Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

shutterstock-429327859_9RC9t4kRiC

Tips Aman dan Nyaman Bepergian Jauh di Trimester 3 Kehamilan

Apa saja yang perlu diperhatikan sebelum melakukan perjalanan jauh saat hamil tua? Berikut infonya, Mum.

Menurut info dari dokter kandungan, trimester kedua kehamilan adalah saat terbaik bagi Ibu hamil untuk melakukan perjalanan jauh.  Akan tetapi, bukan berarti Mum tidak boleh bepergian jauh ketika usia kandungan Mum sudah memasuki trimester ketiga. Selama kesehatan ibu hamil selalu Mum perhatikan dengan baik, boleh-boleh saja kok, Mum melakukan perjalanan jauh.

Nah, agar perjalanan yang Mum lakukan di trimester ketiga tetap aman dan nyaman, simak beberapa tips melakukan perjalanan jauh saat hamil tua berikut, yuk!

Aktivitas yang bisa dilakukan

1.Konsultasi Pada Dokter Kandungan Terlebih Dulu

Supaya perjalanan jauh yang Mum lakukan tidak berdampak negatif pada kesehatan kehamilan dan perkembangan janin dalam kandungan, pastikan Mum berkonsultasi pada dokter kandungan terlebih dulu. Dengan berkonsultasi, Mum akan lebih tahu seberapa siap kondisi fisik Mum untuk melakukan perjalanan jauh. Tak hanya itu, Mum juga bisa mendapatkan beberapa saran penting dari dokter, seperti rekomendasi rumah sakit dan dokter kandungan di tempat tujuan untuk berjaga-jaga, cara untuk mengurangi ketidaknyamanan yang muncul selama perjalanan, dan sebagainya.

2.Bawa Prenatal Record

Tips berikutnya, bawalah prenatal record Mum. Meski sepele, hal ini bisa jadi akan sangat Mum butuhkan, lho. Dokumen berisi riwayat kesehatan kehamilan dan tumbuh kembang janin ini akan memandu dokter kandungan di rumah sakit tempat tujuan untuk mengambil tindakan bila terjadi sesuatu pada kandungan Mum.

Selain membantu Mum mendapatkan tindakan medis sesegera mungkin dari dokter di tempat tujuan, membawa prenatal record juga membuat Mum terhindar dari biaya telepon yang mahal karena harus mengontak dokter kandungan tempat Mum biasa berkonsultasi.

3.Pilih Transportasi Yang Paling Aman Dan Nyaman

Selanjutnya, Mum juga disarankan untuk memilih moda transportasi yang paling aman dan nyaman. Terlebih bila perjalanan yang Mum lakukan memakan waktu cukup lama.

Bila Mum memilih jalur darat, ingatkan Dad untuk menghindari jalanan jelek dan berlubang ya. Dengan begini, baik Mum maupun si Kecil akan terhindar dari ketidaknyamanan akibat getaran-getaran kuat yang mengganggu. Selain itu, usahakan juga untuk lebih sering berhenti di rest areaagar Mum bisa beristirahat dan melakukan peregangan. Hal ini membantu peredaran darah di tubuh senantiasa lancar, sehingga Mum terhindar dari kram yang mengganggu. Jika Mum mudik dengan pesawat, pastikan Mum tidak lupa membawa surat keterangan dari dokter yang menjelaskan bahwa Mum masih boleh mengikuti penerbangan. 

4.Kenakan Pakaian Yang Nyaman

Supaya Mum senantiasa nyaman selama di perjalanan, kenakan pakaian yang tepat. Mengingat kini Mum mulai mudah merasa gerah, pastikan pakaian yang dikenakan terbuat dari bahan yang mampu menyerap keringat dengan baik serta memungkinkan sirkulasi udara di sekitar tubuh Mum berlangsung lancar, seperti katun. Selain itu, agar kaki Mum tidak mudah lelah dan pegal, pilihlah sandal tanpa hak (flat shoes) sebagai alas kaki Mum selama perjalanan.

5.Bawa Bekal Makanan

shutterstock-452037955_0qlO6E7R29

Sedang berada di perjalanan bukan berarti Mum tidak bisa memberikan nutrisi untuk si Kecil sebaik hari-hari biasanya. Mum tetap bisa kok, memastikan tubuh Mum dan janin dalam kandungan mendapatkan asupan nutrisi terbaik. Salah satu caranya yaitu dengan membawa bekal makanan, Mum.

Sebagai bekal mudik, Mum bisa membawa pisang, roti gandum, kroket isi daging dan sayuran, cokelat, serta sereal. Asupan-asupan ini tak sekadar membantu Mum mengusir rasa lapar yang datang lebih sering, tetapi juga sekaligus membantu Mum tetap bugar selama di perjalanan.

6.Pastikan Tubuh Tetap Terhidrasi

Mum juga perlu memastikan tubuh senantiasa terhidrasi dengan baik selama di perjalanan. Selain bertujuan untuk menghindarkan Mum dari rasa lelah berlebih, hal ini juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya penggumpalan darah, kontraksi rahim, dan risiko sembelit, Mum.

Menurut dokter kandungan, selama masa kehamilan, setiap Ibu membutuhkan setidaknya 10 gelas air per hari untuk memastikan tubuhnya dan janin dalam kandungannya terhidrasi dengan baik. Disamping mengonsumsi air putih, Mum bisa mengonsumsi buah-buahan kaya cairan seperti apel, jeruk, belimbing, dan sebagainya. Jadi, kebutuhan cairan harian tubuh tetap terpenuhi, tanpa membuat Mum merasa bosan.

7.Sediakan Bantal Kecil Untuk Menyangga Punggung

shutterstock-610031780_BeLZ70Ksf6

Mum tentu tak ingin ya, perjalanan mudik yang Mum lakukan jadi tak menyenangkan karena beberapa bagian di tubuh Mum terasa pegal? Oleh sebab itu, membawa bantal kecil untuk menyangga anggota tubuh selama di perjalanan menjadi tips mudik yang tak boleh luput dari perhatian, Mum.

Letakkan bantal kecil untuk menopang bagian tubuh yang rawan pegal seperti leher, pinggang, atau punggung. Jika dirasa perlu, Mum boleh lho, membawa lebih dari satu bantal. Dengan begini, baik duduk maupun berbaring, Mum akan senantiasa nyaman dan bisa terhindar dari rasa pegal.

Nah, itulah tujuh tips aman dan nyaman melakukan perjalanan jauh di trimester ketiga kehamilan. Semoga tips ini bermanfaat dan bisa membantu menjaga kesehatan ibu hamil selama di perjalanan, ya.

O iya, supaya Mum tetap sehat dan janin dalam kandungan pun tumbuh kuat, usahakan untuk tetap rutin mengonsumsi susu ibu hamil selama di perjalanan. Terkait hal ini, Frisomum Gold bisa menjadi pilihan. Mengandung Asam Folat, ALA, LA, Nukleotida, Kalsium, dan Zat Besi, Friso Mum Gold tak hanya membantu memenuhi kebutuhan nutrisi Mum selama hamil dan menyusui, tetapi juga membantu mengoptimalkan perkembangan janin dengan memperkuat dan melindungi tubuhnya dari dalam.  

Akhirnya, jaga kesehatan sepanjang perjalanan ya, Mum!