Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Tips Mendampingi Anak Belajar Di Rumah Selama New Normal

Tips Mendampingi Anak Belajar Di Rumah Selama New Normal

Masa pandemi menyebabkan banyak hal harus beradaptasi. Tak hanya work from home, situasi sekarang ini juga mengharuskan banyak sekali siswa harus school from home. Istilah dan konsep ini digunakan untuk meminimalisir interaksi tatap muka yang terjadi, sehingga dapat membantu mengurangi resiko penularan. Tantangan kemudian muncul ketika Mums harus mendampingi anak belajar selama sehari penuh, setiap hari.

Untuk sebagian besar orang tua, ketika anak berangkat ke sekolah artinya Mums sudah mempercayakan penuh pendidikan anak pada pihak sekolah. Namun demikian karena situasi sekarang, Mums juga harus pandai-pandai menjadi moderator pembelajaran, untuk membantu si Kecil belajar di rumah dan tetap bisa memahami apa yang disampaikan.

Anak belajar di rumah selama masa pandemi harus disertai dengan siasat yang tepat, agar ia tetap dapat berkonsentrasi. Nah, untuk membantu Mums menghadapi proses pembelajaran si Kecil di masa new normal, berikut tips yang bisa Mums coba.

Membuat Kegiatan Rutin

Tips Mendampingi Anak Belajar Di Rumah Selama New Normal

Tanpa adanya kegiatan belajar atau aktivitas rutin, si Kecil berpotensi besar malah menganggap school from home ini sebagai liburan panjang yang menyenangkan. Padahal seharusnya ia tetap belajar seperti biasa dan menimba ilmu dengan bantuan internet dan media interaktif.

Salah satu cara membuat si Kecil fokus dan konsisten belajar adalah dengan membuat agenda rutin harian untuk jadwal belajarnya. Meski sederhana, pembagian jam belajar dan jam bermain secara rutin ini dapat membuat pola aktivitas yang diikuti dengan disiplin. Jadi si Kecil tetap paham kapan waktunya bermain dan kapan waktunya belajar. Hal ini juga baik untuk mengajarkan kedisiplinan lho Mums!

Memadukan Materi dari Sekolah dan Praktek Di Rumah

Beberapa mata pelajaran akan terasa lebih menarik ketika bisa dipraktekkan langsung setelah mempelajarinya. Misalnya saja untuk matematika, anak-anak yang baru saja belajar operasi matematika sederhana bisa diajak mempraktekannya dengan bantuan alat dan bahan yang ada di rumah.

Mums bisa mengajaknya ke dapur dan membuat contoh kasus dengan bantuan wortel. Dua wortel ditambah tiga wortel, berapakah hasilnya? Hal yang sama juga bisa diterapkan untuk pelajaran yang sudah lebih kompleks. Membaca puisi, perubahan wujud benda, dan lain sebagainya. Jadikan rumah Mums sebagai laboratorium praktek pelajaran yang baru diterima si Kecil agar aktivitas belajar di new normal tetap menarik.

Anak Belajar Juga Perlu Waktu Istirahat

Tips Mendampingi Anak Belajar Di Rumah Selama New Normal

Satu hal yang tidak boleh dilupakan ketika anak belajar di rumah adalah ia juga tetap harus memiliki waktu bermain. Belajar materi pelajaran dari sekolah memang hal yang besar, namun waktu bermain juga akan menjadi waktu yang diperlukan untuk beristirahat dan menyegarkan pikiran.

Waktu bermain bisa dihabiskan dengan bercengkrama, menyanyi bersama, atau sekedar bersantai di halaman depan. Tentu, hal ini tetap harus memperhatikan protokol new normal yang diterapkan oleh pemerintah, agar upaya penekanan angka penyebaran virus bisa ditekan. Berikan waktu yang teratur untuk belajar dan bermain, karena keseimbangan keduanya akan jadi stimulus terbaik untuk si Kecil.

Selain Sumber dari Sekolah, Tambahkan Bahan Lain

Karena proses anak belajar di era new normal menggunakan bantuan internet dengan panggilan bersama-sama, maka Mums juga bisa menambahkan bahan yang masih terkait dari sumber lain. Berbagai bahan pembelajaran bisa didapatkan dengan cukup mudah, karena cukup banyak layanan dan situs yang menyediakan bahan secara gratis.

Tentu, untuk bisa menyinkronkan bahan yang Mums cari mandiri dengan bahan yang diberikan di sekolah, ada baiknya Mums mendampingi si Kecil ketika tengah melakukan panggilan atau ketika ada kelas. Dengan begini Mums akan mengetahui sampai di titik mana si Kecil belajar, dan bisa mencarikan materi yang tepat untuk mendukung anak belajar di rumah.

Selalu Ada Di Sampingnya

Tips Mendampingi Anak Belajar Di Rumah Selama New Normal

Terakhir dan mungkin yang terpenting, adalah untuk selalu ada di samping si Kecil ketika ia harus belajar di rumah. Keberadaan Mums di dekat si Kecil akan memberikan rasa nyaman pada si Kecil, sehingga ia bisa lebih berkonsentrasi dengan materi yang disampaikan oleh guru atau tenaga pengajar lain.

Tentu, pendampingan yang diberikan juga harus disesuaikan. Jika memang waktunya mengerjakan tugas mandiri, Mums cukup berada di dekatnya saja tanpa perlu membantu. Latihan mengerjakan tugas mandiri selain akan mengasah kecerdasannya juga akan menempa rasa percaya diri yang dimiliki si Kecil.

Baca Juga : Ajari si Kecil Cara Pakai Masker untuk Menghadapi New Normal

Anak belajar di rumah memang jadi tantangan baru bagi banyak orang tua. Adaptasi yang dilakukan dengan cepat jadi kunci utama, agar si Kecil tetap dapat belajar dengan optimal. Tentu saja hal ini dapat berhasil baik jika Mums mencukupi kebutuhan nutrisi harian si Kecil dengan makanan bergizi dan lengkap. Tambahkan juga Friso Gold 4 yang dilengkapi dengan teknologi Locknutri, yang menjaga kualitas nutrisi dalam susu dan mudah diserap tubuh si Kecil, membantunya kuat dari dalam. Berikan yang terbaik untuknya, dan lihat ia tumbuh dengan optimal!