Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Topeng Kancil sebagai Tokoh Drama Mungil Buatan Sendiri

Topeng Kancil sebagai Tokoh Drama Mungil Buatan Sendiri

Berkreasi menggunakan tangan secara langsung merupakan rangsangan yang baik untuk kecerdasan serta kemampuan koordinasi gerak si Kecil. Kreasi yang dilakukan bisa beragam. Salah satunya adalah dengan membuat topeng karakter binatang. Tentu saja, binatang yang dibuat topengnya disesuaikan dengan apa yang disukai si Kecil, misal topeng kancil, topeng kucing, topeng gajah dan lain sebagainya.

Pembuatan karakter binatang pada topeng ini sendiri bahannya bisa menggunakan bahan yang sederhana seperti selembar kertas yang agak tebal. Penggunaan kertas tebal ini sendiri bertujuan agar topeng yang dibuat tidak mudah rusak atau kusut ketika tidak sengaja tertekuk atau tertimpa benda berat.

Nah, untuk mengetahui proses kreatifnya, Mums bisa menyimak penjelasan di bawah ini.

Persiapan

Sediakan beberapa lembar kertas yang agak tebal dan berukuran cukup besar, setidaknya bisa menjadi topeng seukuran wajah si Kecil dan Mums. Kemudian siapkan beberapa cat atau pewarna yang bisa digunakan untuk memberikan hiasan dan warna pada topeng yang akan dibuat. Kemudian selanjutnya siapkan gunting, tali atau karet (untuk ditempelkan pada topeng sehingga dapat digunakan). Lalu carilah desain karakter hewan yang Mums dan si Kecil inginkan, mungkin dapat kucing, kancil atau hewan apapun. Pastikan desain tersebut tidak memiliki warna dan hanya garis luarnya saja.

Pembuatan

Cetak desain yang telah Mums temukan pada kertas yang sudah disiapkan. Setelah selesai, ajak si Kecil untuk menebalkan garis outline yang ada pada desain tersebut. Setelah selesai, warnai gambar yang sudah berwujud itu dengan warna yang diinginkan. Setelah semua selesai di warnai, Mums bisa membantu si Kecil untuk memotong desain topeng tersebut.

Langkah selanjutnya adalah dengan memasangkan tali atau karet pada bagian kiri dan kanan topeng sehingga dapat digunakan. Setelah selesai, topeng sudah dapat digunakan oleh si Kecil dan Mums atau anggota keluarga lain untuk memainkan drama kecil yang telah disiapkan sebelumnya.

Manfaat

Proses yang disebutkan tadi bukan tanpa manfaat. Pembuatan topeng kancil, topeng kelinci atau topeng binatang tersebut melibatkan banyak proses kreatif yang dapat memberikan rangsangan pada imajinasi si Kecil. Begitu pula dengan drama kecil yang dipentaskan di rumah dengan properti yang sudah disiapkan sebelumnya.

Pemilihan binatang, pertama kali, disesuaikan dengan sifat positif yang dapat diambil dari setiap binatang tersebut. Tujuannya agar si Kecil dapat termotivasi untuk memiliki sifat yang menyerupai sifat dan nilai positif yang dimiliki karakter yang diberikan.

Pemilihan desain tanpa warna, ditujukan agar si Kecil dapat mengekspresikan diri lewat warna yang akan dibubuhkan selanjutnya. Memang mungkin jika Mums mengambil desain yang sudah terdapat warna di dalamnya, hasilnya akan lebih baik, namun ini akan menghilangkan proses kreatif yang bisa diberikan pada si Kecil melalui penebalan outline dan pewarnaan gambar karakter.

Sedangkan untuk pementasan drama kecil yang dilakukan dapat menjadi quality time untuk Mums, si Kecil dan seluruh anggota keluarga. Setiap anggota keluarga bisa mengambil peran sesuai dengan karakter yang disediakan. Jangan lupa juga untuk mengambil dokumentasi berupa foto dan video sebagai kenang-kenangan yang bisa dilihat kembali beberapa tahun kemudian. Saat intim seperti ini dapat membuat si Kecil merasa nyaman serta bahagia, yang mana dapat membantu mengoptimalkan tumbuh kembang fisik dan mental serta kecerdasannya.

Dukungan Tumbuh Kembang si Kecil

Rangsangan seperti proses kreatif ini dapat membantu tumbuh kembang si Kecil. Tidak hanya pada imajinasinya yang terlatih, proses seperti ini akan mengasah koordinasi mata dan gerakan tangan yang dimiliki si Kecil. Gerakan menebalkan outline serta mewarnai dapat menjadi latihan yang baik untuknya.

Selain itu, rasa nyaman yang dirasakan si Kecil ketika terjadi interaksi di dalam keluarga juga akan membuat tubuh si Kecil memproduksi hormon kebahagiaan. Hormon ini dapat memberikan efek relaksasi pada si Kecil, sehingga tumbuh kembangnya dapat berjalan sangat optimal.

Jangan lupa juga untuk selalu memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya, dengan memberikan makanan dan minuman yang bernutrisi tinggi. Mums juga dapat memberikan tambahan konsumsi susu kaya nutrisi sehingga kebutuhan nutrisi hariannya bisa terjamin.

Proses pembuatan topeng, baik topeng kancil atau topeng karakter binatang lain, serta pementasan drama yang dilakukan merupakan bentuk stimulasi nyata pada kemampuan yang dimiliki si Kecil. Untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya, Mums bisa memberikan susu Friso Gold 4. Dengan teknologi Locknutri, kualitas alami nutrisi akan terjaga dan lebih mudah diserap tubuh si Kecil. Ini akan membantu si Kecil agar kuat dari dalam dan lebih mudah menyerap rangsangan yang diberikan padanya. Mums juga dapat berkonsultasi seputar pertumbuhan si Kecil dan nutrisi yang diperlukannya dengan Ahli Nutrisi Alami Friso (ANA) melalui situs resminya dengan fitur live chat. Berikan dukungan terbaik untuk tumbuh kembang si Kecil agar ia tumbuh menjadi seorang yang kuat secara fisik dan cerdas serta bermental kuat!