Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Trik Mengasah Kreativitas Anak TK, Jangan Lewatkan 5 Poinnya

Trik Mengasah Kreativitas Anak TK, Jangan Lewatkan 5 Poinnya

Melihat si Kecil terampil dalam menyelesaikan tugas yang didapatkan, memiliki imajinasi yang baik, serta dapat menemukan pemecahan masalah yang dihadapinya, siapa yang bangga jika demikian? Kreativitas menjadi kunci dari semua ini. Pada konteks kreativitas anak TK, Mums kemudian perlu memberikan stimulus yang intens dan dukungan pengembangannya. Anak yang kreatif cenderung menjadi lebih cerdas dan lebih mudah menyelesaikan persoalan yang dihadapinya.

Pada usia TK atau taman kanak-kanak sendiri, sebenarnya si Kecil sudah memiliki imajinasi dan kreativitas yang cukup baik, bekal dari rangsangan yang diterimanya di rumah. Nah, untuk tahap selanjutnya pengembangan kreativitas, ada beberapa hal yang bisa Mums lakukan. Hal-hal ini bukan hal yang rumit, namun menuntut kesabaran dan keuletan dari Mums agar benar-benar berhasil.

Penasaran apa saja hal yang bisa meningkatkan kreativitas anak TK? Mums bisa melihatnya di ulasan singkat berikut!

Teruslah Bermain!

Teruslah Bermain!

Bagaimana bisa bermain jadi cara merangsang kreativitas anak? Bukankah ini hanya akan menghabiskan waktu si Kecil saja?

Jangan salah Mums, bermain merupakan kegiatan pokok untuk anak-anak untuk memaksimalkan tumbuh kembangnya. Tak hanya fisik, namun juga mental dan kecerdasan si Kecil. Dengan bermain si Kecil akan menemukan permasalahan dan pelajaran baru, yang dapat membantu tumbuh kembang kecerdasannya.

Permainan yang dilakukan juga bisa melibatkan beberapa orang sekaligus sehingga banyak interaksi yang terjadi. Misalnya seperti bermain peran, Mums bisa memposisikan diri sebagai satu karakter dan si Kecil menjadi karakter lainnya. Di sini ia akan belajar bagaimana watak karakter dan peran apa yang harus dilakukan.

Bebaskan Imajinasi si Kecil

Penting untuk melakukan poin kedua ini. Membebaskan si Kecil berimajinasi ketika ia melakukan kegiatan bisa jadi cara mengasah kreativitas anak TK di luar kelas yang diikutinya. Dengan berimajinasi, pikirannya terus terasah dan membayangkan suatu hal yang baru, sehingga imajinasinya juga akan terasah.

Ketika bermain, jangan terlalu berpegang erat pada aturan yang ada. Memang aturan ada untuk membuat berbagai permainan lebih seru, namun pada fase ini biarkan si Kecil berfantasi sebebas-bebasnya sehingga ia bisa menjadi anak yang lebih cerdas. Sesekali tanyakan pertanyaan yang berkaitan dengan imajinasinya, untuk membantu memberikan rangsangan.

Misalnya ketika Mums melihat ia menggambar pesawat dengan roda yang besar, tanyakan apakah roda tersebut digunakan ketika pesawat mendarat atau kegunaan lain? Berikan dukungan pada karya apapun yang dibuat dan tanyakan mengenai hal-hal unik yang ada pada karya tersebut.

Alih-Alih Mengoreksi dan Membenarkan, Berikan Dukungan

Alih-Alih Mengoreksi dan Membenarkan, Berikan Dukungan

Ketika si Kecil berkarya dan bermain, terkadang ia akan melakukan hal ajaib yang benar-benar tidak masuk akal. Alih-alih membenarkan atau mengoreksi, berikan apresiasi dan dukungan pada hal tersebut. Siapa tahu itu adalah hasil pemikirannya yang benar-benar original dan refleks atas apa yang ditemuinya.

Sebisa mungkin jangan menyalahkan si Kecil ketika ia bermain dan berkarya. Di dunia anak-anak tidak ada benar dan salah. Semua diekspresikan begitu saja dan menjadi satu ungkapan yang murni. Bebaskan saja ia berkarya dan bermain selama tidak mengganggu atau merugikan orang lain. Ketika hal ini terjadi, barulah Mums masuk dan memberikan teguran pada si Kecil.

Kenalkan pada Banyak Hal Baru

Anak-anak adalah selembar kertas putih yang benar-benar siap diberikan warna, pola, dan perlakuan apapun. Penting untuk Mums mengenalkan banyak hal pada si Kecil ketika ia ada di usia taman kanak-kanak, karena di usia ini Mums mulai dapat melihat bakat dan minat si Kecil di bidang tertentu.

Ajak dan kenalkan si Kecil pada berbagai kegiatan, berbagai alat musik, kegiatan sosial, belajar di rumah, belajar di museum, belajar di kebun binatang, mengamati percobaan ilmiah, dan lain sebagainya. Semakin banyak yang si Kecil lihat dan alami, semakin baik pula nantinya kreativitas si Kecil berkembang.

Kreativitas anak TK nantinya bisa diarahkan ketika Mums melihat minat si Kecil ketika melakukan atau mengalami satu kegiatan. Nah, jika sudah begini, Mums tinggal memberikan stimulus yang intens agar ia semakin mahir dan kreatif dalam melakukan hal yang diminatinya.

Optimalkan Kreativitas Anak TK dengan Apresiasi

Optimalkan Kreativitas Anak TK dengan Apresiasi

Keberadaan Mums di samping si Kecil di setiap fase tumbuh kembang sangat penting. Tak hanya memberikan rasa nyaman saja, namun juga membuat si Kecil merasa memiliki dukungan yang solid. Ketika berusaha mengembangkan kreativitas anak TK di luar jam sekolahnya, dampingi si Kecil dan berikan apresiasi berupa dukungan atas apa yang dilakukan.

Memang tidak kemudian 100% apresiasi yang diberikan berupa pujian atau sejenisnya, Mums juga bisa memberikan apresiasi berupa wanti-wanti agar si Kecil tetap berhati-hati dalam bermain. Apresiasi adalah bentuk nyata perhatian Mums atas apa yang dilakukan si Kecil, dan bisa membuatnya semakin percaya diri dan kreatif.

Baca Juga : Melatih Imajinasi si Kecil dengan Gambar Kebun Binatang | Friso

Mengembangkan kreativitas anak TK memang bukan hal yang sulit, namun perlu kesabaran dan keuletan Mums dalam mendampingi si Kecil. Tentu saja, rangsangan dan dukungan yang Mums berikan harus pula disertai dengan upaya memenuhi kebutuhan nutrisi harian si Kecil. Selain makanan bergizi, tambahkan juga Friso Gold 4 ke dalam menu makan si Kecil. Friso yang dilengkapi dengan teknologi Locknutri menjaga kualitas nutrisi alami yang ada pada Friso Gold 4 sehingga mudah diserap tubuh si Kecil. Selalu dampingi si Kecil, dan lihat ia tumbuh dengan optimal!

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang