Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Trik Cara Belajar Efektif untuk si Kecil Di Era New Normal

Trik Cara Belajar Efektif untuk si Kecil Di Era New Normal

Pendidikan si Kecil tidak boleh terhambat di era new normal seperti sekarang ini. Memang ada satu dan lain hal yang harus disesuaikan, seperti misalnya pembelajaran secara online, namun ini tentu tidak berarti Mums menyepelekan pola belajar seperti ini. Mums harus memahami benar cara belajar efektif, agar setiap kelas yang diikuti si Kecil bisa memberikan manfaat terbaik untuk tumbuh kembangnya.

Banyak yang masih meragukan, apakah sistem pembelajaran online dengan menggunakan media seperti Zoom atau Google Meet bisa memberikan manfaat yang sama dengan sekolah konvensional. Hal ini dikarenakan interaksi secara langsung yang berkurang drastis, dan pembelajaran dilakukan sebatas pada materi ajar yang sudah disusun.

Untuk menghadapi tantangan ini, ada beberapa tips yang bisa Mums terapkan agar si Kecil bisa belajar dengan efektif. Berikut beberapa cara belajar efektif yang bisa digunakan selama pembelajaran online yang dilakukan.

Rutinitas Harian, Jangan Sampai Terlewat

Rutinitas Harian, Jangan Sampai Terlewat

Sadar atau tidak, kegiatan yang dilakukan secara rutin setiap hari akan berpengaruh besar pada perilaku si Kecil. Dalam konsep belajar di rumah, Mums juga tetap wajib menerapkan rutinitas yang biasa dilakukan ketika si Kecil berangkat ke sekolah. Jadi, tubuh dan pikiran si Kecil akan tetap berorientasi pada kegiatan belajar mengajar di sekolah, meski kini hanya bisa belajar melalui layar gadget.

Kegiatan apa saja yang merupakan rutinitas kegiatan belajar mengajar?

Hal-hal seperti bangun dan mandi pagi, membersihkan tempat tidur dan merapikannya, bersiap melakukan proses pembelajaran, jam istirahat, hingga jam selesai belajar mengajar, semua itu adalah rutinitas yang dialami si Kecil ketika ia bersekolah secara reguler. Meski terkesan sederhana, namun tetap disiplin menjalankan rutinitas ini akan membuatnya bisa berkonsentrasi dengan baik ketika kegiatan belajar mengajar.

Pembelajaran yang Tidak Biasa dan Tetap Menarik

Pembelajaran yang Tidak Biasa dan Tetap Menarik

Ketika si Kecil belajar di sekolah, akan ada eksperimen atau percobaan yang dilakukan secara langsung, sebagai bentuk nyata pembelajaran yang dilakukan si Kecil. Kelengkapan fasilitas yang dimiliki sekolah merupakan faktor pendukung besar dalam pembelajaran praktek langsung seperti ini. Nah, hal ini yang juga harus dilakukan ketika si Kecil belajar di rumah, agar ia tetap bersemangat dalam kegiatan belajar mengajar yang dilakukan secara mandiri.

Apakah percobaan yang dilakukan harus sama persis dengan yang dilakukan di sekolah? Jika memungkinkan, hal tersebut bisa dilakukan. Namun dengan segala keterbatasan yang dimiliki di rumah, Mums bisa menyiasati percobaan dengan hal yang lebih sederhana. Selama si Kecil terlibat langsung dalam percobaan tersebut, maka semangat dan keinginan belajarnya akan tetap terjaga.

Selain dari Materi Ajar, Berikan Materi dari Sumber Lain

Selain dari Materi Ajar, Berikan Materi dari Sumber Lain

Materi ajar yang disusun oleh guru dan tenaga pengajar pasti sudah sedemikian rupa dibuat untuk tetap memenuhi kebutuhan belajar si Kecil. Meski demikian, tidak ada salahnya jika Mums juga mencarikan materi tambahan untuk si Kecil dari sumber lain. Cara belajar efektif ini bisa diterapkan pada setiap mata pelajaran yang diberikan oleh guru.

Tapi mengapa ini jadi salah satu cara belajar efektif yang disarankan? Sebab dengan mendapatkan materi lain yang masih berkaitan, Mums juga mengasah rasa ingin tahu dan sifat kritis dari si Kecil. Ketika ia terbiasa mendapatkan banyak materi menarik, rasa ingin tahu yang dimilikinya akan terus meningkat, dan si Kecil akan jadi pembelajar yang sangat baik dengan terus menggali materi-materi baru yang bermanfaat baginya.

Optimalkan Waktu Istirahat, dan Ajak Refreshing

Optimalkan Waktu Istirahat, dan Ajak Refreshing

Ketika melakukan pembelajaran online, terapkan jadwal seperti ketika si Kecil belajar secara reguler. Jadi ketika ada waktu istirahat, benar-benar optimalkan waktu tersebut. Ajak si Kecil sejenak menyegarkan pikiran dengan bermain di taman, membantu menyiapkan makan siang, dan sebagainya. Kegiatan sederhana seperti ini bisa membantu otaknya beristirahat, dan kembali fokus ketika waktunya belajar lagi.

Hal yang sama juga terjadi ketika kegiatan belajar mengajar sudah selesai di siang atau sore hari (untuk anak yang lebih dewasa). Berikan waktu untuk si Kecil tidur siang, bermain, dan melakukan hal lain yang tidak berkaitan dengan kegiatan belajar mengajar. Melakukan reset pada mood dan suasana hati si Kecil akan menjadi sangat penting agar antusiasme belajarnya tetap terjaga setiap hari dan tidak mudah bosan.

Baca Juga : Tips Cara Menghilangkan Bosan Saat Belajar Di Rumah

Cara belajar efektif yang ditunjukkan pada poin-poin di atas bukanlah cara yang sulit. Hanya saja, dalam menerapkan setiap poin tersebut diperlukan kerjasama antara Mums dan si Kecil, agar bisa benar-benar sukses dan memberikan manfaat maksimal.

Nah, untuk memaksimalkan hasil dan beberapa cara belajar efektif di atas, jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian si Kecil. Berikan asupan makanan yang bergizi, serta tambahkan Friso Gold 4 dalam menu makanannya. Friso Gold 4 dilengkapi dengan Locknutri yang dapat menjaga kualitas alami nutrisi sehingga lebih mudah diserap tubuh. Selalu dampingi dan berikan semangat untuk si Kecil, agar ia bersemangat menjalani hari-harinya!

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang