mum juga dapat memanfaatkan peralatan lain untuk membuat aktivitas ini menjadi lebih meriah. Coba berikan si Kecil sebuah spons besar, dan perhatikan raut wajah herannya yang menggemaskan saat melihat spons tersebut dapat menyerap air di dalam kolam.
  • Ketika sedang bermain, Mum mungkin melihat si Kecil cegukan atau bersendawa. Cobalah menggendong si Kecil dengan meletakkan kepalanya di pundak Mum, lalu usap dan tepuk punggungnya secara perlahan. Ini akan membantu mengeluarkan gas dalam perut si Kecil.

Manfaat Bagi Mum

Selain menyenangkan, bermain dan berenang bersama merupakan kesempatan bagi Mum untuk dapat bergerak aktif. Tak hanya itu, beraktivitas dengan si Kecil dalam suasana yang hangat pun dapat menjadi sarana relaksasi bagi Mum.

Manfaat Bagi si Kecil

Bermain di halaman dapat menjadi langkah awal bagi si Kecil untuk mengenal dunia luar serta membantu mengasah kemampuan sosialnya. Selain itu, aktivitas di ruang terbuka pun dapat ikut memperkuat daya tahan tubuhnya

Bermain dan berenang merupakan kesempatan bagi si Kecil untuk melatih kemampuan fisiknya lewat cara yang menyenangkan. Ia dapat menyempurnakan kemampuan duduknya saat berada di kolam serta melatih kemampuan pemahaman dan bahasa lewat penjelasan yang diberikan Mum. Walaupun lemparannya belum mengenai target, bermain lempar bola juga akan mempertajam kemampuan motorik serta koordinasi mata-tangannya.

Info Gizi & Nutrisi

Sistem pencernaannya yang masih harus beradaptasi dengan makanan pendamping ASI adalah salah satu penyebab di balik perut kembungnya. Menurut Parents.com, makanan seperti kacang-kacangan, kol, brokoli, oatmeal, dan buah plum memang dapat membuat gas di perutnya bertambah. Namun, ini bukan berarti si Kecil harus menghindari makanan tersebut. Jennifer Shu, M.D., dokter anak dan penulis buku asal Atlanta, berpendapat bahwa mengurangi variasi makanan justru akan menghambat proses eksplorasi makanannya. Karena itu selama gas di perutnya ini tidak mengganggu, tetaplah memberikan variasi menu makanan kaya gizi bagi si Kecil.

Aktivitas yang bisa dilakukan

1.Persiapan

Persiapan

Siapkan kolam plastik serta perlengkapan bermain seperti bola warna-warni. Saat mengisi air, pastikan suhu air di kolam sudah cocok untuk si Kecil (tidak terlalu dingin atau panas).

2.Ajak Bermain Bola

Ajak Bermain Bola

Si Kecil sudah mengenakan pakaian renang favoritnya, Mum? Ayo bermain bersama si Kecil di kolamnya! Sebagai permulaan, mari bermain lempar bola. Berdirilah di luar kolam, lalu minta si Kecil melemparkan bola ke arah Mum. Buatlah gerakan lucu seperti berpura-pura terjatuh atau meloncat-loncat sambil menghindarinya. Mum, siap-siap untuk melihat si Kecil tertawa terbahak-bahak, ya.

3.Berikan Tepuk Tangan

Berikan Tepuk Tangan

Hore, si Kecil berhasil melempar bolanya! Ayo, berikan tepuk tangan meriah agar ia semakin termotivasi untuk mengulang kesuksesannya tersebut. Jangan lupa untuk mengabadikan momen ceria ini lewat foto dan video sebagai kenang-kenangan saat ia sudah besar nanti.

4.Bimbing Si Kecil

Sambil bermain , mari ajak si Kecil untuk mengenal berbagai hal yang ada di sekitar rumah. Bimbing ia untuk berkeliling halaman dan jelaskan kepadanya tentang benda seperti rumput, pintu, pagar beserta fungsinya juga. Ia mungkin belum dapat mengucapkan nama benda itu dengan sempurna, namun si Kecil tentu sudah bisa mengerti dan mengingat kata-kata tersebut.