Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Selain nikmat, ternyata yogurt memiliki manfaat untuk si Kecil lho! Berikut manfaat yogurt untuk pencernaan anak, simak baik-baik!

Sudah Tahu Manfaat Yogurt untuk Pencernaan? Simak Artikel Berikut Ini

Siapa tak mengenal yogurt? Olahan susu yang kaya manfaat ini sangat baik untuk dikonsumsi untuk segala macam usia. Rasanya yang nikmat serta mudahnya mengolah produk yogurt menjadi pendorong utama mengapa olahan ini banyak diminati. Manfaat yogurt untuk pencernaan juga jadi satu hal terpenting, terlebih untuk si Kecil.
Sebelum masuk ke bagian manfaat yogurt, ada baiknya Mums memahami terlebih dahulu kapan waktu yang tepat memberikan yogurt pada si Kecil. Sifat yogurt yang cenderung sedikit asam, akan lebih baik jika diberikan ketika usia si Kecil menginjak 1 tahun. Hal ini karena pada usia 1 tahun, sistem pencernaan si Kecil sudah lebih matang dan mampu memproses makanan selain ASI dengan efektif.
Selain itu ada beberapa hal yang sebaiknya Mums perhatikan ketika akan memberikan kudapan lezat ini untuk si Kecil. Agar manfaatnya maksimal dan tidak berdampak buruk, maka pilih yogurt yang mengandung Bifidobacterium. Kandungan ini merupakan penghasil Asam Laktat tipe L yang memiliki metabolisme sangat cocok untuk si Kecil.
Hal lain yang juga penting agar manfaat yogurt maksimal, adalah memastikan tidak adanya kandungan pemanis dan pewarna buatan sehingga apa yang dikonsumsi si Kecil adalah yogurt yang sehat. Produk yogurt yang terbuat dari susu segar murni juga merupakan asupan yang sangat baik karena memiliki kandungan lemak yang diperlukan si Kecil dalam mendukung tumbuh kembangnya.
Selanjutnya, untuk mengetahui manfaat yogurt untuk pencernaan, Mums bisa membaca poin-poin berikut ini.

Kekebalan Tubuh

Sebagai sumber Prebiotik terbaik, yogurt berperan dalam menyeimbangkan Limfosit B dan T yang melawan bakteri jahat dalam tubuh. Probiotik yang ada di dalam yogurt juga menjaga usus agar tetap sehat sehingga mampu bekerja dengan optimal. Dengan demikian, daya tahan tubuh si Kecil akan semakin kuat dan terhindar dari berbagai penyakit.
Kandungan Asam Laktat yang ada, dapat membantu menetralkan asam lambung. Seperti yang Mums ketahui, asam lambung yang berlebihan akan memicu iritasi pada bagian ini dan menyebabkan rasa tidak nyaman pada si Kecil.
Ketika si Kecil mengalami diare atau disentri, konsumsi yogurt akan membantu meringankan kedua penyakit ini. Bakteri baik yang terkandung di dalamnya akan membantu memulihkan keadaan dan fungsi sistem pencernaan sehingga dapat sembuh lebih cepat.
Meski masih anak-anak, si Kecil tetap memiliki resiko terjangkit hepatitis. Zat Amonia yang mungkin terbentuk pada organ hati si Kecil menjadi pemicu munculnya hepatitis padanya. Konsumsi yogurt yang teratur dapat meminimalisir pembentukan zat ini sehingga resiko hepatitis dapat diturunkan.

Nutrisi Penting

Kandungan nutrisi yang ada pada yogurt juga sangat banyak dan penting untuk tumbuh kembang si Kecil. Vitamin C, A, B6, B12, D, E, K, Riboflavin, Thiamin, Folat serta Niacin, merupakan nutrisi yang diperlukan si Kecil untuk tumbuh dan membangun daya tahan tubuhnya.
Tidak cukup dengan nutrisi tersebut, yogurt juga memiliki kandungan mineral untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil. Kandungannya antara lain Kalsium, Fosfor, Kalium, Zat Besi, Magnesium, Natrium dan Zinc. Jika ingin menjamin terpenuhinya nutrisi yang diperlukan si Kecil, Mums bisa memberikan Friso Gold 3 sebagai penunjang asupan nutrisinya, karena dengan teknologi Locknutri yang dimiliki Friso dapat melindungi nutrisi dalam kondisi alami selama proses produksi susu, tanpa pemanasan berlebih.

Tulang dan Gigi

Karena mengandung Kalsium dan Vitamin D, yogurt juga sangat baik untuk kesehatan dan pertumbuhan tulang serta gigi si Kecil. Dengan asupan kedua nutrisi ini pada porsi yang cukup, maka tumbuh kembang si Kecil akan optimal serta menghindarkan si Kecil dari resiko keropos dan osteoporosis di kemudian hari.

Bakteri Baik

Dengan segala kandungan nutrisi penting yang ada pada yogurt, tentu konsumsinya akan membawa dampak baik untuk kesehatan. Meningkatnya jumlah bakteri baik dalam usus secara langsung akan meningkatkan kesehatan organ pencernaan ini. Dengan demikian, penyerapan nutrisi dari makanan bisa dilakukan secara optimal.
Mengingat asupan terbaik adalah makan sehat, maka kesehatan pencernaan menjadi hal terpenting untuk si Kecil disamping pola hidup sehat. Dengan konsumsi makanan yang sehat dan higienis, maka Mums telah memberikan bekal yang baik untuk masa tumbuh kembangnya.

Selain sebagai opsi kudapan untuk si Kecil, yogurt ternyata juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan pencernaan si Kecil. Ini mengapa, yogurt disarankan untuk dikonsumsi secara rutin, agar si Kecil mendapatkan asupan nutrisi penting yang diperlukannya.

Mengetahui banyaknya manfaat yogurt untuk pencernaan, sudah sewajarnya Mums memasukan yogurt ke dalam menu si Kecil setiap hari. Selain itu, Mums juga bisa memberikan Friso Gold 3 dengan Locknutri yang memastikan nutrisi dalam Friso Gold 3 terjaga alami. Diproses dengan metode Single Process, menjadikan Friso Gold 3 lebih mudah dicerna dan diserap tubuh si Kecil karena keadaan alami nutrisinya. Ahli Nutrisi Alami Friso (ANA) juga bisa secara langsung dihubungi pada situs resmi melalui live chat jika Mums ingin bertanya lebih lanjut mengenai nutrisi si Kecil.

Selamat! Mums beruntung berkesempatan mendapatkan Free Sample dari Friso!

Daftar Sekarang