Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Tips Cara Menghilangkan Bosan Saat Belajar Di Rumah

Tips Cara Menghilangkan Bosan Saat Belajar Di Rumah

Liburan mungkin jadi saat yang menyenangkan bagi anak-anak. Tidak perlu ke sekolah, tidak perlu bertemu guru, dan tidak perlu bangun pagi untuk berangkat ke sekolah. Mungkin ini yang dirasakan anak-anak ketika beberapa hari pertama menjalani school from home. Tapi tentu saja, seiring berjalannya waktu, rasa bosan akan muncul pada si Kecil. Lalu bagaimana cara mengatasi bosan ini?

Aktivitas belajar dari rumahmemang memberikan tantangan yang besar, baik pada si Kecil atau pada Mums sebagai pendamping belajarnya. Rutinitas yang monoton, pemandangan yang itu-itu saja, serta kurangnya interaksi fisik antara si Kecil dan teman-temannya akan membuat proses belajar cepat menjadi membosankan. Kebosanan ini yang harus disikapi dengan baik, agar si Kecil kembali bersemangat untuk belajar.

Nah, beberapa cara menghilangkan bosan ini semoga bisa jadi cara yang ampuh untuk dicoba.

Cara Menghilangkan Bosan dengan Memasak Bersama

Cara Menghilangkan Bosan dengan Memasak Bersama

Pernahkah terpikir oleh Mums melibatkan si Kecil dalam menyiapkan makanan? Memasak bersama bisa jadi kegiatan yang sangat menyenangkan dan mengembalikan mood si Kecil dengan cepat lho. Selain bisa memperkenalkan si Kecil pada satu pekerjaan rumah, si Kecil juga bisa belajar berkreasi dengan mengenal rasa dan nama bahan makanan yang digunakan.

Cara menghilangkan bosan ini memang memerlukan waktu yang tidak sebentar, dan mungkin bisa Mums lakukan ketika waktu istirahat kelas. Ajak si Kecil membuat jajanan atau makanan ringan yang bisa langsung dikonsumsinya. Mums akan melihat ia berseri-seri ketika memakan makanan hasil dari memasak bersama Mums.

Project Tambahan untuk Prakarya dan Kerajinan Tangan

Untuk si Kecil yang sudah bersekolah di sekolah dasar, tentu Mums akan menemui pelajaran keterampilan atau kerajinan tangan. Pelajaran ini adalah tempat si Kecil dilatih kreativitasnya, dan ditugaskan membuat berbagai karya dengan alat dan bahan yang sudah ditentukan. Project yang diberikan oleh tenaga pengajar biasanya juga sudah cukup detail penjelasannya.

Nah, agar tidak bosan, Mums bisa mengajak si Kecil untuk mengerjakan project tambahan selain dari yang diberikan oleh tenaga pengajar. Misalnya, memodifikasi hasil kerajinan tangan yang sudah dibuat setelah kelas selesai. Selain bisa membantu menyegarkan pikiran, Mums juga bisa turut mengasah keterampilan si Kecil. Tapi ingat, jangan sampai mengambil alih project yang dikerjakan si Kecil. Berikan bantuan secukupnya dan biarkan ia memecahkan masalah dan berkreasi dengan caranya sendiri.

Olahraga sebelum Mengikuti Kelas

Olahraga sebelum Mengikuti Kelas

Bosan akan muncul ketika kegiatan yang dilakukan monoton dan tidak ada variasi. Jadwal yang disiplin memang perlu, namun Mums juga wajib memberikan variasi dan kegiatan baru yang bisa membuat si Kecil tetap bersemangat. Salah satunya adalah olahraga sebelum mengikuti kelas.

Ketika bangun di pagi hari, sebelum mandi dan beraktivitas, ajak si Kecil berolahraga ringan. Bisa dengan melakukan peregangan, atau mungkin gerakan-gerakan yoga sederhana. Jika memungkinkan, ajak si Kecil menari dan bernyanyi di pagi hari. Hal ini bisa membuat mood si Kecil menjadi lebih baik, sehingga ia bisa menjalani hari dengan penuh semangat.

Beganti Spot Belajar

Cara menghilangkan bosan berikutnya adalah dengan rutin mengganti tempat belajar untuk si Kecil. Ketika belajar, ia akan menghadapi gadget, entah itu berupa laptop atau smartphone, jadi sebenarnya si Kecil tidak terpaku pada satu titik saja. Secara rutin, ajak diskusi si Kecil untuk menentukan tempat belajar berikutnya.

Jadi misalnya hari Senin di kamar si Kecil, kemudian hari berikutnya di ruang tengah, dan seterusnya. Pergantian spot ini bisa memberikan pemandangan baru yang baik untuk menyegarkan pikiran. Yang harus diingat adalah agar selalu menjaga tempat belajar yang tengah digunakan si Kecil tetap kondusif, sehingga ia tidak terpapar banyak distraksi.

Ingat untuk Tetap Sabar

Ingat untuk Tetap Sabar

Terakhir, sebenarnya bukan masuk pada cara menghilangkan bosan seperti poin-poin sebelumnya, namun lebih kepada pesan untuk Mums. Menjaga emosi tetap pada batas aman juga menjadi kunci keberhasilan belajar si Kecil yang harus dilakukan di rumah. Dengan suasana rumah yang tetap hangat dan kondusif, si Kecil bisa leluasa belajar.

Memang akan banyak hal yang membuat Mums terpancing emosinya, karena adaptasi yang harus dilakukan sebagai satu rutinitas baru. Namun, sebagai orang tua Mums juga tetap harus fokus pada tumbuh kembang si Kecil. Meski memang kegiatan sekolah dari rumah ini belum ditentukan batas akhirnya, dukungan moral dan semangat yang Mums berikan akan membawa pengaruh baik untuk proses belajar si Kecil.

Baca Juga : Bagaimana Menghadapi Balita yang Suka Berteriak?

Belajar di rumah memang menjadi tantangan baru yang harus dihadapi oleh setiap orang yang ada di rumah, Mums, si Kecil, dan orang terdekat lainnya. Mengetahui dan mencoba cara menghilangkan bosan akan sangat direkomendasikan agar pembelajaran bisa berjalan kondusif. Untuk mendukungnya belajar lebih optimal, berikan asupan nutrisi yang cukup dari makanan dan minuman. Lengkapi kebutuhan nutrisi hariannya dengan Friso Gold 4, dengan teknologi Locknutri yang menjaga kualitas alami nutrisi sehingga mudah dicerna tubuh si Kecil. Selalu dampingi si Kecil dalam proses belajarnya, dan lihat ia tumbuh pintar!

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang