Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Si Kecil Mulai Mengkonsumsi Makanan Padat? Ini Rekomendasi Makanan Anak 1 Tahun yang Cocok

Si Kecil Mulai Mengkonsumsi Makanan Padat? Ini Rekomendasi Makanan Anak 1 Tahun yang Cocok

Memasuki usia satu tahun, si Kecil tidak lagi hanya dapat mengkonsumsi makanan cair saja. Pertumbuhan organ pencernaannya telah cukup sempurna, sehingga si Kecil sudah dapat dikenalkan pada makanan padat. Makanan anak 1 tahun umumnya sudah menyerupai makanan yang dikonsumsi orang dewasa, hanya saja belum benar-benar dapat sepenuhnya diberikan makanan padat dan tetap harus dikombinasikan.

Tekstur makanan, pada usia ini, selain dapat melatih organ dalam pencernaannya juga dapat melatih kemampuan si Kecil mengunyah makanan. Makanan yang masuk terlebih dahulu tentu akan melalui bagian mulut dan diolah secara ‘kasar’. Baru setelah itu, masuk ke tenggorokan dan lambung dan seterusnya untuk terus diolah dan diperhalus agar nutrisinya dapat dicerna.

Beberapa makanan bisa Mums berikan pada si Kecil untuk mengenalkannya pada makanan bertekstur padat. Poin di bawah ini bisa menjadi gambaran makanan apa yang sekiranya cocok untuk si Kecil. Tentu saja Mums bisa memberikan makanan lain diluar daftar berikut ini, selama memiliki tekstur yang masih cocok untuk kemampuan cerna si Kecil.

Egg Tofu

Merupakan salah satu produk olahan kacang kedelai yang dicampur dengan telur. Teksturnya sangat lembut dan mudah hancur sehingga tidak akan menyulitkan si Kecil dalam mengunyah dan menelan. Makanan ini sangat mudah didapatkan di supermarket terdekat dan juga mudah diolah jadi beragam makanan yang menarik dan rasanya nikmat.

Tofu sendiri mengandung banyak nutrisi yang berguna untuk tumbuh kembang si Kecil, misalnya Protein, Kalsium, dan Zat Besi serta kalori yang kadarnya tidak terlalu tinggi. Nutrisi tersebut diperlukan untuk tumbuh kembang fisik si Kecil sehingga fisiknya akan tumbuh dengan optimal. Jangan lupa untuk memasaknya hingga matang sebelum dikonsumsi ya Mums!

Telur

Bahan makanan yang satu ini juga tergolong memiliki tekstur keras namun cocok untuk adaptasi bagi si Kecil. Kandungan Protein dan Lemak Hewani yang ada pada telur akan membantu memberikan tenaga untuk aktivitas si Kecil dan bahan bakar untuk tumbuh kembang fisiknya. Telur juga sangat mudah diolah dan dikombinasikan dengan bahan makan lainnya.

Salah satu olahan yang paling mudah dibuat dan dikombinasi adalah scramble egg atau orak-arik. Mums bisa menambahkan potongan sayuran atau daging cincang sehingga rasanya lebih nikmat dan kandungan nutrisinya makin lengkap. Ingat ya Mums, masak telur orak-arik hingga matang agar si Kecil mendapatkan manfaat penuh dari telur yang dikonsumsinya.

Oatmeal

Nutrisi dan tekstur yang dimiliki oatmeal juga cocok untuk diberikan pada si Kecil ketika ia menginjak usia satu tahun atau ketika si Kecil mulai dikenalkan pada makanan dengan tekstur padat. Memang oatmeal tidak sepadat dua makanan sebelumnya, namin tekstur yang dimiliki oatmeal setelah ditambahkan susu dapat menjadi stimulus baik untuk kemampuan mengunyah si Kecil.

Untuk menjadikannya lebih menarik, Mums bisa menambahkan berbagai topping di atasnya. Mulai dari potongan buah seperti pisang atau buah dengan tekstur halus sejenis, cacahan daging, dan lain sebagainya. Topping ini juga akan membantu si Kecil meningkatkan kemampuan mengunyah yang dimilikinya karena akan merasakan berbagai tekstur dalam satu suapan makanan.

Daging Ikan

Salah satu jenis daging yang sangat baik sebagai tambahan makanan padat untuk si Kecil adalah ikan. Kandungan Omega-3 serta DHA pada daging ikan sangat penting untuk tumbuh kembang otak dan kecerdasannya. Namun demikian ketika memberikan olahan daging ikan, ada beberapa hal yang harus Mums perhatikan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan pada si Kecil.

Pertama, pastikan si Kecil tidak memiliki alergi apapun pada daging ikan. Makanan ini termasuk memiliki resiko alergi yang tinggi dibandingkan dengan makanan lain. Selain itu, pastikan juga Mums memasak daging ikan hingga matang dan menghilangkan kulit serta tulang ada di dalam daging ikan. Cacah halus dan pastikan tidak ada tulang yang tersisa sebelum disajikan untuk si Kecil.

Selai Kacang

Selain daging ikan, kacang juga memiliki kandungan Omega-3 yang cukup tinggi dan baik untuk perkembangan otak si Kecil, selain itu, kandungan Protein, Vitamin dan Mineral yang ada pada selai kacang juga sangat diperlukan oleh tubuh si Kecil untuk tumbuh dan berkembang. Tentu saja, teksturnya yang cenderung liat cukup baik untuk merangsang kemampuan mengunyahnya.

Namun demikian tidak semua anak-anak dapat mengkonsumsi olahan kacang karena alergi tertentu. Sebelum memberikan selai kacang, pastikan si Kecil tidak alergi terhadap kacang. Kemudian pastikan juga setiap bahan yang terkandung dalam selai kacang aman untuk dikonsumsi anak-anak dan berikan sebagai makanan tambahan, bukan makanan langsung.

Makanan anak 1 tahun sebenarnya banyak ragamnya, tergantung dengan selera dan apa yang disukai si Kecil. Yang perlu dipastikan, setiap makanan harus memiliki kandungan nutrisi yang diperlukan sehingga dapat membantu mencukupi kebutuhan nutrisi hariannya. Berikan juga Friso Gold 3 untuk membantu pemenuhan nutrisi hariannya. Dengan teknologi Locknutri, kualitas alami nutrisi akan terjaga dan lebih mudah diserap tubuh si Kecil. Ini akan membantu si Kecil agar kuat dari dalam dan juga tidak mudah terserang penyakit. Mums juga dapat berkonsultasi dengan Ahli Nutrisi Alami Friso (ANA) melalui fitur live chat pada situs resminya.

Selamat! Mums beruntung berkesempatan mendapatkan Free Sample dari Friso!

Daftar Sekarang