Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Vaksin Flu di Era New Normal, Simak Penjelasannya di Sini!

Vaksin Flu di Era New Normal, Simak Penjelasannya di Sini!

Memberikan vaksin dan imunisasi untuk si Kecil adalah hal wajib untuk dilakukan. Tak hanya sebagai prosedur tetap, hal ini sangat bermanfaat dalam pembentukan daya tahan tubuh dan imunitasnya. Banyak vaksin tentu yang wajib diberikan. Salah satunya adalah vaksin flu. Ya, vaksin ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil pada penyakit flu, yang ternyata bisa berdampak serius untuk bayi dan anak-anak.

Mungkin flu, atau influenza, sekarang ini menjadi penyakit yang lebih sensitif. Pasalnya, penyakit yang belakangan ini menggemparkan dunia dan membawa perubahan masif juga memiliki gejala serupa. Memang, penyakit tersebut tidak serta merta dapat dihilangkan dengan vaksin flu yang kini ada. Namun setidaknya ketika si Kecil diberikan vaksin, daya tahan tubuhnya menjadi lebih tinggi dan tidak mudah terserang penyakit sejenis.

Pentingnya Vaksin Flu untuk si Kecil

Pentingnya Vaksin Flu untuk si Kecil

Pada masa awal kehidupannya, katakanlah sebelum si Kecil berusia 6 tahun, daya tahan tubuhnya masih terbilang lemah. Hal ini dikarenakan proses alami pembentukan daya tahan tubuh yang memang belum sempurna. Maka dari itu, banyak vaksin dan imunisasi wajib diberikan untuk merangsang perkembangan daya tahan tubuh si Kecil.

Vaksin flu sendiri berperan seperti kebanyakan vaksin dan imunisasi yang diberikan. Secara khusus, vaksin ini akan meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil pada virus penyebab influenza, sehingga ketika ada virus yang masuk bisa segera dimatikan dan tidak menimbulkan efek lebih buruk.

Hingga saat ini, vaksin flu yang tersedia diberikan dalam beberapa tahap. Setiap tahapan diberikan pada usia tertentu, sehingga daya tahan tubuhnya akan terus mengingat virus influenza dan senantiasa bisa menangkalnya. Pemberian vaksin lengkap ini terbukti dapat meningkatkan ketahan tubuh si Kecil pada virus influenza, sehingga meski kita tinggal di area tropis tubuhnya tidak mudah sakit.

Sedikit berkenaan dengan area tropis, dimana virus dan bakteri berkembang dengan lebih aktif, sudah sewajarnya Mums memberikan vaksin yang diperlukan si Kecil. Dengan daya tahan tubuh yang kuat, maka tubuh si Kecil bisa menangkal virus dan bakteri jahat yang masuk ke dalam tubuhnya.

Resiko Penyakit Influenza pada Anak

Resiko Penyakit Influenza pada Anak

Sebenarnya jika dilihat, mungkin flu pada anak bukan penyakit yang sangat serius. Memang akan mengganggu aktivitas si Kecil karena akan menimbulkan demam dan nyeri di bagian kepala, lengkap dengan pilek dan batuk yang menyertainya. Namun ternyata resikonya tidak berhenti di sana. Ini yang harus diwaspadai.

Resiko tertinggi justru terletak pada penularannya yang sangat cepat. Virus ini dapat menempel pada barang-barang dan hidup selama 24 jam. Droplet yang keluar ketika bersin, batuk, atau bahkan berbicara, bisa jadi sumber penularannya. Maka dari itu ketika terjangkit flu, sangat disarankan untuk tetap dirumah dan banyak beristirahat.

Pada anak-anak, resikonya akan semakin besar. Karena daya tahan tubuh dan kemampuan memulihkan kondisi yang belum seperti orang dewasa, si Kecil bisa mengalami gejala yang lebih parah dan menyebabkan banyak komplikasi. That’s why, vaksin flu adalah langkah yang tepat untuk Mums berikan pada si Kecil.

Waspadai Gejalanya ya Mums

Waspadai Gejalanya ya Mums

Memang banyak sekali obat yang bisa diberikan untuk meredakan penyakit flu. Namun demikian, penanganan sesegera mungkin merupakan langkah yang direkomendasikan agar mengurangi resiko kesehatan yang timbul pada si Kecil.

Beberapa gejala yang muncul pada anak yang terinfeksi virus ini antara lain :

  • Mengalami demam tinggi (suhu 39 sampai 40,5 derajat Celcius).
  • Merasakan nyeri di seluruh tubuh.
  • Mengalami batuk dan pilek.
  • Merasa lelah sepanjang waktu.

Well, tidak jauh berbeda dengan penyakit yang sekarang ini tengah jadi bahasan hangat di semua media bukan? Maka dari itu, ketika si Kecil mulai menunjukkan gejala-gejala tersebut, ada baiknya Mums segera membawanya ke dokter untuk mendapat diagnosa yang lebih akurat.

Tentu yang akan menjadi lebih utama adalah langkah pencegahan, seperti pemberian vaksin flu yang sedari tadi sudah disinggung. Selain memberikan vaksin ini, Mums juga perlu senantiasa menjaga kebersihan lingkungan rumah dan menjaga si Kecil dari orang-orang yang terindikasi sedang dalam keadaan flu.

Baca Juga : Jadwal Imunisasi Dasar Lengkap, Mums Wajib Paham!

Di era new normal seperti sekarang, setiap gejala yang muncul akan jadi peringatan awal untuk Mums. Kepekaan terhadap hal ini wajib dimiliki agar si Kecil bisa terhindar dari resiko yang lebih besar.

Vaksin flu sendiri sebaiknya diberikan ketika si Kecil berusia 6 bulan ke atas, dan kembali diberikan dalam rentang waktu yang direkomendasikan dokter. Tujuannya sederhana, agar tubuh si Kecil tetap memiliki daya tahan yang kuat dan tidak mudah terserang penyakit ini.

Memberikan vaksin flu adalah langkah pencegahan penularan yang baik untuk dilakukan. Selain itu, terapkan juga pola hidup sehat, dan konsumsi makanan bernutrisi tinggi. Daya tahan tubuh si Kecil akan terbentuk sempurna dengan kombinasi tersebut, vaksin, hidup sehat, dan asupan nutrisi yang cukup. Untuk membantu mencukupi asupan nutrisi harian, Mums dapat menambahkan Friso Gold 3. Friso dengan teknologi Locknutri, kualitas nutrisi alami akan terjaga sehingga mudah diserap oleh tubuh si Kecil dan membantunya kuat dari dalam. Dengan begini, tumbuh kembangnya akan optimal, dan daya tahan tubuhnya terbentuk dengan lebih baik lagi.

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang