Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Tips Liburan Anak Tanpa Rewel dan Tetap Seru [5 Tips Ampuh]

Tips Liburan Anak Tanpa Rewel dan Tetap Seru [5 Tips Ampuh]

Liburan anak dapat menjadi salah satu alternatif kegiatan bersama melepas penat, sekaligus mempererat hubungan di dalam keluarga kecil Mums. Mengikutsertakan setiap anggota keluarga termasuk si Kecil, menjadi hal yang wajib, agar waktu yang dilewati menjadi semakin seru. Namun bagaimana caranya untuk mengantisipasi si Kecil yang rewel ketika di perjalanan dan di tempat tujuan?

Mungkin Mums pernah membaca dan menemukan beberapa tips untuk mengajak si Kecil liburan tanpa rewel. Satu dan berbagai sumber dapat berkata hal yang berlainan. Nah, agar tidak bingung, dalam artikel ini akan disampaikan beberapa tips yang bisa Mums coba ketika mengajak si Kecil liburan agar ia tidak rewel. Apa saja tips yang paling efektif? Berikut penjelasannya.

Pemilihan Tujuan

Seberapa penting memilih tujuan dalam liburan anak yang Mums lakukan bersama keluarga? Sangat penting. Pemilihan destinasi yang tepat dapat memberikan kebahagiaan maksimal bagi setiap anggota keluarga, termasuk si Kecil. Destinasi yang tepat juga dapat memberikan pengalaman berharga untuknya, sehingga dapat menunjang proses tumbuh kembang si Kecil.

Nah untuk memilih destinasi yang tepat, Mums bisa mempertimbangkan semua masukan dari anggota keluarga. Ajak juga si Kecil untuk menentukan tempat liburan yang akan dituju dengan memberikan gambaran tempat tujuan tersebut. Dengan demikian Mums sudah dapat meminimalisir munculnya kerewelan si Kecil karena tidak menyukai tempat liburan yang didatangi.

Berangkat Ketika Waktu Istirahat

Menentukan jam keberangkatan juga bisa turut memberikan andil dalam menjaga ketenangan si Kecil. Untuk jam berangkat paling ‘aman’, Mums bisa memilih ketika si Kecil tengah beristirahat. Memang beresiko sedikit muncul keributan karena si Kecil harus dipindahkan ke dalam kendaraan saat sedang tertidur pulas. Namun di perjalanan, ia akan melanjutkan tidurnya.

Jam yang paling direkomendasikan untuk berangkat liburan anak bersama keluarga adalah pagi buta atau larut malam. Dua waktu ini dianggap paling ideal karena umumnya anak-anak memiliki jam biologis yang normal, sehingga jam tersebut merupakan waktu istirahat bagi mereka. Perjalanan akan dapat berlangsung tenang karena si Kecil tertidur, serta Mums bisa sekaligus menghindari macet yang mungkin terjadi ketika tengah hari.

Barang Kesukaan si Kecil

Bantal favorit, mainan favorit, tempat minum favorit atau berbagai benda favorit si Kecil, harus masuk dalam daftar barang yang harus dibawa dan ada di dalam kabin mobil. Tidak sedikit anak-anak yang hanya bisa tenang jika berada di sekitar barang kesayangannya, ini mengapa penting untuk tidak lupa membawa barang tersebut dalam perjalanan dan selama liburan.

Hal penting lain adalah untuk memastikan barang tersebut mudah diakses oleh si Kecil. Jika di bawa namun dimasukkan ke dalam koper di tumpukan paling bawah, barang tersebut tidak akan dapat menjadi ‘obat penenang’ bagi si Kecil ketika tiba-tiba rewel. Keberadaan barang ini signifikan untuk ketenangan si Kecil dan perjalan Mums selama liburan.

Pakaian Nyaman

Siapa yang tidak menyukai foto keluarga di tempat wisata yang keren dan sedap dipandang? Selain objek yang menawan, pakaian keluarga Mums juga berpengaruh pada hal ini. Tapi tunggu dulu, ini bukan berarti Mums dan si Kecil harus mengenakan pakaian yang akan digunakan berfoto sepanjang jalan lho. Ada baiknya Mums tetap memberikan pakaian ternyaman untuk si Kecil ketika dalam perjalanan.

Pakaian yang nyaman menjadi pilihan tepat agar si Kecil dapat menikmati perjalanan tanpa rewel atau banyak menangis. Alangkah baiknya, jika pakaian nyaman tersebut merupakan pakaian yang akan digunakan untuk berfoto sehingga Mums dan keluarga tak perlu repot berganti baju. Lagipula, banyak juga bukan pilihan pakaian keren namun tetap nyaman digunakan untuk si Kecil dan keluarga?

Rencana B

Meski rencana liburan anak yang disusun sudah sangat sempurna dan akan mengasyikkan, tidak ada salahnya Mums menyusun rencana B atau rencana cadangan. Well, tidak semua rencana bisa berjalan mulus bukan? Ada kalanya kegiatan liburan Mums harus ‘dimodifikasi’ karena berbagai hal, perubahan keadaan alam misalnya.

Pastikan untuk selalu memiliki rencana cadangan agar Mums dan keluarga serta si Kecil tetap dapat melaksanakan liburan dengan seru. Misalnya, ketika menentukan tujuan, Mums juga melihat destinasi lain di dekat lokasi tersebut. Jika misalnya lokasi tidak memungkinkan didatangi, Mums tidak perlu bingung karena memiliki opsi lain yang tidak kalah serunya.

Liburan anak bukan berarti Mums melupakan keterpenuhan nutrisi harian si Kecil. Untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya dengan ringkas, berikan Friso Gold 4. Dengan teknologi Locknutri, kualitas alami nutrisi akan terjaga dan lebih mudah diserap tubuh si Kecil. Ini akan membantu si Kecil agar kuat dari dalam dan selalu sehat. Si Kecil yang sehat dapat menyerap pengalaman baru dengan lebih optimal, bukan begitu Mums?