Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Siap Menjadi Supermum dengan Selalu Berpikir Positif

Siap Menjadi Supermum dengan Selalu Berpikir Positif

Rasanya masih mengejutkan ya, Mum, ada si Kecil yang tumbuh dan berkembang di dalam perut Mum. Perasaan senang yang dirasakan, membuat Mum ingin selalu menjaga dan melindungi si Kecil, layaknya seorang Supermum. Namun, ada kalanya perasaan senang itu berubah 180 derajat. Mum bisa tiba-tiba merasa cemas, marah, hingga stres karena berbagai sebab. Hal ini wajar kok, Mum. Mengingat perubahan hormon yang terjadi ketika hamil, ikut memengaruhi perasaan Mum. Agar kehamilan bisa dijalani dengan nyaman, ayo bangkitkan suasana hati Mum menjadi lebih positif melalui aktivitas relaksasi pikiran!

Aktivitas relaksasi ini bisa membantu pikiran Mum menjadi lebih tenang, sehingga kondisi kehamilan dan janin pun dapat terus terjaga. Baiknya lagi, relaksasi pikiran bisa dengan mudah dilakukan di rumah, lho!

Aktivitas yang bisa dilakukan

  1. Tempat Aktivitas

    Cari area rumah yang nyaman dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Selain di dalam ruangan, Mum juga bisa melakukan aktivitas ini di teras atau balkon rumah yang bersih dan teduh.

  2. Gunakan Pakaian Yang Nyaman

    Agar lebih nyaman, kenakan pakaian dengan bahan yang sejuk ya, Mum, misalnya kaus berbahan katun.

  3. Siapkan Alas Yang Lembut

    Siapkan Alas yang Lembut

    Siapkan juga alas duduk yang lembut, seperti bantal atau matras.

  4. Siapakan Musik Relaksasi

    Mainkan musik relaksasi untuk membantu Mum menenangkan pikiran. Sebaiknya, pilih musik yang dilengkapi dengan kata-kata motivasi, guna membangun perasaan yang positif sehingga Mum dapat lebih tenang dalam menghadapi kehamilan.

  5. Posisi Duduk

    Posisi Duduk

    Duduk dengan posisi kaki bersila, dan kedua tangan memegang perut.

  6. Cara Aktivitas

    Cara Aktivitas

    Pejamkan mata, lalu atur pernapasan dengan ritme yang santai. Ikuti alunan musik yang lembut, serta tanamkan kata-kata motivasi dalam pikiran Mum, sambil merasakan pergerakan yang dibuat oleh si Kecil di dalam perut.

  7. Manfaat Bagi Mum

    Relaksasi pikiran bisa Mum manfaatkan sebagai momen untuk beristirahat sejenak dari kegiatan sehari-hari. Baiknya lagi, aktivitas ini juga memiliki banyak manfaat lho, Mum, seperti membantu mengatasi rasa lelah, menurunkan tekanan darah, hingga mengurangi rasa cemas dan stres akibat perubahan hormon dalam tubuh. Oleh karena itu, relaksasi pikiran tidak hanya disarankan untuk dilakukan ketika Mum sedang mengalami mood swing saja, tetapi juga bisa dijadikan aktivitas rutin untuk mengawali kegiatan Mum sehari-hari.

  8. Manfaat Bagi Si Kecil

    Ketika mengalami stres atau kecemasan, tubuh Mum melepaskan hormon kortisol dan hormon stres lainnya. Jika dibiarkan, pertumbuhan si Kecil dalam kandungan bisa terganggu. Dengan rutin melakukan relaksasi pikiran, rasa cemas dan stres yang Mum rasakan akan berkurang. Alhasil, si Kecil pun bisa tumbuh dengan lebih optimal.

  9. Info Nutrisi

    Sebelum hamil, stres bisa dengan mudah diatasi hanya dengan menyantap makanan favorit. Namun, perubahan hormon karena kehamilan membuat Mum harus menjaga pola makan agar dapat menunjang pertumbuhan si Kecil dalam kandungan. Asupan yang kaya akan Omega 3, seperti ikan salmon, tuna, dan sarden, bisa Mum konsumsi untuk mengurangi stres dan membangkitkan mood, serta membantu mengoptimalkan perkembangan otak si Kecil. Selain itu, perhatikan juga asupan cairan Mum, ya, karena dehidrasi juga dapat memengaruhi suasana hati Mum. Setidaknya, Mum harus mengonsumsi 1,5 liter cairan dalam sehari.

Untuk membantu Mum memenuhi kebutuhan nutrisi Mum dan janin, Frisomum Gold diperkaya dengan Protein yang lebih mudah dicerna oleh tubuh. Pasalnya, Friso diproduksi dengan Single Process, di mana susu tidak diproses dan dipanaskan secara berlebih, sehingga kualitas nutrisi susu ibu hamil ini tetap terjaga dan dapat mudah diserap tubuh. Dengan begitu, Mum bisa menikmati manfaat nutrisinya dengan optimal sejak awal kehamilan.