Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Siasati Infeksi Saluran Cerna Si Kecil dengan 4 Bahan Alami Berikut

Siasati Infeksi Saluran Cerna Si Kecil dengan 4 Bahan Alami Berikut

Siapa yang bisa tenang saja melihat si Kecil mengalami gangguan pada pencernaannya? Terlebih jika gangguan tersebut adalah infeksi saluran cerna, yang memiliki berbagai resiko berbahaya jika tidak segera dicegah, tentu Mums tidak akan tinggal diam bukan? Membawa si Kecil ke dokter kepercayaan Mums ketika terjadi gangguan memang merupakan salah satu cara paling ampuh. Tapi tahukah Mums jika infeksi saluran pencernaan seperti misalnya diare bisa diringankan dengan bahan-bahan alami dari dapur Mums sendiri?

Memang keampuhan bahan alami yang nanti akan dibahas mungkin baru sebatas mitos saja, yang secara turun-temurun diteruskan dari satu generasi ke generasi selanjutnya. Namun pada penelitian terkini, beberapa bahan rumahan ini terbukti memiliki kandungan dan senyawa baik untuk membantu meringankan infeksi saluran cerna yang dialami si Kecil. Jadi, mitos yang beredar di masyarakat ternyata juga ada benarnya.

Ketika si Kecil berusia antara 1 hingga 3 tahun, masalah infeksi pencernaan yang paling sering terjadi adalah diare. Memang jika dibiarkan diare akan membaik dengan sendirinya. Asalkan Mums tetap memberikan asupan makanan dan minuman sehingga si Kecil tidak mengalami dehidrasi akibat banyak cairan yang keluar dari tubuhnya.

Nah, sekaligus menjamin tubuh si Kecil tidak kekurangan cairan, Mums bisa memberikan beberapa bahan makanan berikut ini. Selain dapat menjaga kadar cairan dalam tubuh si Kecil, bahan makanan berikut juga akan membantunya segera pulih dari diare yang diderita si Kecil. Apa saja bahan makanan tersebut? Simak selengkapnya berikut ini!

Pisang

Buah dengan warna cerah dan tekstur lembur ini selain nikmat dikonsumsi juga ternyata dapat membantu meredakan diare yang diderita si Kecil. Ia akan kehilangan banyak Potasium ketika diare dan terus menerus buang air besar. Pisang sendiri memiliki kandungan Potasium yang cukup banyak, sekaligus dengan Kalium, Zat Besi, Kalsium dan Magnesium. Tidak berhenti di situ saja, dalam sebuah pisang juga terkandung Vitamin A dan B6.

Buah ini merupakan buah yang paling umum disukai oleh anak-anak. Ketika ia mengalami diare akibat infeksi saluran cerna, berikan buah pisang secara rutin sebagai salah satu menu makan si Kecil. Pisang juga merupakan salah satu buah yang tidak mengenal musim dan ada sepanjang tahun. Mums bisa menemukan buah pisang dengan berbagai variannya di toko buah atau supermarket terdekat.

Air Kelapa

Air kelapa sudah sejak lama dikenal sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang sekaligus memiliki banyak nutrisi baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Kandungan Kalium dalam air kelapa, dalam konteks si Kecil yang mengalami diare, sangat baik dikonsumsi karena dapat membantu menjaga kadar Kalium dalam tubuh si Kecil.

Air kelapa bisa dengan mudah dikombinasikan dengan banyak jenis minuman lainnya seperti air jeruk misalnya, agar rasanya lebih variatif dan membuat si Kecil lebih menikmatinya. Dosis yang diberikan untuk satu hari bisa sebanyak 2 hingga 3 kali dalam gelas kecil yang sesuai dengan ukuran tubuhnya. Pastikan kelapa yang Mums pilih merupakan kelapa segar ya, agar mendapat manfaatnya dengan maksimal.

Lemon

Ya, salah satu buah dengan rasa yang cukup asam ini dapat membantu si Kecil segera pulih dari diare yang dialaminya. Lemon mengandung anti-inflamasi dan anti-bakteri yang dapat bekerja dari dalam tubuh si Kecil untuk membantu memulihkan kondisi pencernaannya. Lemon juga sangat mudah didapat, dan biasanya selalu tersedia pada setiap dapur rumah Mums.

Untuk dosis pemberiannya, Mums bisa memberikan 1 sendok perasan lemon sebanyak 4 hingga 5 kali dalam sehari. Jika mungkin si Kecil tidak terlalu menyukai rasa asam, Mums bisa sedikit menambahkan air mineral agar rasa asamnya sedikit terurai. Konsumsi air perasan lemon bisa membantu menjaga keseimbangan PH dalam tubuh si Kecil, dan mempercepat pemulihan kondisinya.

Jus Wortel

Bahan makanan yang sangat terkenal mengandung banyak Vitamin A ini ternyata juga dapat membantu memulihkan kondisi si Kecil lho Mums. Vitamin A, wortel juga memiliki banyak nutrisi lain yang dapat membantu mengembalikan fungsi organ pencernaan si Kecil yang mengalami gangguan.

Namun demikian karena teksturnya yang sedikit keras, Mums bisa menyiasati dengan menjadikannya jus. Jus wortel dapat memberikan sensasi segar dan dingin pada perut si Kecil yang bergejolak. Untuk mendapatkan manfaat maksimal, hindari penambahan gula pada jus wortel yang Mums buat.

Beberapa bahan alami di atas dapat benar-benar membantu untuk meringankan infeksi saluran cerna yang dialami si Kecil. Namun demikian, alangkah lebih baiknya jika Mums dapat mencegah hal ini terjadi. Mencukupi kebutuhan nutrisi harian si Kecil bisa jadi cara pencegahan yang sederhana. Mums bisa memberikan Friso Gold 3 dengan nutrisi yang diperlukannya. Friso Gold 3 dilengkapi dengan teknologi Locknutri, sehingga kualitas alami nutrisi akan terjaga dan lebih mudah diserap tubuh si Kecil. Ini akan membantu si Kecil agar kuat dari dalam. Mums juga bisa berkonsultasi dengan Ahli Nutrisi Alami Friso (ANA) mengenai nutrisi si Kecil melalui situs resmi Friso dengan fitur live chat.