Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Tahukah Mums Manfaat Buah Naga sebagai Menu MPASI?

Tahukah Mums Manfaat Buah Naga sebagai Menu MPASI?

Konsumsi buah naga secara reguler diketahui secara luas sangat baik untuk kesehatan. Kandungan nutrisi yang kaya serta rasa yang segar dan tekstur lembut, membuat buah yang satu ini juga dijadikan salah satu pilihan untuk masuk ke dalam menu MPASI si Kecil. Manfaat buah naga, nyatanya, tak hanya dapat dirasakan oleh orang dewasa, namun juga oleh anak-anak pada masa MPASI.

Dalam rangka memenuhi kebutuhan nutrisi harian si Kecil yang terus meningkat seiring bertambahnya usia, Mums perlu memberikan asupan yang juga lebih dari sekedar ASI. MPASI, atau Makanan Pendamping ASI, dapat mulai dikenalkan sejak si Kecil berusia 6 bulan. Namun ingat, pada perkenalan, Mums harus memastikan makanan yang diberikan memiliki tekstur lembut dan mudah dicerna.

Kembali pada manfaat buah naga untuk MPASI si Kecil, Mums dapat melihatnya pada penjelasan di bawah ini.

Mengandung Antioksidan, Kalsium, Fosfor

Sumber : www.freepik.com

Buah naga, dalam perannya sebagai salah satu MPASI, mengandung banyak Antioksidan, Kalsium, dan Fosfor. Ketiga hal ini banyak diperlukan tubuh si Kecil agar dapat membantu mengoptimalkan masa tumbuh kembang. Asupan Antioksidan yang cukup dapat membantu melindungi sel tubuh si Kecil dan menghindari kerusakan.

Kalsium dan Fosfor, seperti mungkin Mums pahami, banyak berperan dalam perkembangan tulang. Memang nutrisi ini bisa didapatkan telur atau susu atau daging, namun untuk MPASI, rasa-rasanya buah naga lebih direkomendasikan karena teksturnya lembut dan tidak akan memberatkan kerja organ pencernaan si Kecil.

Melindungi Kesehatan Jantung dan Mencegah Sembelit

Tahukah Mums Manfaat Buah Naga sebagai Menu MPASI?

Sumber : www.freepik.com

Konsumsi buah naga secara rutin juga dipercaya dapat membantu melindungi dan merawat kesehatan jantung. Pada anak-anak, hal ini akan berdampak baik pada jangka panjang sehingga kelak ketika dewasa ia akan minim resiko penyakit jantung. Bisa jadi ‘investasi’ jangka panjang yang baik untuk si Kecil bukan?

Selain itu kandungan Serat juga menjadi salah satu manfaat buah naga yang bisa dirasakan si Kecil. Kesehatan pencernaan adalah kunci penyerapan nutrisi yang optimal. Serat, dalam hal ini, dapat membantu si Kecil menjaga kesehatan organ pencernaannya. Serat dapat membantu melancarkan gerakan usus dan menjaga kebersihan organ ini.

Sumber Zat Besi, Vitamin A, dan Vitamin C

Tahukah Mums Manfaat Buah Naga sebagai Menu MPASI?

Sumber : www.freepik.com

Bukan berarti karena warna merah yang menyala kemudian buah naga bermanfaat untuk meningkatkan jumlah sel darah merah, namun kandungan Zat Besi di dalamnya yang menjalankan peran ini. Dengan asupan Zat Besi yang tercukupi, idealnya kerja sel darah merah dalam membawa oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh dapat berjalan dengan maksimal.

Selain itu, manfaat buah naga adalah sebagai sumber Vitamin A dan Vitamin C yang sangat diperlukan dalam tumbuh kembang si Kecil. Peran kedua vitamin ini adalah sebagai penunjang terbentuknya sistem kekebalan tubuh yang baik. Vitamin A juga dapat membantu menjaga kesehatan mata serta kulit. Vitamin C, di saat yang sama, juga akan membantu pertumbuhan tulang dan an otot dan pengembangan sirkulasi darah.

Manfaat Buah Naga untuk Saraf dan Ginjal

Tahukah Mums Manfaat Buah Naga sebagai Menu MPASI?

Sumber : www.freepik.com

Terakhir adalah bahwa buah naga sangat bermanfaat untuk saraf dan ginjal. Kandungan Fosfor, Sodium, serta Kalsium yang ada pada buah naga dapat merangsang kesehatan dan pertumbuhan saraf si Kecil. Dengan perkembangan saraf yang ideal, ia akan memiliki kemampuan motorik dan sensorik yang baik.

Untuk ginjal sendiri, buah naga memiliki efek detoksifikasi. Konsumsi buah naga secara rutin dapat membantu si Kecil ‘membersihkan’ tubuh dan membantu ginjal membersihkan bahan kimia yang tidak sengaja masuk ke dalam tubuh. Dengan kerja ginjal yang maksimal, tubuh si Kecil akan bersih dari bahan kimia yang tidak berfungsi dan berdampak buruk.

‘Efek Samping’ Konsumsi Buah Naga

Tenang, efek samping yang akan muncul dari konsumsi buah naga sebagai MPASI bukanlah efek samping yang buruk. Ketika si Kecil diberikan buah naga dalam menu MPASI-nya, maka ketika BAB si Kecil akan mengeluarkan kotoran yang berwarna. Tentu ini bukan hal buruk, ini hanyalah efek sementara karena warna merah yang dimiliki buah naga. Hal ini akan perlahan menghilang ketika Mums memberikan menu MPASI lain untuknya.

Baca Juga : Mums, Begini Cara Melancarkan Pencernaan si Kecil secara Alami

Jika dilihat pada penjelasan di atas, manfaat buah naga ternyata cukup banyak juga. Manfaat ini tak terlepas dari betapa kaya kandungan nutrisi yang ada di dalam buah dengan bentuk unik ini. That’s why, buah naga menjadi salah satu rekomendasi MPASI yang dapat Mums berikan untuk si Kecil guna membantu memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya.

Mengambil setiap manfaat buah naga untuk kebaikan si Kecil bisa Mums lakukan dengan menambahkannya pada menu MPASI. Jangan lupa juga, untuk tetap memberikan asupan ASI pada si Kecil. Konsumsi makanan bernutrisi secara rutin, agar produksi ASI dapat optimal. Kualitas ASI yang baik juga dipengaruhi pola konsumsi makanan yang Mums lakukan, jadi selalu perhatikan kandungan nutrisi dalam makanan yang Mums konsumsi agar dapat memberikan asupan nutrisi terbaik untuk si Kecil. Konsumsi juga Frisomum Gold Dualcare+ untuk membantu memenuhi kebutuhan asupan nutrisi harian Mums ya!