Lompat ke isi utama
Mainan bayi 6 bulan

Tips Memilih Mainan Bayi 6 Bulan yang Aman dan Menyenangkan

Dalam memilih mainan bayi 6 bulan, Mums harus memerhatikan beberapa hal penting agar tidak membahayakan si Kecil

Mums berencana memberikan si Kecil mainan bayi 6 bulan? Selain menyenangkan, pemberian mainan yang tepat juga bisa menjadi media untuk menstimulasi tumbuh kembang si Kecil lebih optimal. Apalagi saat ini sudah banyak mainan bayi yang dijual dengan bentuk dan warna yang beraneka ragam. Meski demikian, Mums tetap harus lebih cermat dalam memilih mainan bayi 6 bulan yang tepat agar lebih aman dimainkan oleh si Kecil. 

Untuk keamanan si Kecil saat bermain, Mums juga perlu menyesuaikan mainan dengan usia dan kemampuannya. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui tahap perkembangan bayi 6 bulan sehingga Mums lebih mudah memilih mainan yang cocok. 

Umumnya, bayi yang berusia 6 bulan sudah mulai bisa melakukan hal-hal berikut ini:

  • Gemar menjatuhkan benda ke lantai 
  • Mulai bisa merangkak
  • Dapat memindahkan benda atau mainan kecil dari satu tangan ke tangan yang lain
  • Mulai tertarik pada benda-benda kecil. Pantau dan dampingi si Kecil saat bermain, pastikan ia tidak memasukkan benda-benda kecil ke dalam mulutnya
  • Mulai bisa menggulingkan badan 
  • Sudah mulai mengenali nama dan kata-kata sederhana

Tips Memilih Mainan Bayi 6 Bulan yang Tepat

Sebelum membelikan si Kecil mainan, sebaiknya Mums perlu memilih mainan yang tepat. Nah, berikut ini beberapa tips saat memilih mainan bayi 6 bulan yang perlu Mums ketahui: 

  1. Sesuaikan mainan bayi 6 bulan dengan kemampuannya

    Sebelum membeli mainan, Mums perlu memerhatikan label kemasan dan lihat keterangan untuk usia berapa mainan tersebut diperuntukkan. Memberikan mainan yang sesuai usia, minat, dan karakter bayi sangat penting untuk dilakukan agar sesuai dengan tahap perkembangan, tingkat kemampuan, dan kesiapan si Kecil dalam bermain. 

  2. Pilih mainan bayi 6 bulan yang aman dan sudah SNI

    Mums juga perlu memastikan mainan bayi 6 bulan yang dipilih memang aman dan sudah bersertifikat SNI (Standar Nasional Indonesia). Label SNI tersebut menunjukkan bahwa mainannya memang sudah aman dan dapat digunakan oleh bayi berdasarkan usia. 

  3. Baca petunjuk dan dampingi si Kecil saat bermain

    Setelah membeli mainan tersebut, Mums juga harus lebih cermat dalam membaca petunjuk yang tertera pada label kemasan. Dengan membaca petunjuk, maka Mums juga bisa mengetahui apa saja hal-hal yang perlu dilakukan saat bermain sesuai anjuran (do’s) maupun hal yang dilarang (dont’s). Selain itu, Mums juga sebaiknya mendampingi si Kecil saat bermain dengan mainan tersebut agar lebih aman dan terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan. 

  4. Cek mainan bayi 6 bulan secara teratur

    Selain cermat memilih mainan yang tepat, Mums juga perlu memeriksa mainan tersebut secara teratur guna mengetahui kondisinya, apakah ada yang rusak atau tidak? Jika ada kerusakan seperti muncul bagian yang tajam atau muncul karat pada mainan, sebaiknya ganti atau perbaiki mainan tersebut agar tidak berbahaya bagi si Kecil.

  5. Bersihkan mainan bayi 6 bulan secara rutin

    Sebelum membersihkan mainannya, pastikan Mums membaca dulu petunjuk cara membersihkan dengan tepat. Umumnya mainan dapat dicuci dengan sabun yang berbahan ringan atau sabun antibakteri yang dicampur dengan air panas. Namun, untuk mainan yang rawan berkarat, sebaiknya simpan di wadah kering dan tidak terkena air. 

  6. Hindari mainan yang berdaya listrik, magnet, dan baterai

    Hal lain yang tak kalah penting yaitu menghindari mainan yang berdaya listrik dan magnet, terutama bagi anak yang berusia di bawah 8 tahun tanpa pengawasan. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari risiko si Kecil tersengat listrik. 

    Mainan yang memiliki magnet juga sebaiknya tidak diberikan kepada si Kecil, terutama mainan magnet berukuran kecil. Sebab, jika magnet pada mainannya terlepas, dikhawatirkan magnet tersebut bisa tertelan oleh si Kecil.

    Selain mainan berdaya listrik dan magnet, mainan yang menggunakan baterai juga sebaiknya dihindari oleh bayi. Ini karena bayi sangat rentan untuk memasukkan baterai tersebut ke dalam mulutnya, apalagi jika ukuran baterai mainan bayi 6 bulannya berukuran kecil, maka bisa meningkatkan risiko tertelan. 

Rekomendasi Mainan Bayi 6 Bulan 

Nah, setelah mengetahui tips memilih mainan yang tepat, di bawah ini ada beberapa rekomendasi mainan bayi 6 bulan yang bisa Mums berikan untuk si Kecil, antara lain: 

  • Mainan teether 

    Teether adalah alat yang digunakan untuk merangsang pertumbuhan gigi bayi. Teether dapat digigit dan dimasukkan ke dalam mulut si Kecil. Selain baik bagi pertumbuhan gigi, teether juga cocok menjadi salah satu mainan bayi 6 bulan karena dapat digenggam oleh si Kecil sehingga dapat mendukung kemampuan motoriknya. 

  • Mainan soft book 

    Mainan bayi 6 bulan selanjutnya yang bisa Mums pilih yaitu soft book. Soft book adalah buku yang terbuat dari kain sehingga tidak mudah robek saat digenggam oleh bayi. Soft book untuk bayi biasanya tersedia dalam berbagai bentuk dan warna yang menarik sehingga sangat cocok untuk dijadikan media untuk mendukung kemampuan si Kecil.

    Melalui mainan bayi 6 bulan ini, indra penglihatan, peraba, dan perasa si Kecil akan terlatih. Namun, Mums perlu memastikan soft book tetap bersih dan aman dengan cara mencucinya secara rutin. 

  • Boneka

    Sebagian besar bayi pasti menyukai boneka karena bentuknya 3 dimensi dengan aneka bentuk yang menarik, mulai dari bentuk beruang, gajah, kelinci, mobil, robot, dan lain sebagainya. Mainan bayi 6 bulan ini dapat mendukung bayi untuk mengolah emosinya, seperti rasa empati dan kasih sayang. 

    Hal tersebut bisa Mums lihat dari cara si Kecil memperlakukan boneka sebagai “teman” untuk meningkatkan kepeduliannya terhadap orang sekitar. Saat bermain boneka, si Kecil pasti akan menggunakan imajinasi dan kreativitasnya sendiri. 

  • Mainan baby bouncer 

    Mainan bayi 6 bulan yang tak kalah penting yaitu baby bouncer. Sebenarnya baby bouncer adalah alat yang digunakan untuk membuat bayi jadi lebih tenang dan mudah tertidur. Saat bayi ditempatkan di baby bouncer, biasanya ia akan merasa nyaman karena alat tersebut akan memunculkan gerakan bergoyang seperti sedang digendong dan dipeluk oleh Mums.

    Selain menjadi alat untuk menidurkan bayi, baby bouncer juga bisa menjadi mainan bayi 6 bulan yang menyenangkan. Sebab, beberapa jenis baby bouncer dilengkapi dengan gantungan di bagian atas yang menarik perhatian si Kecil karena bisa mengeluarkan suara yang beraneka ragam. 

  • Mainan bongkar pasang

    Mainan bayi 6 bulan lainnya yang tak kalah bermanfaat yaitu mainan bongkar pasang. Ada beragam jenis mainan bongkar pasang yang bisa Mums berikan kepada si Kecil, namun pastikan mainan tersebut sesuai dengan usia si Kecil agar ia lebih mudah memainkannya. Mainan bayi 6 bulan ini memiliki manfaat untuk meningkatkan kemampuan kognitif, sensorik, dan psikomotor atau kemampuan fisik bayi yang melibatkan koordinasi motorik dan indera penglihatan.

Saat Mums memberikan mainan bayi 6 bulan di atas kepada si Kecil, pastikan Mums mendampinginya saat bermain agar kegiatan bermainnya semakin aman. Berbagai jenis mainan bayi 6 bulan di atas memang baik untuk menstimulasi tumbuh kembang si Kecil. Di samping pemberian mainan untuk stimulasi, Mums juga perlu mencukupi kebutuhan gizi harian bayi 6 bulan dari ASI dan MPASI yang bergizi seimbang. Selain menyediakan makanan bertekstur lembut yang kaya nutrisi, Mums juga perlu meningkatkan kualitas ASI agar tumbuh kembang si Kecil lebih optimal. 

Oleh karena itu, pastikan Mums untuk meningkatkan kualitas ASI dengan mengonsumsi berbagai macam makanan sehat, salah satunya susu Frisomum Gold Dualcare+ yang mengandung zat besi, kalsium, ALA/LA, prebiotik, probiotik, dan nukleotida untuk mendukung kesehatan Mums dan tumbuh kembang anak.

 

Ditinjau Oleh: dr. Rulli P.A Situmorang