Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Tips dan Cara Mengenalkan Susu Sapi kepada Anak

Tips dan Cara Mengenalkan Susu Sapi kepada Anak

Asupan nutrisi anak harus terpenuhi dengan baik, karena ini akan membantu proses tumbuh kembang si kecil. Untuk memenuhi nutrisi si kecil, susu salah satu asupan yang bisa dikonsumsi.

Susu sapi sendiri merupakan salah satu sumber kalsium yang membantu membangun tulang dan gigi yang kuat pada si kecil. Susu juga mengandung protein dan karbohidrat untuk mendukung pertumbuhan dan memberi energi saat beraktivitas.

Kapan Anak Boleh Minum Susu Sapi?

Pada anak usia di bawah satu tahun, ASI menjadi makanan terbaik bagi tumbuh kembang. Selain karena kandungan nutrisinya, ASI merupakan satu-satunya makanan yang bisa dicerna dengan baik oleh sistem pencernaan bayi yang belum optimal.

Oleh karena itu bayi tidak dianjurkan untuk makan apa pun di luar ASI, meskipun itu adalah susu sapi. Susu sapi sendiri mengandung konsentrasi protein dan mineral yang tinggi yang bisa membebani kerja ginjal yang belum sepenuhnya optimal.

Karenanya Mums baru boleh mengenalkan susu sapi setelah anak berusia lebih dari satu tahun. Di usia ini, sistem pencernaan anak mulai menuju kematangan dan sudah siap untuk menerima makanan lain yang lebih padat. Usia satu tahu ke atas juga merupakan puncak pertumbuhan dan perkembangan otak anak.

Dengan demikian, si kecil membutuhkan tambahan susu sapi untuk mendapatkan kalori dan lemak yang lebih banyak.

Cara Mengenalkan Susu Sapi kepada Anak

a. Tunggu hingga anak berumur lebih dari 1 tahun

Susu sapi memiliki kandungan yang lebih berat dari ASI. Kandungan yang lebih berat ini membuat susu sapi jadi lebih sulit untuk dicerna oleh pencernaan si kecil yang masih sensitif. Kadar protein dan mineral yang tinggi pada susu murni juga dapat membebani ginjal bayi hingga berisiko menyebabkan penyakit.

Sebaiknya tunggu hingga usia si kecil lebih dari 1 tahun, ketika sistem pencernaannya sudah sepenuhnya berkembang. Usia satu tahun ke atas adalah puncak pertumbuhan dan perkembangan otak anak, sehingga mereka membutuhkan tambahan susu sapi untuk mendapatkan kalori dan lemak yang lebih banyak.

b. Tentukan jenis susu

Sebelum mulai memberi susu murni ke bayi, konsultasikan jenis susu yang ingin Anda berikan kepada dokter anak.

Jika ternyata si kecil memiliki alergi susu sapi atau intoleran laktosa, maka kemungkinan Anda perlu mengganti susu murni dengan susu kedelai. Atau jika bayi memiliki berat badan di atas rata-rata anak seusianya, Anda juga bisa memberinya susu rendah lemak.

c. Mulai perlahan

Susu murni memiliki rasa yang kurang manis jika dibandingkan dengan ASI, sehingga awalnya si kecil mungkin akan menolak saat diberi susu murni. Untuk itu, Anda bisa memberi susu murni secara perlahan.

Mulailah dengan membiarkannya mencicipi sedikit, jika ia menolak maka jangan paksa dan coba lagi di lain kesempatan. Ketika lama-kelamaan bayi mulai terbiasa dengan rasanya, barulah Anda bisa perlahan menambah jumlah susu murni yang diberikan.

d. Campur dengan makanan

Untuk membuat bayi terbiasa dengan susu murni, Anda bisa mencampurkan susu murni dengan hidangan favoritnya seperti bubur, smoothie, atau sereal. Dengan begitu ia akan belajar terbiasa dengan susu murni tanpa menyadarinya.

e. Berikan alternatif

Jika segala cara sudah dilakukan tapi si kecil masih menolak minum susu murni, maka Anda bisa memberinya makanan kaya kalsium lain sebagai alternatif, seperti yogurt dan keju.

Tips agar anak mau minum susu

  • Tetap tenang dan jangan memaksa di Kecil mau minum susu.
  • Di tahap awal berikan susu dalam gelas kecil (60-125 ml) bersama cemilan atau makanan kecil.
  • Berikan contoh dengan Ibu minum susu di depan si Kecil.
  • Taruh susu dalam gelas yang lucu dan berwarna-warni, atau gunakan sedotan yang lucu.
  • Sajikan susu dalam temperatur yang pas, tidak terlalu panas atau terlalu dingin.
  • Berikan rasa buah-buahan yang disukai di Kecil atau tambahkan cokelat, vanila dan strawberry.
  • Buatkan susu cokelat yang biasanya disukai anak-anak.
  • Jika makan di luar, pesankan minuman susu cokelat atau rasa lain yang disukai si Kecil

Kriteria Peternakan Sapi yang Berkualitas

Susu sapi yang berkualitas berasal dari peternakan sapi yang baik dan diolah dengan proses yang efektif sehingga segala nutrisi dan manfaat alaminya bisa sampai ke tangan Mums seutuhnya. Ada beberapa standar peternakan sapi agar bisa menghasilkan susu sapi yang juga berkualitas.

a. Peternakan Berada Di Lokasi yang Strategis

Lokasi memegang peranan penting dalam menciptakan peternakan yang baik dan memiliki standar tinggi. Mungkin Mums masih berpendapat bahwa lokasi peternakan bisa di mana saja, asal ada tanah yang lapang dan beberapa ratus ekor sapi, maka tempat itu dapat disebut peternakan. Namun demikian lokasi peternakan yang baik memiliki kriteria yang ketat.

Namun demikian idealnya, lokasi harus jauh dari hingar bingar aktivitas masyarakat perkotaan. Kebisingan yang terjadi dapat mengganggu sapi yang dimiliki sehingga beresiko menimbulkan stres. Selain itu, lokasi juga diwajibkan memiliki kualitas udara yang baik guna memberikan sapi suplai oksigen yang optimal. Kondisi yang tenang dan dapat dikatakan asri ini dapat meningkatkan kualitas hidup sapi sehingga dapat memproduksi susu sapi yang bernutrisi yang berkualitas tinggi.

b. Air Berkualitas untuk Sapi yang Ada Di Peternakan

Selain udara dan lokasi, yang tidak kalah penting dari praktek peternakan yang baik adalah kondisi air yang dimiliki peternakan tersebut. Tidak sedikit peternakan yang masih menggunakan air dengan upaya pemurnian kimiawi. Padahal, zat kimia yang ditambahkan dapat berdampak buruk pada kesehatan sapi dan susu sapi yang diproduksinya.

Air yang ideal untuk peternakan sapi yang baik adalah air yang berasal dari mata air asli. Selain terjamin kemurniannya, air yang berasal dari mata air ini juga memiliki kandungan mineral alami yang diperlukan sapi untuk hidup, tumbuh dan berkembang. Air yang murni tanpa penambahan bahan kimia dapat mendukung tingginya kualitas hidup sapi yang ada di peternakan tersebut.

c. Rumput Bebas Tambahan Bahan Kimia

Selanjutnya masuk pada variabel ketiga, yakni pakan ternak. Masih sangat sering dijumpai pakan ternak yang dicampuri dengan tambahan bahan tertentu agar sapi dapat memproduksi susu sapi atau daging dengan lebih maksimal. Padahal penambahan bahan kimia tersebut justru dapat menurunkan kualitas produk peternakan sapi yang dimiliki secara keseluruhan.

Rumput yang menjadi pakan sapi pada peternakan sapi perah terbaik merupakan rumput alami yang tidak mendapat sentuhan bahan kimia sama sekali, baik pada penambahan nutrisi ataupun pada penumbuhan rumputnya. Kemurnian rumput alami ini memerlukan perlakuan khusus dari peternakan, sehingga rumput dapat terus tumbuh dan menjadi bahan makanan alami untuk sapi yang dimiliki.

d. Peternakan yang Ramah Lingkungan

Seperti yang Mums ketahui, apapun yang kini ada dan beroperasi diupayakan memiliki konsep ramah lingkungan demikian juga pada peternakan, praktek peternakan ramah lingkungan kini tengah digalakkan. Tujuannya sederhana, agar peternakan sapi dapat terus melakukan kegiatan produksi tanpa harus membawa dampak buruk pada lingkungan di mana peternakan tersebut berada. Dengan konsep peternakan ramah lingkungan, tak hanya peternakan yang diuntungkan namun juga lingkungan sekitar.

Praktek ini bisa dimulai dengan memaksimalkan sumber daya yang dimiliki dan melakukan pengelolaan dengan efektif. Limbah yang diproduksi kemudian diolah kembali menjadi komoditas lain yang masih dapat digunakan, sehingga limbah akhir yang diproduksi peternakan tersebut mendekati nihil. Kadar limbah yang minimal ini memungkinkan kondisi lingkungan pulih secara alami seiring berjalannya waktu.

e. Merawat Sapi secara Profesional

Tentu yang terakhir dan tidak kalah penting adalah perlakuan pada sapi yang berada di peternakan sapi tersebut. Sapi yang bahagia akan memproduksi susu sapi yang berkualitas dan bernutrisi. Sapi yang bahagia harus memiliki lingkungan hidup yang ideal, mulai dari kualitas udara, kualitas air, kualitas pangan hingga ruang terbuka yang dapat menjadi tempat hidup yang baik.

Keberadaan ruang terbuka ini sangat penting demi menjaga kondisi mental sapi-sapi yang ada. Sapi yang rileks idealnya menghasilkan susu sapi yang lebih berkualitas daripada sapi yang mengalami stres. Ini mengapa, sapi cenderung diupayakan mendapatkan banyak waktu berada di luar ruangan agar metabolismenya dapat berjalan sealami mungkin.

Selain memastikan si kecil mendapat asupan nutrisi dari susu sapi, Mums bisa memberikan susu Friso Gold 3 sebagai pelengkap nutrisi untuk si kecil. Dengan teknologi Locknutri, kualitas alami nutrisi akan terjaga dan lebih mudah diserap tubuh si Kecil. Ini akan membantu si Kecil agar kuat dari dalam serta mampu terhindar dari resiko gangguan saluran pencernaan.

Teknologi Locknutri memastikan kualitas protein alami di dalam susu selalu terjaga. Protein alami sendiri lebih mudah dicerna, sehingga dapat mencegah si Kecil mengalami rasa tidak nyaman di perut. Tak hanya itu, Protein juga berperan penting dalam perkembangan otot dan otak si Kecil, sehingga dapat memengaruhi kemampuan fisik dan kognitifnya.

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang