Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Stimulasi adalah Cara Tepat Optimalkan Perkembangan si Kecil

Stimulasi adalah Faktor Krusial Tumbuh Kembang si Kecil

Stimulasi adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk merangsang kemampuan dasar si Kecil agar ia dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Kegiatan tersebut dapat berupa rangsangan suara, visual, sentuhan, dan gerakan. Stimulasi adalah hal yang wajib diberikan pada si Kecil sedini mungkin dan terus menerus pada tiap kesempatan.

Tujuan stimulasi adalah meningkatkan kualitas dan kuantitas sel-sel otak agar dapat bekerja dan berfungsi optimal sejak si Kecil berusia dini. Pemberian stimulasi secara rutin sesuai usia si Kecil tidak hanya mengoptimalkan tumbuh kembang, namun juga dipercaya dapat meningkatkan kecerdasannya. Agar Mums mengetahui lebih jauh mengenai stimulasi usia dini, simak uraian lengkapnya di bawah ini.

Manfaat Stimulasi adalah Meningkatkan Kecerdasan

Stimulasi adalah Cara Tepat Optimalkan Perkembangan si Kecil

Berdasarkan rekomendasi dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), waktu yang tepat untuk Mums lebih giat memberikan stimulasi pada si Kecil adalah sejak ia lahir hingga berusia 3 tahun. Karena pada usia itulah, otak terus membentuk hubungan antarsel. Pembentukan dan aktivitas hubungan antarsel ini dapat diintervensi dengan stimulasi atau rangsangan dari luar.

Rangsangan yang diberikan oleh Mums secara rutin dan bervariasi terbukti mampu menguatkan hubungan antarsel serta membuat hubungan tersebut semakin kompleks. Semakin kuat kompleksnya hubungan antarsel, maka semakin tinggi dan bervariasi pula tingkat kecerdasan si Kecil di kemudian hari.

Pada prinsipnya, stimulasi yang diberikan sejak usia dini akan memicu timbulnya berbagai aspek kecerdasan pada si Kecil seperti kecerdasan matematis, kecerdasan emosional, komunikasi bahasa, kecerdasan musikal, gerak, seni rupa, dan masih banyak lagi. Kecerdasan yang si Kecil peroleh melalui stimulasi tersebut adalah salah satu bukti bahwa si Kecil memiliki tumbuh kembang yang optimal.

Bentuk Stimulasi untuk si Kecil

Stimulasi adalah Cara Tepat Optimalkan Perkembangan si Kecil

Perlu Mums pahami, memberikan stimulasi untuk si Kecil tidak selalu dengan memberikan banyak mainan edukasi kepadanya. Dengan gerakan sederhana seperti menyentuh si Kecil dengan rasa sayang pun sudah bisa dikatakan sebagai bentuk stimulasi, yang menandakan bahwa ia mendapat kasih sayang dari orangtuanya.

Selebihnya, Mums bisa melakukan stimulasi lain sesuai dengan usianya. Sebagai contoh, saat si Kecil berusia 1 tahun, Mums bisa melatihnya berbicara beberapa suku kata dan mengajarkan berjalan. Saat usia 2 tahun, Mums dapat mengenalkan nama-nama bagian tubuh dan mengajarkan si Kecil berpakaian. Pada usia 3 tahun, Mums bisa memberikan stimulasi seperti mengajarkan si Kecil gosok gigi, membantu Mums melakukan pekerjaan rumah sederhana, serta mulai mengenalkan huruf kepadanya. Apapun bentuk stimulasi yang Mums berikan, pastikan hal tersebut memiliki dampak positif untuk tumbuh kembang si Kecil.

Baca Juga: 4 Stimulasi Tumbuh Kembang Anak Kreatif, Mums Harus Mencobanya!

Aspek Stimulasi pada Perkembangan si Kecil

Stimulasi adalah Cara Tepat Optimalkan Perkembangan si Kecil

Secara umum, pemberian stimulasi untuk merangsang kemampuan dasar si Kecil meliputi beberapa aspek perkembangan, yaitu perkembangan gerak kasar, gerak halus, kemampuan berbicara dan bahasa, serta kemampuan sosialisasi dan kemandirian. Gerak kasar adalah aspek yang berhubungan dengan kemampuan si Kecil melakukan gerakan yang melibatkan otot-otot besar seperti gerakan duduk, berdiri, jongkok, dan sebagainya. Sementara gerak halus adalah aspek yang berhubungan dengan gerakan yang melibatkan otot-otot kecil dan memerlukan koordinasi yang cermat seperti gerakan mengamati sesuatu, menulis, membaca, mengambil benda, dan sebagainya.

Aspek bicara dan bahasa meliputi kemampuan si Kecil untuk memberikan respon terhadap suara, berbicara, berkomunikasi, mengikuti perintah, dan sebagainya. Sementara aspek sosialisasi dan kemandirian meliputi kemampuan mandiri si Kecil seperti makan sendiri, membereskan mainan sendiri, bersosialisasi dan berinteraksi dengan lingkungannya, dan sebagainya. Keempat aspek perkembangan si Kecil akan tercapai dengan maksimal apabila Mums memberikan stimulasi secara rutin, terus-menerus, dan bervariasi.

Prinsip Dasar Stimulasi

Stimulasi adalah Cara Tepat Optimalkan Perkembangan si Kecil

Stimulasi untuk si Kecil adalah hal yang tidak boleh Mums anggap sepele. Pemberian stimulasi tidak boleh dilakukan asal-asalan. Mums wajib mengetahui prinsip dasar dalam memberikan stimulasi yang tepat pada si Kecil. Berikut adalah beberapa prinsip dasar stimulasi yang wajib Mums pahami.

  • Pemberian stimulasi harus dilakukan dengan rasa kasih dan sayang.
  • Selalu tunjukkan sikap dan perilaku yang baik pada si Kecil, karena ia akan meniru tingkah laku orang-orang yang dekat dengannya.
  • Stimulasi harus diberikan sesuai dengan usia si Kecil.
  • Lakukan stimulasi dengan cara mengajak si Kecil bermain, bernyanyi, dan melakukan hal-hal menyenangkan. Hindari paksaan dan tidak ada hukuman.
  • Lakukan stimulasi secara bertahap dan berkelanjutan sesuai kelompok umur.
  • Manfaatkan permainan aman dan sederhana yang ada di sekitar si Kecil.
  • Selalu beri si Kecil pujian, bila perlu beri hadiah atas setiap keberhasilannya.

Itulah beberapa hal yang perlu Mums pahami mengenai stimulasi untuk si Kecil. Pada dasarnya, setiap stimulasi yang Mums berikan akan sangat berpengaruh pada optimalnya tumbuh kembang si Kecil, baik secara fisik maupun kecerdasan. Berikan stimulasi yang sesuai dengan aspek perkembangan si Kecil agar rangsangan yang ia peroleh semakin maksimal.

Untuk mendukung stimulasi yang Mums berikan, jangan lupa tetap penuhi asupan nutrisi hariannya. Mums bisa melengkapi kebutuhan nutrisi si Kecil dengan susu pertumbuhan. Friso Gold 3 diformulasikan khusus untuk membantu mencukupi asupan nutrisi si Kecil usia 1-3 tahun.

Nutrisi seperti ALA, LA, Prebiotik, Vitamin A, C, dan E, serta Zinc dan Zat Besi yang terkandung dalam susu pertumbuhan ini sangat baik untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil. Friso Gold 3 diproduksi dengan teknologi Locknutri yang menjaga kualitas nutrisi di dalam susu, sehingga lebih mudah dicerna dan diserap oleh si Kecil, Friso juga membantu si Kecil kuat dari dalam lho Mum!

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang