Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Tahap Perkembangan Bayi dari 0 sampai 12 Bulan

Tahap Perkembangan Bayi dari 0 sampai 12 Bulan

Tumbuh kembang si Kecil dimulai sejak ia berada di dalam kandungan. Setelah kelahirannya, maka Mums wajib memahami benar apa-apa saja milestones ideal yang diraih si Kecil agar tetap berada dalam titik tumbuh kembang yang tepat. Perkembangan bayi, bisa dilihat sejak usianya 0 (ketika baru lahir) hingga usia 12 bulan, ketika ia sudah bisa diajak bermain dan bercanda secara aktif.

Lalu mengapa hal ini penting?

Selain karena alasan pemahaman pada milestones yang ideal, Mums perlu memahami perkembangan bayi tahap demi tahap agar bisa mendeteksi dengan cepat jika ada yang tidak beres. Tumbuh kembang bayi ideal akan melewati setiap fase tersebut. Ketika ada milestones yang tidak dapat diraih, maka bisa jadi indikasi ada yang salah dan harus segera disikapi.

Untuk membantu Mums melacak ideal atau tidaknya perkembangan bayi, dalam hal ini si Kecil, maka Mums bisa melihat penjelasan sederhana di bawah ini.

Usia 0 sampai 1 Bulan, Sudah Bisa Apa?

Usia 0 sampai 1 Bulan, Sudah Bisa Apa?

Pada tahapan usia ini, biasanya si Kecil akan kehilangan 10% dari total berat badan ketika lahir. Bukan menjadi hal tidak normal yang perlu dikhawatirkan, dalam waktu beberapa minggu ia akan memiliki kembali berat normalnya.

Setelah mendapatkan kembali berat badannya, maka idealnya si Kecil akan bertambah sekitar 30 gram setiap hari. Pada usia 1 bulan, ukuran panjang badan akan bertambah hingga 4 cm, dan lingkar kepala si Kecil juga meningkat sebanyak 2,5 cm. Secara fisik, belum ada perkembangan signifikan kecuali si Kecil sudah bisa membuka mata. Meski terkadang terlihat belum fokus, hal ini masih merupakan hal yang wajar dan normal

Usia 1 sampai 3 Bulan

Secara fisik, berat si Kecil akan bertambah hsekitar 700 hingga 900 gram setiap bulan. Untuk panjang badan si Kecil akan bertambah sekitar 2,5 cm, dan lingkar kepalanya juga bertambah sekitar 1,25 cm setiap bulan.

Nah, mulai pada usia ini, ada beberapa ‘kemampuan’ yang sudah bisa dilakukan si Kecil. Misalnya ia sudah mampu mengangkat kepala dan dada ketika ditengkurapkan, respon pada mata yang sudah dapat mengikuti gerakan benda di depannya, dapat memainkan jemari mungilnya, dan mampu membedakan suara orang yang dikenal dan suara lain. Si Kecil juga sudah dapat diberikan mainan gantung di atas ranjang, untuk merangsangnya membuat gerakan seakan meraih mainan tersebut.

Pada Usia 4 sampai 6 Bulan, Ini Milestone-nya

Pada Usia 4 sampai 6 Bulan, Ini Milestone-nya

Pada rentang usia ini, si Kecil akan memiliki berat badan sekitar dua kali lipat berat lahirnya. Panjang badan bertambah hingga 2,5 cm setiap bulan, dan lingkar kepala akan meningkat ukurannya sampai 1,25 cm setiap bulannya.

Milestones pada usia 4 sampai 6 bulan adalah mampu tersenyum pada orang yang mengajaknya bermain atau berinteraksi, bisa melakukan kontak mata, mampu berguling dari posisi tengkurap ke terlentang, mengeluarkan satu-dua kata meski kurang jelas, mampu duduk dengan dukungan penyangga di punggung, hingga mampu menjejakkan kaki ketika diberdirikan.

Lalu pada Usia 7 sampai 9 Bulan?

Pertambahan berat badan masih cukup signifikan, yakni berada di angka 450 gram setiap bulannya. Untuk panjang badan akan bertambah sebanyak 1,25 cm, dan lingkar kepalanya akan meningkat sebesar 0,6 cm setiap bulan.

Milestone yang perlu dicapai si Kecil adalah kemampuan untuk belajar berdiri dengan berpegang pada suatu objek, mengatakan kata ‘Mama’ atau ‘Papa’ dengan jelas, serta dapat mengangkat sesuatu dengan jari telunjuk dan ibu jarinya (mengingat kekuatan dan kemampuan koordinasi tubuhnya juga semakin meningkat).

Perkembangan Bayi Usia 10 sampai 12 Bulan

Perkembangan Bayi Usia 10 sampai 12 Bulan

Nah, masuk pada tahap terakhir perkembangan bayi di bawah usia satu tahun, tahapan ini adalah tahap dimana si Kecil akan memiliki berat badan hingga tiga kali berat lahirnya. Si Kecil juga akan memiliki panjang tubuh serta lingkar kepala yang bertambah ukurannya sebanyak 0,6 cm setiap bulan.

Untuk milestone perkembangan bayi sendiri ada beberapa yang perlu dipastikan. Di antaranya adalah kemampuan memegang benda kecil (sereal, mainan) dengan jari telunjuk dan ibu jari, mampu berdiri sendiri dan berjalan tanpa bantuan atau pegangan, mampu menunjuk benda yang diinginkan, memberikan respon pada pertanyaan, dan bisa mengemut makanan di dalam mulut.

Baca Juga : Persiapan Ulang Tahun Pertama Si Kecil

Milestone dalam perkembangan bayi di atas tidak kemudian jadi satu keharusan, hanya saja sifatnya adalah acuan. Jadi seiring pertambahan usia, si Kecil akan memiliki kemampuan dan mencapai berat badan, panjang badan, serta lingkar kepala tersebut. Tentu akan ada banyak faktor yang berpengaruh, dan capaian yang tidak tepat pada angka tersebut. Namun selama masih dalam kisaran angka dan kemampuan yang disebutkan, rasanya masih normal dan tidak perlu dikhawatirkan.

Perkembangan bayi juga bergantung pada asupan nutrisi yang didapatkannya. Hingga usia 6 bulan ASI adalah asupan terbaik yang bisa diberikan. Baru setelah usia tersebut Mums bisa mengenalkan MPASI sebagai pendamping ASI. Agar dapat memproduksi ASI berkualitas, Mums juga perlu asupan makanan bernutrisi. Tambahkan juga Frisomum Gold Dualcare+ dalam menu makanan Mums, agar kebutuhan nutrisi harian tubuh Mums bisa terpenuhi dan bisa terus memproduksi ASI berkualitas. Selalu berikan yang terbaik pada si Kecil di setiap fase tumbuh kembangnya, dan lihat ia tumbuh dengan optimal!

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang