Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Tips Perawatan Bayi Baru Lahir Di Era New Normal

Tips Perawatan Bayi Baru Lahir Di Era New Normal

Menjaga si Kecil pasca persalinan adalah satu hal yang menantang untuk Mums. Tidak hanya karena banyak hal baru setelah kehadiran si Kecil, namun juga adaptasi yang harus dilakukan di era new normal seperti sekarang ini. Mungkin saran dan masukan mengenai perawatan bayi baru lahir yang Mums terima dari orang tua atau orang yang lebih senior harus dimodifikasi, karena tentu situasi dan kondisinya berbeda dari yang biasa.

Sebenarnya, secara naluriah Mums akan memiliki kepekaan tertentu dalam perawatan bayi baru lahir. Insting alami yang Mums miliki, dipadukan dengan bimbingan dari dokter kepercayaan Mums dan orang terdekat, akan membuat segalanya terasa lebih mudah.

Ada beberapa hal yang perlu Mums perhatikan untuk merawat si Kecil yang baru lahir di era seperti ini, dan semuanya sudah terangkum ringkas dalam poin-poin di bawah ini.

Rutin Berkonsultasi dengan Dokter Anak Kepercayaan

Rutin Berkonsultasi dengan Dokter Anak Kepercayaan

Konsultasi rutin perlu dilakukan untuk terus mengontrol kondisi si Kecil yang baru saja lahir. Memang tidak direkomendasikan membawa si Kecil ke tempat praktek dokter, namun dengan kecanggihan teknologi kini semua bisa dilakukan dengan lebih praktis. Mums bisa melakukan panggilan video dengan dokter kepercayaan Mums, untuk mengontrol kondisi kesehatan si Kecil.

Panggilan video lebih disarankan sebab dokter bisa secara langsung melihat kondisi si Kecil, perilakunya, serta interaksi yang terbangun antara Mums dan si Kecil. Ini akan memudahkan dokter untuk melihat bagaimana kesehatan serta tumbuh kembang si Kecil, meski tidak secara langsung bertemu dengan si Kecil.

Vaksin dan Imunisasi

Untuk kedua hal ini, pastikan Mums berkonsultasi intens dengan dokter kepercayaan Mums. Idealnya vaksin dan imunisasi wajib diberikan sesuai dengan jadwal dan waktu yang sudah ditentukan. Namun karena satu dan lain hal, bisa saja dokter mempertimbangkan untuk menunda pemberian vaksin dan imunisasi untuk sementara waktu.

Mums juga wajib berkonsultasi mengenai bagaimana metode yang dipakai ketika akan memberikan vaksin dan imunisasi pada si Kecil. Perawatan bayi baru lahir memang tidak bisa disepelekan, terlebih dengan kondisi saat ini. Bila memungkinkan, berikan vaksin dan imunisasi secara privat di rumah, sehingga kontak dengan orang banyak bisa dihindari.

Meminimalisir Kontak dengan Orang Banyak

Meminimalisir Kontak dengan Orang Banyak

Berada di rumah memang jadi hal yang paling direkomendasikan saat ini, karena rumah menawarkan lingkungan yang bersih dan kondusif selama new normal. Namun bila memang si Kecil perlu untuk keluar rumah, pastikan si Kecil terlindungi dan terhindar dari kontak dengan orang lain secara berlebihan.

Letakkan si Kecil pada kereta dorongnya, dan tutup dengan kelambu. Biarkan si Kecil mendapatkan sinar matahari pagi atau sore, namun sebisa mungkin hindarkan si Kecil dari kontak langsung dengan orang yang Mums temui. Satu hal penting, hindarkan membawa si Kecil ke pusat keramaian seperti pusat perbelanjaan atau apotek, karena tempat tersebut sangat tidak kondusif untuk si Kecil.

Untuk Keperluan si Kecil, Stok dengan Jangka Waktu Tertentu

Berbelanja memang satu hal rutin yang tidak akan bisa dihindarkan. Namun Mums bisa menyiasati hal ini agar tetap aman dan meminimalisir resiko dengan keluar rumah. Bagaimana caranya?

Mums bisa berbelanja keperluan rumah dan si Kecil, dalam rangka perawatan bayi baru lahir, dalam jumlah yang cukup untuk satu atau dua minggu. Hal ini memungkinkan Mums hanya keluar untuk berbelanja satu atau dua kali saja dalam tempo tersebut. Jadi resiko interaksi dengan orang lain dan berada di kerumunan bisa diminimalisir.

Atau cara lain Mums bisa berbelanja menggunakan layanan online marketplace. Mums tinggal memesan saja apa yang Mums perlukan dari layanan tersebut, dan tinggal menunggu di rumah. Jangan lupa ketika paket pesanan tiba, bersihkan dengan cairan desinfektan, agar paket bisa dibuka dalam keadaan bersih.

Perawatan Bayi Baru Lahir juga Mempertimbangkan Kondisi Mums

Perawatan Bayi Baru Lahir juga Mempertimbangkan Kondisi Mums

Satu hal yang sering terlewat dalam berbagai pembahasan mengenai perawatan bayi baru lahir adalah kondisi fisik dan mental Mums sendiri. Demikian banyak perubahan yang terjadi harus dihadapi dengan tetap mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil, tentu ini jadi tantangan yang besar untuk Mums.

Selalu pastikan tubuh dalam keadaan sehat, dan mental dalam keadaan baik ya Mums. Depresi ringan seringkali terjadi ketika Mums menghadapi terlalu banyak tekanan, sehingga komunikasi intens dengan pasangan sangat disarankan. Jika diperlukan, jangan ragu untuk menghubungi pihak profesional untuk berkonsultasi demi kesehatan mental Mums selama masa menyusui.

Baca Juga : Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir, Jangan Sampai Terlewat!

Perawatan bayi baru lahir memerlukan ketelatenan yang luar biasa dari Mums dan seluruh anggota keluarga. Agar bisa tetap tumbuh optimal, si Kecil harus selalu dalam keadaan sehat secara fisik dan mental. Penting untuk memperhatikan poin di atas. Pada saat yang bersamaan, jangan lupa perhatikan kondisi tubuh dan mental Mums juga ya. Selama masa menyusui, terapkan pola hidup sehat, dan makan makanan bergizi. Tambahkan pula Frisomum Gold Dualcare+ pada menu makanan Mums, untuk membantu mencukupi kebutuhan nutrisi setiap hari. Berikan yang terbaik untuknya sejak awal ia lahir, dan lihat ia tumbuh optimal!

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang