Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Si Kecil Gemar Bermain Game? Ini Cara Membimbing Anak yang Direkomendasikan

Si Kecil Gemar Bermain Game? Ini Cara Membimbing Anak yang Direkomendasikan

Menjadi orang tua pada era digital seperti sekarang ini merupakan satu tantangan tersendiri, bukan begitu Mums? Sangat banyak hal yang dahulu tidak ada, kini menjadi kewajaran untuk si Kecil. Contoh paling sederhana adalah menyoal keberadaan game pada perangkat elektronik seperti smartphone atau tablet yang dimainkan si Kecil. Meski dampaknya masih diperdebatkan, namun hal ini harus melibatkan cara membimbing anak yang tepat.

Game atau permainan pada perangkat elektronik memerlukan treatment yang tepat karena sedikit banyak akan mempengaruhi tumbuh kembang si Kecil. Tentu Mums setuju, sebagian besar anak-anak kini lebih banyak menghabiskan waktu di depan layar gadget daripada bermain di luar rumah. Atau mungkin bahkan Mums yang sengaja memberikan permainan ini agar si Kecil tidak perlu keluar rumah dan lebih mudah diawasi.

Jika dilihat benar salahnya, hal ini sangat relatif. Pada waktu yang tepat, game dapat memberikan stimulus pada kecerdasan si Kecil dan melatih refleks serta koordinasi tangan dan mata. Jangan lupa juga, game dapat meningkatkan konsentrasi si Kecil. Namun pada saat yang bersamaan, si Kecil memerlukan rangsangan pada fisiknya agar tumbuh kembang dapat berjalan optimal. Lalu bagaimana menyikapinya?

Untuk membantu Mums dalam menyikapi game sebagai aktivitas si Kecil, berikut beberapa tips yang bisa Mums terapkan agar si Kecil mendapat manfaat maksimal dan tetap memiliki rangsangan pada tumbuh kembang fisiknya.

Pengaturan Screen Time

Screen time merupakan istilah yang digunakan untuk menunjukkan berapa banyak waktu yang dihabiskan si Kecil di depan layar gadget yang digunakan. Untuk langkah pertama, Mums bisa memberikan jadwal untuk bermain game di gadget pada si Kecil. Memang cukup sulit untuk melakukan hal ini, namun dengan memberikan pengertian yang baik, si Kecil akan dapat memahaminya.

Misalnya saja, si Kecil boleh bermain game setelah makan siang, atau setelah makan malam. Selain memberikan batasan pada screen time yang dimiliki si Kecil, bermain game setelah makan dapat memberikan waktu yang baik untuk pencernaan si Kecil bekerja dan menghindarkan si Kecil dari rasa tidak nyaman pada perutnya jika langsung digunakan beraktivitas.

Sebagai Hadiah

Perlu Mums selalu ingat bahwa sebenarnya game pada perangkat gadget bukanlah hak yang harus diberikan setiap saat, namun lebih bersifat sebagai reward. Ya, cara ini cukup efektif untuk mendorong si Kecil melakukan kegiatan yang diperlukan, sebelum kemudian bermain game pada gadget yang tersedia.

Contoh sederhana, si Kecil bisa bermain game setelah belajar pada malam hari. Atau mungkin untuk si Kecil yang mulai bersekolah, ia bisa bermain setelah pulang sekolah. Bermain game akan menjadi ‘hadiah’-nya setelah melaksanakan tanggung jawab yang dimiliki si Kecil. Mums juga bisa menerapkan pada konteks lainnya.

Game dan Aktivitas Di Luar Rumah

Keseimbangan keduanya sangat diperlukan agar si Kecil mendapatkan rangsangan tumbuh kembang maksimal. Seperti yang disampaikan tadi, si Kecil bisa mendapat rangsangan kecerdasan ketika bermain game dan berkonsentrasi. Dan tentu, si Kecil akan memiliki rangsangan yang sangat baik ketika bermain di luar rumah bersama teman atau Mums.

Keseimbangan ini bisa diterapkan dengan jadwal atau rutinitas. Berikan waktu pada si Kecil untuk bermain game, namun setelah selesai ajak si Kecil bermain di luar. Sekedar berjalan-jalan atau bermain bola di taman bisa jadi aktivitas yang menyenangkan bersama si Kecil.

Pemilihan Permainan

Upayakan Mums bisa mengetahui apa yang dimainkan si Kecil pada gadget yang ada. Tidak ada salahnya juga untuk memilihkan permainan yang akan ia mainkan, agar apa yang dilakukan si Kecil lebih terkontrol. Pemilihan permainan ini sebenarnya penting, menyangkut genre, rating dan beberapa hal lain.

Jika memungkinkan, pilihkan genre permainan yang juga bisa dipraktekkan di kehidupan nyata. Katakanlah genre petualangan. Selepas bermain, Mums bisa mengajak si Kecil melakukan petualangan tersebut di dunia nyata. Kegiatan bersama ini dapat melatih imajinasi si Kecil serta merangsangnya agar terus bergerak dengan menjadikan si Kecil tokoh utama dalam permain di dunia nyata tersebut.

Eksplorasi yang dilakukan pada game, diterapkan pada kehidupan nyata. Ketika permainan menunjukkan latar hutan, Mums bisa membawa si Kecil ke area alam terbuka dan mengajaknya mempraktekkan permainan yang dimainkan. Seru dan menyenangkan bukan Mums?

Memang game menjadi satu fenomena tersendiri dalam tumbuh kembang si Kecil. Pilihan untuk memberikannya akses pada gadget atau tidak, semua tergantung pada Mums. Yang perlu diingat, pemberian gadget ini adalah bukan berupa hak, namun lebih kepada reward atau opsi saja dalam kegiatannya sehari-hari.

Cara membimbing anak saat berhadapan dengan game memang sedikit tricky. Jika Mums bisa menyikapinya dengan tepat, si Kecil akan mendapat banyak manfaat dari bermain game tersebut. Tentu saja, aktivitas fisik juga tetap harus dilakukan agar rangsangan tumbuh kembangnya seimbang. Untuk menunjang tumbuh kembang, berikan nutrisi yang lengkap seperti pada Friso Gold 4. Dengan teknologi Locknutri, kualitas alami nutrisi akan terjaga dan lebih mudah diserap tubuh si Kecil. Ini akan membantu si Kecil agar kuat dari dalam dan mampu menghadapi tantangan dengan baik. Mums juga bisa berkonsultasi dengan Ahli Nutrisi Alami Friso (ANA) pada situs resmi Friso, terkait berbagai nutrisi dan tumbuh kembang si Kecil.

Selamat! Mums beruntung berkesempatan mendapatkan Free Sample dari Friso!

Daftar Sekarang