Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Tanda Bayi Tumbuh Gigi, Apa Saja yang Nampak?

Tanda Bayi Tumbuh Gigi, Apa Saja yang Nampak?

Apakah si Kecil tengah dalam tahap MPASI? Apakah usia si Kecil sudah menginjak 6 bulan atau lebih? Dan apakah si Kecil rewel dan menjadi sering menangis? Jika ketiga pertanyaan tersebut jawabannya adalah ya, bisa saja si Kecil tengah mengalami fase tumbuh gigi pertama. Bayi tumbuh gigi, yang bisa dimulai sejak usianya 6 bulan, akan membawa ‘efek samping’ yang cukup menantang untuk Mums hadapi.

Bayi tumbuh gigi sendiri adalah proses alami yang dialami oleh semua anak. Biasanya, usia dimulainya proses in adalah 6 bulan, tepat ketika Mums disarankan mengenalkan MPASI pertama padanya, hingga rentang waktu 9 bulan. Bahkan pada beberapa anak, gigi sudah muncul ketika ia pertama dilahirkan, yang kemudian disebut dengan gigi natal.

Bayi Tumbuh Gigi Hingga Lengkap

Bayi Tumbuh Gigi Hingga Lengkap

Secara ideal, usia 6 sampai 9 bulan adalah usia dimana si Kecil mulai mengalami pertumbuhan gigi pertamanya. Cukup mengganggu memang, tapi hal ini tidak dapat dihindarkan. Seiring berjalannya waktu si Kecil akan dapat beradaptasi dengan ketidaknyamanan yang dialaminya, sehingga ia tak lagi rewel.

Proses pertumbuhan gigi sendiri biasanya akan berakhir menjelang usia si Kecil menginjak 3 tahun atau 36 bulan. Di sini, seluruh susunan gigi susu sudah tumbuh, dan kemudian bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Prosesnya bertahap, mulai dari gigi seri, gigi taring, hingga yang terakhir gigi geraham. Berikut perkiraan prosesnya.

  • Pada usia 6 sampai 13 bulan, gigi seri akan mulai tumbuh (gigi seri depan dan gigi seri kedua).
  • Pada usia 13 sampai 18 bulan, gigi geraham mulai tumbuh.
  • Usia 16 sampai 23 bulan, gigi taring akan muncul.
  • Usia 23 sampai 33 bulan, disusul gigi geraham belakang yang muncul paling akhir.

Well, Mums tidak perlu khawatir rewel dan ‘efek samping’ yang dirasakan si Kecil akan berkepanjangan, karena biasanya dalam tempo waktu beberapa bulan si Kecil mulai terbiasa dengan sensasi tumbuh gigi, sehingga ia bisa beradaptasi dengan baik.

Tanda Bayi Tumbuh Gigi, Cermati ya Mums!

Tanda Bayi Tumbuh Gigi, Cermati ya Mums!

Nah, masuk pada pokok bahasan artikel ini, adalah tanda bayi tumbuh gigi yang muncul dan dirasakan oleh si Kecil. Beberapa tanda ini cukup jelas, sehingga Mums dapat mendampingi si Kecil dan memberikan bantuan untuk meringankan rasa tidak nyaman yang dialaminya.

Produksi Air Liur Berlebih

Bayi tumbuh gigi membuat produksi air liur berlebih, sehingga membuat banyak air liur keluar dari mulutnya. Tentu, untuk mengatasi hal ini Mums dapat menggunakan kain pelapis air liur agar liur yang keluar tidak membasahi pakaiannya.

Produksi air liur berlebih juga sebaiknya terus dibersihkan menggunakan kain lembut agar tidak terlalu sering membasahi bagian dagu. Ketika hal ini terjadi, akan sangat berpengaruh pada kulit dagu dan membuatnya cepat kering. Ujungnya, iritasi kulit akan terjadi pada si Kecil.

Efek lain dari produksi air liur berlebih ketika bayi tumbuh gigi adalah tersedak dan refleks alami untuk muntah. Hal ini terjadi ketika air liur yang diproduksi masuk dan tertelan tanpa si Kecil siap akan hal tersebut.

Si Kecil Banyak Menggigit

Ketika bayi tumbuh gigi biasanya muncul keinginannya untuk menggigit berbagai benda yang ditemui. Mulai dari pakaian, jari Mums, bahkan tak jarang bayi menggigit puting ketika menyusu. Mums dapat memberikannya teether sebagai media gigit yang lebih cocok sekaligus sarana melatih otot rahang akan menjadi lebih kuat.

Efek pada Ketidakstabilan Emosi

Sama seperti orang dewasa, tumbuh gigi pada bayi juga membuatnya merasa tidak nyaman di bagian mulut. Hal ini memicu si Kecil menjadi rewel dan mudah marah. Cukup mengganggu memang, tapi ketidakstabilan emosi ini biasanya tidak berlangsung lama karena akan mereda dengan sendirinya. Hanya pada tahap awal saja hal ini cukup sering terjadi.

Senantiasa Mendampingi si Kecil dan Menjaga Asupan Nutrisi

Senantiasa Mendampingi si Kecil dan Menjaga Asupan Nutrisi

Cara paling tepat untuk menyikapi bayi tumbuh gigi tentu adalah mendampinginya setiap saat dan tetap menjaga asupan nutrisi yang diperlukan setiap hari. Dengan keberadaan Mums di sisinya, si Kecil akan merasa lebih tenang karena efek nyaman yang muncul akibat keberadan Mums.

Selain tetap mendampingi si Kecil, asupan nutrisi juga perlu tetap dijaga. Menjaga kualitas ASI dengan memastikan tubuh Mums juga mendapat asupan nutrisi yang cukup serta menerapkan pola hidup sehat, serta memilih MPASI yang tepat untuk si Kecil akan jadi kunci utamanya.

Baca Juga : Kenali Tanda-Tanda Tumbuh Gigi pada Anak 1 Tahun

Menyikapi bayi tumbuh gigi memang bukan perkara sepele, namun tidak juga berarti Mums harus bersusah payah. Kesabaran dan ketelatenan jadi kunci utamanya. Selalu jaga asupan nutrisi yang dibutuhkan si Kecil dengan penerapan pola hidup sehat ya Mums. Makan makanan bergizi, serta konsumsi susu Frisomum Gold Dualcare+ bisa jadi kombinasi sempurna menjaga asupan nutrisi pada tubuh Mums tetap terjaga, sehingga dapat memproduksi ASI berkualitas. Berikan yang terbaik untuknya, dan selalu dampingi si Kecil di setiap fase tumbuh kembangnya!

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang