Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Tips dan Trik Mengajari Anak Menulis, Menyenangkan dan Seru Lho Mums!

Tips dan Trik Mengajari Anak Menulis, Menyenangkan dan Seru Lho Mums!

Membaca dan menulis mungkin jadi kemampuan paling dasar ketika si kecil menginjak usia taman kanak-kanak atau sekolah dasar. Tidak jarang, lembaga pendidikan juga memberikan syarat kemampuan kedua hal tersebut agar dapat masuk ke lembaga tersebut. Di sinilah peran Mums masuk, untuk mengajari anak menulis dan membaca agar menguasai 2 kemampuan dasar tersebut.

Pada artikel ini sendiri, akan difokuskan pada tips dan trik jitu dalam membimbing dan mengajari anak menulis. Kemampuan menulis pada diri si Kecil tidak serta merta muncul, namun harus dirintis benar-benar sejak dini. Menulis diawali bahkan sejak si Kecil mulai bisa memegang alat tulis dan membuat satu ‘karya’ unik pada lembar kertas atau media lainnya.

Untuk lebih rinci, Mums bisa menyimak uraian di bawah ini.

Awal Mula Kemampuan Menulis

Menulis adalah satu gerakan yang tergolong tingkat lanjut untuk si Kecil. Bagaimana tidak, gerakan ini harus dilakukan dengan melibatkan koordinasi mata dan tangan yang baik. Selain itu, juga melibatkan kontrol pada kekuatan tangan serta gerakan pergelangan tangan yang piawai.

Sebelum dilatih menulis, Mums bisa memberikan latihan dasar untuk menggunakan kedua tangannya. Permainan kecil seperti memasukkan blok ke dalam bentuk yang tepat, memegang sendok atau alat makan, memegang buah, menggerakkan mobil-mobilan, dan gerakan lain yang melatih kekuatan tangannya.

Koordinasi Tangan dan Mata

Ketika si Kecil mulai lancar dan piawai dalam menggerakkan tangannya, Mums bisa berlanjut ke tahap berikutnya. Tahap selanjutnya adalah latihan lempar tangkap bola. Tapi apa hubungannya? Permainan lempar tangkap bola akan merangsang koordinasi tangan dan mata si Kecil dalam menangkap bola. Selain itu ketika melempar, otot tangan si Kecil juga akan terlatih dan terangsang pertumbuhannya.

Agar lebih mengasyikkan, lakukan permainan ini di area halaman rumah. Halaman rumah yang luas dan lapang akan memberikan udara segar yang baik untuk si Kecil serta nuansa berbeda dari dalam rumah.

Coretan, Coretan, Coretan!

Akan tiba masanya si Kecil mulai tertarik pada alat tulis, dan Mums akan direpotkan dengan keinginan si Kecil mencoretkan alat tulis yang dipegangnya pada semua bidang yang ditemui. Mungkin sedikit merepotkan, namun ini merupakan latihan dasar si Kecil dalam menulis.

Coretan abstrak yang dibuat si Kecil pada berbagai media dapat membantunya mewujudkan imajinasi. Well, jika Mums tidak ingin kerepotan membersihkan coretan si Kecil pada dinding atau baju, sebaiknya Mums selalu menyediakan media untuk si Kecil berkarya ya!

Trik lain untuk mengakomodir keinginan si Kecil mencoret-coret adalah membawanya ke area taman, pada permainan bak pasir. Di sini Mums bisa mengarahkan si Kecil untuk membuat gambar, coretan, atau apapun pada pasir yang tersedia. Gunakan batang kayu atau tongkat yang dibawa dari rumah agar si Kecil terhindar juga dari bakteri jahat.

Bentuk Huruf

Semakin sering si Kecil melakukan coretan di berbagai media maka si Kecil juga akan semakin cepat mahir mengkoordinasikan gerak tangan dan mata, serta mengontrol gerakannya. Ini saat yang tepat untuk mengenalkan si Kecil pada bentuk huruf dan angka, sehingga ia dapat mulai mendapat gambaran mengenai karakter yang akan digunakannya.

Setelah ditunjukkan pada bentuk huruf dan angka, Mums bisa memberikan tantangan untuknya meniru beberapa huruf yang sederhana. Misalnya membuat huruf ‘O’, atau mungkin huruf ‘I’. Karakter ini merupakan karakter dasar yang sangat baik digunakan untuk berlatih karena memiliki dua unsur utama, yakni garis lurus dan garis lengkung.

Latihan dengan Melibatkan Berbagai Media

Jika si Kecil telah dapat menduplikasi beberapa huruf dan mulai dapat membuatnya dengan lancar, terus rangsang si Kecil dengan latihan tersebut hingga ia menguasai setiap huruf yang ada. Langkah selanjutnya adalah dengan mempraktekkan latihan ini sambil melihat benda yang ada di sekelilingnya.

Latihan yang satu ini sebenarnya akan lebih optimal jika Mums bisa membawanya berjalan-jalan. Sedikit repot memang, namun dengan begini si Kecil akan merasakan suasana belajar yang segar, santai serta nyaman. Selalu upayakan poin terakhir ya Mums, karena si Kecil akan lebih cepat belajar ketika ia merasa nyaman.

Lakukan latihan menulis dengan mengenalkan kata benda yang dilihatnya, perlahan mulai dari menulis, mengeja hingga membaca. Kedua kemampuan ini biasanya akan tumbuh berdampingan dan saling dukung sehingga ketika si Kecil mahir dalam menulis biasanya ia juga akan mahir membaca.

Mengajari anak menulis dan membaca memang perlu ketelatenan dan keuletan tinggi. Selain si Kecil benar-benar memulai dari nol, tidak jarang Mums juga harus berhadapan dengan konsentrasi si Kecil yang mudah teralihkan. Untuk membantu hal ini, Mums bisa memberikan asupan nutrisi yang cukup guna merangsang perkembangan otak dan konsentrasi si Kecil. Berikan Friso Gold 4 sebagai asupan nutrisi harian si Kecil. Dengan teknologi Locknutri, kualitas alami nutrisi akan terjaga dan lebih mudah diserap tubuh si Kecil. Ini akan membantu si Kecil agar kuat dari dalam dan bisa belajar dengan optimal. Oia Mums, jangan lupa untuk berkonsultasi langsung dengan Ahli Nutrisi Alami Friso (ANA) melalui situs resmi Friso jika Mums punya pertanyaan seputar nutrisi si Kecil.

Selamat! Mums beruntung berkesempatan mendapatkan Free Sample dari Friso!

Daftar Sekarang