Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Sudahkah si Kecil Mengenal Etika Naik Pesawat?

Sudahkah si Kecil Mengenal Etika Naik Pesawat?

Mum, di usia 3 tahun ini, si Kecil tentu sudah mengenal lebih dekat tentang berbagai alat transportasi yang sering dilihatnya sehari-hari, salah satunya adalah pesawat terbang. Nah, untuk menambah pengetahuannya, yuk bimbing ia untuk belajar tentang etika dan langkah-langkah sebelum naik pesawat terbang yang biasa kita jumpai di bandara. Tidak harus selalu ke sana kok, Mum. Berikut adalah aktivitas yang bisa Mum ikuti untuk mengajarkannya tentang etika naik pesawat terbang sambil bermain di dalam rumah.

Aktivitas Bersama si Kecil

  1. Mulai dengan memberikan penjelasan sederhana kepada si Kecil tentang langkah-langkah yang biasa kita lakukan sebelum menaiki pesawat terbang, misalnya harus check-in, menaruh tas besar di bagasi barang, dan melewati area pemeriksaan.
  2. Saat bercerita, hindari menggunakan kalimat yang terlalu rumit ya, sehingga si Kecil akan lebih mudah menyerap informasi yang diterima. Mum juga bisa menggunakan buku cerita bergambar dengan tema bandara sebagai alat bantu sambil memberikan penjelasan sederhana seperti, “Ini adalah gambar tiket pesawat. Supaya dapat pergi, kamu harus menyerahkan tiket ini kepada petugas di bandara.”
  3. Sekarang, saatnya mengenalkan etika yang baik saat kita berada di pesawat kepada si Kecil. Ayo, ajak ia untuk menonton video animasi “Aman dalam Pesawat Terbang” yang sudah kami siapkan di bagian Info Pendukung Aktivitas.
  4. Sambil menonton, Mum juga bisa memberikan penjelasan tambahan untuknya agar ia dapat semakin mudah memahami videonya, misalnya, “Saat naik pesawat, kamu harus mengenakan sabuk pengaman. Tahu kenapa? Supaya kamu tetap aman selama berada di dalam pesawat.” Jangan lupa, tanyakan juga pendapat si Kecil akan video tersebut, agar Mum bisa mengetahui seberapa jauh si Kecil dapat memahami video yang ditontonnya.
  5. Sambil menonton dan bercerita, ajak Dad juga untuk ikut bermain bersama, ya. Dad bisa merekam raut wajah si Kecil yang penuh rasa ingin tahu atau juga celotehan dan komentar lucu yang ia lontarkan saat menonton video tersebut. Bagikanlah momen keluarga yang berkesan ini melalui halaman Facebook kami di Friso Indonesia dan twitter @FrisoID dengan menggunakan hashtag #FrisoMoments.

Manfaat Bagi Mum

Kegiatan belajar interaktif seperti ini tak hanya ikut melatih kemampuan si Kecil, tapi juga bisa Mum manfaatkan untuk mengamati perkembangan kemampuan si Kecil, mulai dari kognitif hingga bahasanya. Mum, bersiaplah juga untuk terkejut dengan kreativitas dan kecerdasan si Kecil saat ini! Menghabiskan waktu bersama si Kecil memang menyenangkan, ya.

Manfaat Bagi si Kecil

Bagi si Kecil, mendengarkan penjelasan Mum dan berdiskusi bersama amatlah baik untuk mendorong kemampuan berpikir dan membangun rasa percaya dirinya dalam mengutarakan pendapat atau perasaannya kepada orang lain. Lybi Ma, konsultan pendidikan dan editor situs Psychology Today juga mengemukakan bahwa anak yang dibiasakan untuk berpendapat sejak kecil akan tumbuh menjadi pribadi yang lebih percaya diri dan mudah beradaptasi ketika sudah besar nanti. Selain itu, lewat pengenalan tentang etika naik pesawat terbang yang Mum berikan kepadanya, si Kecil pun bisa mulai belajar untuk mengenal tentang pentingnya menaati aturan yang berlaku.

Info Gizi dan Nutrisi

Metode belajar interaktif seperti ini merupakan salah satu cara yang baik untuk mengajak si Kecil belajar mengenai hal-hal baru. Melalui cara ini, beragam info dan pengetahuan akan dapat melekat kuat di otak si Kecil dengan mudah.

Agar proses pembelajaran ini dapat berjalan dengan optimal, tetap berikan ia stimulasi yang tepat untuk perkembangannya, ya. Salah satunya dengan memberikan nutrisi yang tepat untuk mendukung proses tumbuh kembang tubuhnya saat ini. Menu sandwich isi telur dapat menjadi salah satu pilihan untuk menu sarapan si Kecil. Spesialis gizi untuk bayi dan anak, Annabel Karmel mengatakan bahwa bahan makanan yang satu ini merupakan sumber nutrisi yang baik untuk si Kecil. Menurut penulis Superfoods for Babies and Children ini, telur kaya akan Protein (untuk membantu pertumbuhan otot dan sel otak ), Zat Besi (membantu perkembangan otak ), Vitamin A (memelihara daya penglihatan), dan D (membantu pertumbuhan tulang). Kandungan lecithin di dalam telur juga merupakan nutrisi yang penting untuk meningkatkan memori dan kinerja fungsi otaknya.

Selain telur, susu pertumbuhan juga menjadi sumber nutrisi pelengkap yang diperlukan dalam pertumbuhan si Kecil. Sebagai jawaban untuk kebutuhan si Kecil, susu pertumbuhan Friso Gold 3 hadir dengan kandungan protein dan nutrisi kunci lainnya yang lebih mudah dicerna oleh anak. Friso Gold 3 diproduksi dengan konsep Grass to Glass, sehingga nutrisi yang terkandung di dalam susu dapat tetap terjaga kualitasnya setelah melewati proses produksi. Si Kecil pun akan mendapatkan nutrisi yang lengkap sebagai modal dalam mempelajari hal-hal baru di sekitarnya!