Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Stunting adalah Kondisi si Kecil Kekurangan Nutrisi Kronis, Bagaimana Cara Menyikapinya?

Stunting adalah Kondisi si Kecil Kekurangan Nutrisi Kronis, Bagaimana Cara Menyikapinya?

Pernahkah Mums mendengar istilah stunting? Istilah ini mungkin akan sering Mums dengar ketika Mums membaca artikel mengenai berbagai informasi tumbuh kembang si Kecil. Stunting adalah kondisi kekurangan gizi kronis ketika masa tumbuh kembang si Kecil dan akan berdampak pada terganggunya proses tumbuh kembangnya.

Pertanyaan selanjutnya, apakah di negara Indonesia masih ada kasus stunting yang terjadi? Indonesia yang notabene merupakan negara besar dan luas ternyata masih memiliki angka stunting yang cukup besar. Pada survey terkini (alodokter.com ini opsional saja mas, hanya mencantumkan sumber datanya) yang dilakukan tahun 2019, angka stunting di Indonesia tercatat masih sebesar 30% dari total keseluruhan jumlah balita di Indonesia. Tentu jumlah ini harus disikapi dengan bijak, mengingat ketika stunting terjadi efeknya akan muncul pada jangka panjang.

Lalu bagaimana cara mengatasi stunting yang mungkin terjadi? Bagaimana cara pencegahannya? Apa penyebab utama yang membuat angka ini demikian besar? Mums dapat menemukan jawabannya pada penjelasan di bawah ini. Simak selengkapnya ya Mums!

Penyebab Umum Stunting

Secara umum, stunting dapat disebabkan oleh beberapa hal disamping kekurangan nutrisi kronis. Misalnya, kurangnya informasi yang didapatkan Mums terkait kebutuhan nutrisi si Kecil. Informasi mengenai kebutuhan nutrisi si Kecil setiap hari penting agar Mums memiliki pegangan untuk memberikan asupan nutrisi. Dengan begini, nutrisi yang diperlukan akan dapat diupayakan untuk selalu dicukupi.

Penyebab selanjutnya adalah sanitasi yang buruk dan gangguan kesehatan pada si Kecil. Ketika sanitasi buruk, otomatis higienitas juga akan menurun dan menaikan resiko infeksi virus dan bakteri jahat. Senada dengan hal tersebut, gangguan kesehatan yang terjadi terus menerus juga akan membuat badan si Kecil terus berusaha keras mengembalikan kesehatan. Dalam jangka panjang, badan si Kecil akan terprogram untuk ‘meminta’ lebih banyak nutrisi untuk memulihkan kondisi kesehatan secara umum.

Terakhir adalah pada faktor layanan kesehatan yang kurang memadai. Layanan kesehatan menjadi penting karena dengan keberadaan layanan kesehatan yang baik si Kecil dapat segera mendapatkan penangan profesional jika terjadi infeksi atau gangguan kesehatan. Ketika layanan kesehatan tidak tersedia, si Kecil tidak dapat memperoleh penanganan cepat ketika mengalami gangguan kesehatan.

Pencegahan Stunting yang Mungkin Terjadi

Stunting adalah kondisi dimana si Kecil kekurangan nutrisi yang diperlukan untuk tumbuh kembang. Seperti diketahui bersama, nutrisi sangat diperlukan untuk penambahan volume tubuh, mendukung perkembangan otak dan perkembangan kemampuan si Kecil secara keseluruhan. Ketika nutrisi yang didapatkan si Kecil tidak dapat mencukupi kebutuhan nutrisi harian, maka tumbuh kembangnya akan terhambat.

Untuk cara paling jelas mencegah terjadinya stunting tentu adalah mencukupi kebutuhan nutrisi hariannya. Pada periode awal kehidupan si Kecil, usia hingga 6 bulan, kebutuhan nutrisi hariannya akan dapat terpenuhi dengan asupan ASI. Setelah lepas dari 6 bulan, maka Mums dapat memberikan Makanan Pendamping ASI atau dikenal dengan istilah MPASI. Makanan ini juga perlu diperhatikan benar kandungan nutrisi serta teksturnya, agar dapat dicerna dengan baik oleh si Kecil.

Cara pencegahan lainnya adalah dengan memperkaya pengetahuan mengenai kebutuhan nutrisi si Kecil dalam masa tumbuh kembang. Dengan pemahaman kebutuhan nutrisi yang baik, Mums dapat benar-benar mengetahui nutrisi apa yang diperlukan, makanan dan minuman apa yang bisa diberikan, dan aktivitas apa yang sebaiknya dilakukan untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil.

Mengatasi Stunting yang Sudah Terlanjur Terjadi

Ketika stunting telah terjadi, hal utama yang harus dilakukan adalah berkonsultasi dengan dokter anak kepercayaan Mums. Secara umum, cara untuk mengatasi kekurangan nutrisi kronis ini adalah dengan memperbaiki pola konsumsi makanan, memperhatikan kandungan nutrisi pada setiap makanan, menjaga kebersihan, melakukan aktivitas fisik agar setiap bagian tubuh si Kecil mendapat stimulus agar dapat berkembang dan lain sebagainya.

Untuk memperbaiki asupan nutrisi tentu akan lebih tepat jika mengikuti rekomendasi dari dokter anak. Dengan pemeriksaan yang intensif, Mums dapat mengetahui kondisi si Kecil secara spesifik sehingga penanganan yang diberikan dapat tepat sasaran. Sebisa mungkin, konsultasi adalah langkah pertama yang harus Mums lakukan, agar langkah selanjutnya dapat lebih efektif untuk mengatasi stunting yang terjadi.

Stunting adalah kondisi yang terjadi akibat kekurangan nutrisi dalam jangka panjang. Jadi Mums tidak perlu khawatir ketika sekali waktu si Kecil sulit makan atau memilih makanan yang ingin dikonsumsinya. Selama Mums mengetahui kandungan nutrisi dalam setiap makanan dan minuman yang diberikan pada si Kecil, Mums dapat menyiasati dan tetap mencukupi kebutuhan nutrisi hariannya.

Mengetahui penyebab, cara pencegahan hingga cara mengatasi stunting adalah hal penting untuk Mums pahami. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian si Kecil, Mums wajib memberikan makanan dan minuman yang bernutrisi. Disamping itu, Mums juga harus memilih susu dengan nutrisi yang lengkap dan berkualitas seperti Friso Gold 3. Dengan teknologi Locknutri, kualitas nutrisi alami akan tetap terjaga sehingga mudah diserap oleh tubuh si Kecil. Jika asupan nutrisi harian terpenuhi, Mums tak lagi perlu khawatir si Kecil mengalami stunting.