Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Tips Membuat Ruang Belajar untuk si Kecil, SImak 3 Poin Berikut!

Tips Membuat Ruang Belajar untuk si Kecil, SImak 3 Poin Berikut!

Bermain dan belajar merupakan kegiatan utama si Kecil pada usia 3 hingga 6 tahun. Kedua kegiatan ini berjalan beriringan karena si Kecil dapat belajar dari permainan yang dilakukannya. Namun demikian, ada baiknya lho Mums si Kecil diberikan ruang belajar tersendiri. Tujuannya sederhana, agar si Kecil dapat fokus belajar untuk hal-hal lain seperti berhitung, menulis dan menggambar.

Tentu ruang belajar ini akan memiliki nilai yang sama pentingnya dengan ruang bekerja milik Mums atau anggota keluarga lain. Dengan belajar pada ruangan tersendiri, yang tentunya bisa digunakan sebagai ruang bermain juga, si Kecil dapat lebih fokus dan mendapatkan rangsangan dengan lebih optimal. Hasil idealnya tentu tumbuh kembang yang optimal.

Tapi bagaimana membuat ruang belajar yang nyaman dan membuat si Kecil bisa fokus serta pada saat yang bersamaan dapat memberikan nuansa kehangatan untuk si Kecil? Nah, pada artikel ini Mums dapat mengetahui beberapa tips untuk membuat ruang belajar yang nyaman. Simak selengkapnya ya Mums!

Lokasi Ruang Belajar Mudah Diawasi

Tips pertama dan utama tentu adalah menempatkan ruang belajar pada area yang mudah diawasi oleh Mums. Tujuannya sederhana, agar selama si Kecil bermain atau belajar Mums dapat memantau dengan baik dan mengurangi resiko terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti kita ketahui bersama Mums, si Kecil adalah makhluk yang memiliki rasa ingin tahu super besar, maka harus diawasi setiap saat.

Untuk menyiasatinya, Mums dapat membuat ruang belajar di dekat dapur misalnya, atau di dekat ruang keluarga dimana kebanyakan aktivitas Mums dan keluarga dilakukan. Dengan begini si Kecil dapat memiliki waktu yang fokus untuk belajar serta tetap merasakan kehangatan interaksi antar anggota keluarga.

Peralatan yang Ramah Anak-Anak

Hal ini diartikan sebagai peralatan yang tidak mengandung bahan berbahaya, beracun atau sejenisnya. Upayakan setiap perangkat keras, seperti meja atau kursi atau rak memiliki tepian yang tidak tajam untuk mengurangi resiko terjadinya cedera ketika si Kecil belajar dan bermain. Mums dapat menemukan berbagai peralatan seperti ini dengan mudah ,

Untuk menghemat ruang, Mums dapat juga menggunakan meja lipat, kotak besar yang dapat difungsikan sebagai kursi dan penyimpanan alat-alat bermain dan belajarnya. Dengan penggunaan dua perangkat ini saja Mums sudah dapat menghemat banyak ruang, sehingga ruang belajar si Kecil tidak perlu menghabiskan banyak tempat di rumah.

Sebagai tambahan, dapat juga Mums sediakan papan tulis yang agak besar sebagai media si Kecil corat-coret, kemudian perangkat audio seperti speaker kecil untuk menyetel lagi agar si Kecil semakin bersemangat dan alat tambahan lain yang dapat berguna untuknya. Tentu, tidak boleh lupa alat tulis, buku gambar, mainan edukasi serta perangkat mewarnai.

Nuansa Warna dan Pencahayaan

Untuk yang satu ini, sebenarnya akan sangat menyesuaikan warna kesukaan si Kecil. Setiap anak pasti memiliki kecenderungan untuk menyukai warna tertentu. Mums dapat memberikan nuansa warna sesuai dengan warna kesukaan si Kecil. Jika mungkin Mums tak yakin, buat saja nuansa ruang belajar dengan aneka warna terang. Hal ini dapat meningkatkan semangat belajar dan fokusnya.

Warna cerah seperti merah, biru, atau kuning dapat meningkatkan mood si Kecil dan mempertahankan konsentrasinya. Warna ini akan sangat baik jika diterapkan di dinding, meja, kotak penyimpanan yang berfungsi sebagai kursi, serta peralatan yang digunakannya. Pada intinya, buat ruang belajar senyaman mungkin agar si Kecil betah berlama-lama di sana.

Untuk pencahayaannya, Mums dapat memanfaatkan cahaya alami matahari dengan meletakkan ruang belajar di dekat jendela. Atau mungkin jika sudut tersebut tidak tersedia, Mums dapat memberikan pencahayaan berupa lampu yang cukup terang. Memang sangat relatif, namun setidaknya lampu tersebut bisa memberikan penerangan untuk si Kecil belajar membaca dan menulis atau melihat huruf dengan jelas.

Dukung dengan Asupan Makanan dan Minuman Bergizi

Ruang belajar yang nyaman tentu akan sangat efektif penggunaannya dalam menstimulasi tumbuh kembang si Kecil jika dipadukan dengan pendampingan dan asupan makanan dan minuman bergizi tinggi. Pada usia 3 hingga 6 tahun, si Kecil sudah dapat mengkonsumsi makanan yang cenderung lebih padat, sehingga pilihan makanan untuk si Kecil sudah bisa beragam.

Selalu berikan kombinasi makanan seperti sayuran, buah, daging serta makanan lain yang memiliki nutrisi tinggi. Jangan lupa juga untuk memberikan susu pertumbuhan yang tepat. Untuk si Kecil pada usia 3 hingga 6 tahun, pilihan paling tepat adalah Friso Gold 4. Kandungan nutrisi yang lengkap dapat membantu Mums mencukupi kebutuhan nutrisi harian si Kecil.

Friso Gold 4 juga diproduksi dengan sistem yang sangat modern dan memiliki teknologi Locknutri. Locknutri ini dapat menjaga kualitas alami nutrisi susu sapi yang menjadi bahan dasar, sehingga menjamin nutrisi dapat diserap dengan optimal oleh tubuh si Kecil. Kombinasi ruang belajar yang nyaman serta nutrisi yang tercukupi akan memaksimalkan tumbuh kembang si Kecil di setiap fasenya!

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang