Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Tempat TIdur Anak dan Kemandirian? Apa Hubungannya?

Tempat Tidur Anak dan Kemandirian? Apa Hubungannya?

Siapa di antara Mums yang ingin si Kecil lebih mandiri dan berani? Pertanyaan ini akan mendapat jawaban ‘Saya’ hampir dari setiap Mums yang membaca artikel ini, benar bukan? Lalu bagaimana caranya? Sederhana, Mums bisa memulai dari hal kecil dan yang dilakukan si Kecil sehari-hari, yakni tidur. Memberikan tempat tidur anak untuk menggantikan ranjang bayi bisa jadi cara efektif melatih mental dan kemandiriannya.

Dari semua hal yang berhubungan dengan si Kecil, mengapa harus tempat tidur anak? Sederhana. Ketika si Kecil tidur dalam tempat tidur bayi, maka secara tidak langsung pikirannya yang mulai berkembang akan menyadari hal ini. Hak-hak istimewa yang diberikan Mums terhadap si Kecil, yang masih memiliki keyakinan bahwa dia adalah seorang bayi, akan terus diharapkan olehnya.

Pikiran semacam ini yang ingin digeser untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan kemandirian si Kecil. Dengan mengganti tempat tidurnya ke ukuran yang lebih besar, maka secara tidak langsung Mums memberikan tanggung jawab lebih besar padanya. Apalagi jika Mums memberikannya kamar tidur sendiri, kemandirian dan rasa percaya diri akan tumbuh dengan lebih cepat.

Bagaimana jika si Kecil menolak? Well, pertanyaan tersebut juga akan jadi pertanyaan besar. Namun tak perlu kuatir, karena poin-poin berikut bisa menjadi tips yang dapat Mums praktekkan agar si Kecil mau berpindah ke tempat tidur anak yang baru.

Memiliki Adik

Terdengar agak konyol mungkin, namun alasan ini bisa jadi alasan paling kuat yang pernah ada untuk menjadi tips agar si Kecil mau berpindah ke tempat tidur yang lebih besar. Kehadiran adik untuk si Kecil otomatis akan ‘menggeser’ posisinya dari si Kecil yang berhak atas banyak hal, menjadi kakak yang memiliki tanggung jawab tertentu.

Hal ini tidak bisa terjadi secara instan. Mums perlu memberikan pengertian jauh-jauh hari agar si Kecil dapat memproses apa yang akan terjadi, dan sedikit demi sedikit beradaptasi dengan keadaan yang akan dialaminya. Mums juga perlu memberikan motivasi pada si Kecil agar ia mau untuk berpindah tempat tidur, sehingga ia senantiasa memiliki semangat besar untuk melakukan hal tersebut.

Pertumbuhan si Kecil

Seiring berjalannya waktu, tubuh si Kecil akan mengalami pertambahan tinggi dan berat yang signifikan. Terlebih pada usia 3 hingga 6 tahun dimana merupakan masa emas pertumbuhan fisiknya. Secara logis, pertambahan volume dan dimensi tubuh si Kecil tidak akan sesuai lagi dengan ukuran ranjang atau tempat tidur bayi yang dimilikinya sejak kecil.

Untuk inilah si Kecil memerlukan ukuran tempat tidur yang lebih besar. Selain dari sisi keamanan, tempat tidur yang lebih besar juga memberikan ruang gerak yang lebih banyak sehingga tubuh si Kecil bisa benar-benar beristirahat dengan nyaman. Tidak bisa dibayangkan bukan, ketika si Kecil sudah tumbuh tinggi namun harus tidur dengan posisi tidak nyaman di ranjang bayi mungil miliknya?

Lakukan Bertahap

Meski si Kecil adalah pembelajar yang sangat handal, dianjurkan untuk memberikan pelajaran dalam waktu yang teratur. Artinya, Mums bisa saja mengajari si Kecil untuk tidur di ranjang barunya sekaligus mengajarkan ke kamar mandi sendiri untuk buang air. Akan sangat lebih praktis memang. Namun demikian mental si Kecil biasanya akan kesulitan menerima beberapa hal terkait kemandirian yang diberlakukan sekaligus.

Bagaimanapun juga, si Kecil selalu menjadi individu paling diperhatikan di rumah. ‘Pengangkatan’ hak istimewanya dianjurkan dilakukan secara bertahap. Misalkan dengan satu bulan pembiasaan tidur sendiri di ranjang baru, kemudian bulan berikutnya pembiasaan buang air secara mandiri, dan seterusnya dan seterusnya. Jika dilakukan secara bertahap, si Kecil idealnya dapat menerima dan menerapkan setiap hal baru tersebut dengan lebih baik.

Berikan Hadiah

Untuk memberikan motivasi untuk si Kecil, Mums juga bisa memberikan hadiah ketika ia berhasil tidur di ranjang baru atau di kamarnya sendiri. Tidak perlu hadiah yang besar, katakanlah sekedar kue atau masakan yang paling ia sukai. Hal ini bisa jadi pendorong yang baik untuk memberikan motivasi dan menjaganya tetap dalam tingkat yang diinginkan.

Mengajarkan dan membiasakan kemandirian perlu dilakukan sejak dini. Disamping hal tersebut sangat esensial pada kehidupannya kelak, kemandirian yang diajarkan secara laten dan berkesinambungan dampaknya bisa lebih efektif pada pembentukan karakter si Kecil.

Tempat tidur anak untuk si Kecil mungkin hanya satu dari banyak cara lain mengajarkan kemandirian. Jangan lupa, proses tersebut memerlukan nutrisi yang cukup agar kecerdasan si Kecil juga dapat berkembang dengan baik dan menerima berbagai hal baru. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya, Mums bisa memberikan Friso Gold 4 dengan teknologi Locknutri. Dengan teknologi ini, kualitas alami nutrisi akan terjaga dan lebih mudah diserap tubuh si Kecil. Hal tersebut akan membantu si Kecil agar kuat dari dalam.

Jika Mums memerlukan konsultasi, Mums bisa secara langsung menghubungi Ahli Nutrisi Alami Friso di situs resminya dengan fitur live chat. Pastikan Mums sudah melakukan registrasi sebelumnya, ya!

Selamat! Mums beruntung berkesempatan mendapatkan Free Sample dari Friso!

Daftar Sekarang