Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Sudah Tahukan Mums tentang Manfaat Prebiotik untuk si Kecil?

Sudah Tahukan Mums tentang Manfaat Prebiotik untuk si Kecil?

Pencernaan si Kecil merupakan salah satu dasar dari semua proses tumbuh kembang yang dialaminya. Dikatakan demikian karena setiap makanan akan masuk dan diserap nutrisinya pada bagian ini. Ini mengapa, menjaga pencernaan tetap dalam keadaan sehat dan bekerja optimal harus selalu dilakukan. Tentu, ketika bahasan mengenai kesehatan pencernaan tidak akan lepas dari apa yang disebut Prebiotik.

Nah untuk membahas Prebiotik ini juga akan berkenaan dengan Probiotik. Kedua hal ini berkaitan erat dan berperan besar dalam menjaga kesehatan saluran pencernaan si Kecil lho Mums. Hal ini dikarenakan Prebiotik dan Probiotik merupakan makanan untuk bakteri baik dan bakteri baik yang ada di dalam saluran pencernaan yang berperan dalam menyerap nutrisi dan menjaga kesehatan organ pencernaan.

Peran Probiotik untuk si Kecil

Secara umum, peran yang dijalankan Probiotik, sebelum nanti membahas mengenai Prebiotik, adalah untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan si Kecil. Keberadaan bakteri baik ini jumlahnya harus selalu dijaga sehingga dapat bekerja dengan optimal dalam melindungi saluran cerna si Kecil. Dengan jumlah yang tepat, saluran pencernaan si Kecil tak hanya sehat namun juga akan lebih kuat daya tahannya pada gangguan pencernaan.

Masalah pencernaan pada anak-anak umumnya akan berkisar pada infeksi saluran cerna, alergi, diare, dan pola buang air besar yang tidak teratur. Hal ini disebabkan karena kondisi saluran pencernaan kurang terjaga kesehatannya dan terkena bakteri dan virus jahat. Selain itu, ada pula gangguan seperti gastritis serta kolik, yang tentu saja, jika si Kecil menderita gangguan ini ia akan menjadi rewel dan tumbuh kembangnya takkan optimal.

Nah, Mums Juga Perlu Tahu Soal Prebiotik

Karena Probiotik merupakan bakteri baik, artinya organisme hidup, maka bakteri ini memerlukan asupan makanan untuk menjaga kondisi kerjanya. Prebiotik sendiri merupakan zat pada makanan yang tidak dapat dicerna oleh usus si Kecil, namun merupakan makanan utama dari bakteri baik yang ada di bagian pencernaannya. Asupan Prebiotik yang cukup akan membuat kinerja bakteri baik dalam organ pencernaan dapat menjadi baik dan menjalankan perannya secara optimal.

Secara umum, manfaat secara langsung dari Prebiotik tentu adalah asupan makanan utama untuk bakteri baik sehingga organ pencernaan memiliki daya tahan terhadap gangguan yang kuat. Selain itu Prebiotik juga bermanfaat untuk mencegah diare, konstipasi, serta menstimulasi penyerapan mineral seperti misalnya Kalsium dan juga mencegah peradangan pada usus. Ketika bekerja sama, Prebiotik dan Probiotik akan menjadi tameng utama organ pencernaan terhadap bakteri atau virus yang masuk ke organ pencernaan melalui makanan.

Lebih jauh, asupan Prebiotik juga diperlukan untuk mengembalikan jumlah Probiotik yang ada pasca konsumsi antibiotik. Konsumsi antibiotik secara langsung akan membunuh bakteri yang ada di organ pencernaan si Kecil, sehingga jumlah bakteri baik akan menurun juga. Setelah konsumsi obat yang mengandung antibiotik, ada baiknya memberikan si Kecil makanan yang kaya akan Prebiotik.

Jenis Makanan Kaya Prebiotik untuk si Kecil

Jenis makanan yang kaya akan kandungan Prebiotik sendiri sebenarnya adalah yogurt dan kimchi, dua produk fermentasi ini kaya akan kandungan zat tersebut sehingga baik untuk jadi sumber asupan Prebiotik. Namun demikian jika si Kecil belum memungkinkan mengkonsumsi makanan tersebut, Mums dapat juga memberikan sayuran dan buah-buahan, asparagus, pisang hingga produk kacang kedelai dan gandum.

Untuk pemilihan makanannya, Mums dapat menyesuaikan tahapan usia si Kecil. Jangan sampai niat baik memberikan asupan Prebiotik justru menyebabkan si Kecil mengalami gangguan pencernaan karena tekstur makanan yang diberikan terlalu keras. Konsultasikan dengan dokter kepercayaan Mums untuk mendapatkan menu makanan yang terbaik untuk si Kecil.

Selain buah dan sayuran serta bahan makanan yang disebutkan di atas, Mums dapat juga memberikan susu pertumbuhan yang memiliki kandungan Prebiotik untuk si Kecil. Kandungan ini dapat diperiksa pada label di bagian luar kemasan produk susu. Produk susu berkualitas akan mencantumkan kandungan nutrisi yang ada, dan melalui proses minimal namun efektif sehingga kandungan susu sapi yang menjadi bahan utamanya tidak berubah.

Produk susu seperti ini bisa Mums temukan pada Friso Gold 3. Diolah dengan 1 kali proses  pemanasan yang disebut Single Process, membuat kandungan nutrisi alami susu sapi yang menjadi bahan baku pembuatannya tidak berubah. Kandungan nutrisi yang berada dalam kualitas alami ini akan lebih mudah diserap tubuh si Kecil, sehingga tubuhnya mendapatkan asupan nutrisi yang cukup setiap harinya dan membuat si Kecil  kuat dari dalam.

Prebiotik menjadi salah satu kandungan Friso Gold 3 yang sangat bermanfaat untuk mendukung kesehatan organ pencernaan si Kecil dalam rangka proses tumbuh kembang yang optimal. Selain itu, Friso Gold 3 juga mengandung Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, Nukleotida, Zinc, Zat Besi dan Selenium yang juga dapat bermanfaat untuk pembentukan daya tahan tubuh yang kuat. Didukung dengan teknologi Locknutri yang menjaga kualitas alami nutrisi, Friso Gold merupakan pilihan tepat untuk mendampingi setiap fase tumbuh kembang si Kecil yang optimal.