Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Tips Sederhana Memilih Mainan Bayi, Mums Sudah Tahu?

Tips Sederhana Memilih Mainan Bayi, Mums Sudah Tahu?

Mengajak si Kecil berinteraksi sejak bayi dapat membantunya tumbuh dan berkembang dengan lebih optimal. Segala bentuk rangsangan dapat membantunya belajar hal baru, memiliki kemampuan baru, sehingga ketika usianya bertambah ia semakin mudah menyerap rangsangan lain. Salah satu media yang bisa membantu hal ini adalah mainan bayi, yang bisa dengan mudah Mums dapatkan di pasaran.

Pada usia 0 sampai 12 bulan, kemampuan si Kecil memang masih sangat terbatas. Tidak hanya untuk berinteraksi, namun juga kemampuannya untuk memberikan respon atau tanggapan. Maka dari itu, perlu dilakukan pemilihan mainan bayi yang tepat agar bisa memberikan rangsangan yang tepat pula untuk setiap fase usianya.

Untuk membantu Mums memilihkan mainan bayi yang tepat, berikut gambaran sederhana yang bisa Mums gunakan.

Mainan Bayi untuk Usia 0 sampai 2 Bulan

Mainan Bayi untuk Usia 0 sampai 2 Bulan

Pada bulan pertama kehidupannya, indera si Kecil belum benar-benar berfungsi dengan sempurna. Namun demikian hal ini tidak berarti Mums tidak dapat memberikan rangsangan pada tumbuh kembang si Kecil. Ada satu mainan yang bisa Mums berikan untuk memberikannya rangsangan sederhana.

Mainan tersebut adalah gambar hitam putih, dengan objek tertentu. Objek yang dimaksud bisa berupa binatang, benda, atau siluet wajah. Letakkan gambar ini pada jarak pandang 10 sampai 25 cm di depan mata si Kecil, kemudian gerakkan perlahan. Mums akan melihat mata si Kecil tertarik pada gambar tersebut dan mengikutinya secara perlahan. Seiring pertambahan usia, si Kecil akan semakin mampu mengikuti gerakan tersebut dengan lebih responsif.

Hingga Usia 4 Bulan, Ini Mainan yang Cocok

Hingga Usia 4 Bulan, Ini Mainan yang Cocok

Setelah memperkenalkannya dengan mainan siluet, selanjutnya Mums bisa memilih beberapa mainan yang ada dipasaran. Misalnya, mainan gantung yang menyediakan berbagai benda untuk ‘berinteraksi’ dengan si Kecil ketika ia berada di tempat tidur. Benda yang digantungkan di atas tempat tidurnya akan menarik perhatian si Kecil, dan membuatnya berusaha meraih benda tersebut dengan kedua tangannya. Pada waktu yang bersamaan, mata si Kecil juga akan turut mengikuti arah gerak benda-benda yang tergantung tersebut.

Mums juga dapat mengenalkan si Kecil pada mainan yang memiliki cermin di dalamnya. Bayi pada usia ini sudah mulai memiliki kepekaan pada bentuk wajah sehingga akan mudah tertarik dengan cermin. Si Kecil sekaligus akan belajar mengenai ekspresi, sehingga ia lebih mengenali berbagai ekspresi yang ia lihat di cermin.

Selanjutnya mainan bayi yang cocok pada usia ini adalah teether, yang sangat berguna untuk melatih kemampuan otot rahang si Kecil. Pada usia ketika gigi si Kecil mulai tumbuh, ia cenderung akan banyak memasukkan barang ke dalam mulutnya untuk digigit. Teether adalah mainan bayi yang tepat, karena teksturnya yang halus dan cukup lunak.

Usia 5 Bulan Ke Atas

Usia 5 Bulan Ke Atas

Pada usia 5 bulan dan selanjutnya, si Kecil cenderung sudah mampu banyak berinteraksi dengan benda dan orang di sekitarnya. Ini saatnya mengenalkan berbagai mainan bayi yang lain dan lebih interaktif. Tujuannya sederhana, agar kemampuan sosial si Kecil, kemampuan komunikasi, serta kemampuan logia dan motoriknya berkembang dengan baik.

Pertama Mums dapat memberikan buku bayi, dengan tekstur yang berbeda pada setiap halamannya. Di sini si Kecil akan banyak belajar mengenai tekstur benda ketika ia menyentuhnya. Selain itu, buku ini juga ada yang memiliki cerita, dan akan jadi pilihan tepat untuk mengajarkan si Kecil kata dan kalimat sederhana.

Ketika si Kecil sudah mulai merangkak, Mums bisa mengenalkan mainan berupa bola untuk membantunya terus bergerak aktif. Dengan menyentuh, melemparkan, menggelindingkan, hingga memantulkan bola, si Kecil akan berusaha mengikuti gerakan bola agar bisa terus bermain dengannya.

Mulai gemar berinteraksi, si Kecil secara tak sadar akan banyak tertarik pada smartphone yang Mums miliki. Alih-alih melarangnya, Mums dapat memberikan mainan smartphone pada si Kecil agar ia tetap dapat menerima rangsangan. Mainan berbunyi sangat baik melatih responnya pada suara, serta kemampuannya mengenal sebab akibat.

Terakhir yang jadi rekomendasi mainan bayi adalah balok susun. Well, mainan ini hampir selalu ada di setiap daftar rekomendasi mainan anak, karena memiliki manfaat yang benar-benar terasa. Menyusun balok bisa mengajarkannya konsep keseimbangan. Warna-warni pada balok melatih sensitifitas matanya. Koordinasi mata dan tangan juga akan terus terangsang ketika si Kecil memainkan balok-balok yang ada. Jangan lupa, kemampuan si Kecil berimajinasi akan banyak terangsang, karena ia dapat membuat struktur sesuai dengan apa yang ada di dalam pikirannya.

Baca Juga : 4 Kategori Perlengkapan Bayi yang Wajib Disiapkan

Demikian tadi rekomendasi mainan bayi yang bisa jadi pilihan Mums untuk si Kecil yang berusia 1 sampai 12 bulan. Tentu, untuk memastikan setiap rangsangan yang didapatkan si Kecil benar-benar optimal, perlu juga dipastikan asupan nutrisi hariannya terpenuhi. Baik melalui ASI atau MPASI, semua bisa jadi sumber makanan yang tepat untuk mendukung keterpenuhan kebutuhan nutrisi hariannya. Untuk Mums, tambahkan pula Frisomum Gold Dualcare+ dalam menu makanan, untuk menjaga kondisi tubuh Mums selama masa menyusui agar dapat memproduksi ASI berkualitas.

 

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang