Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Vitamin E, Nutrisi Kaya Manfaat untuk Daya Tahan Tubuh si Kecil

Vitamin E, Nutrisi Kaya Manfaat untuk Daya Tahan Tubuh si Kecil

Memiliki daya tahan tubuh yang kuat merupakan salah satu syarat si kecil dapat tumbuh optimal pada usia 3 hingga 6 tahun. Tentu, daya tahan tubuh yang kuat berasal dari asupan nutrisi yang cukup pula. Salah satu nutrisi yang dapat mendukung kuatnya daya tahan tubuh si Kecil adalah Vitamin E. Selain dikenal baik untuk kesehatan kulit, vitamin ini juga berperan besar dalam menjaga si Kecil tetap sehat.

Mungkin Mums sebagai orang dewasa lebih mengenal Vitamin E dengan manfaat seperti yang disampaikan pada bagian sebelumnya tadi. Namun demikian, ternyata vitamin ini juga memiliki peran besar dalam rangka menjaga kesehatan si Kecil. Vitamin E yang tercukupi dapat membantu daya tahan tubuh si Kecil menjadi kuat dan terhindar dari berbagai resiko penyakit yang ada.

Vitamin E dan Daya Tahan Tubuh si Kecil, Apa Manfaatnya?

Daya tahan tubuh si Kecil merupakan benteng pertahanan tubuhnya dari serangan penyakit dan bakteri jahat. Dengan terjaga dalam kondisi sehat, idealnya si Kecil akan dapat tumbuh dengan optimal. Untuk mengetahui sedikit lebih jauh mengenai manfaat Vitamin E untuk kesehatan si Kecil, Mums bisa melihat beberapa poin berikut ini.

  • Membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh si Kecil.
  • Mencegah penyakit jantung dan menjaga fungsi organ penting dengan menjaga kondisi pembuluh darah dalam ukuran normal untuk peredaran darah ke seluruh tubuh.
  • Menyokong dinamika sel tubuh untuk menjalankan fungsi vital.
  • Melindungi tubuh si Kecil dari paparan radikal bebas ketika ia beraktivitas.

Melihat beberapa poin di atas, tentu Mums dapat menemukan fakta bahwa asupan Vitamin E dalam jumlah yang tepat diperlukan agar daya tahan tubuh si Kecil tetap terjaga. Tentu, Mums dapat mencukupi kebutuhan ini dengan asupan makanan dan minuman yang bernutrisi serta mengandung Vitamin E. Pertanyaan selanjutnya, apa sumber makanannya? Berapa kira-kira takaran yang diperlukan si Kecil dalam satu hari?

Makanan dengan Kandungan Vitamin E

Nah, untuk sumber makanan yang banyak mengandung nutrisi ini, Mums mungkin perlu sedikit berkreasi. Pasalnya, kebanyakan sumber Vitamin E berasal dari sayuran dan biji-bijian. Tantangan yang harus Mums hadapi mungkin adalah menyiasati agar si Kecil tetap dapat mengkonsumsi jenis makanan ini dengan kreasi masakan yang lezat. Beberapa makanan dengan kandungan VItamin E yang kaya contohnya adalah sebagai berikut :

  • Kacang almond
  • Biji bunga matahari
  • Bayam
  • Brokoli
  • Kangkung
  • Kailan
  • Minyak kedelai
  • Udang
  • Salmon

Mungkin untuk dua makanan terakhir Mums tidak perlu ambil pusing karena bisa dikatakan udang dan salmon merupakan makanan yang banyak disukai anak-anak. Namun untuk bayam, brokoli, kailan dan kangkung, Mums tentu paham tantangan apa yang harus dihadapi dalam konteks menu makanan si Kecil. Tidak sedikit anak-anak yang kurang menyukai sayuran hijau, maka ada baiknya Mums membiasakan si Kecil mengkonsumsi sayuran hijau sejak kecil atau kreasi masakan yang lebih disukai olehnya.

Takaran yang Tepat untuk Anak Usia 3 Hingga 6 Tahun

Vitamin E merupakan salah satu vitamin yang larut dalam lemak, sehingga konsumsi makanan yang mengandung vitamin ini juga harus dibarengi dengan makanan dengan kandungan lemak baik sehingga dapat terserap dengan sempurna oleh tubuh si Kecil. Untuk usia 3 hingga 6 tahun sendiri, dosis atau jumlah ideal yang dibutuhkan oleh si Kecil adalah sekitar 7 miligram setiap harinya.

Jumlah ini tentu kemudian tidak dapat disamaratakan, hanya jumlah ideal saja yang disarankan oleh para ahli. Jika Mums mungkin ingin memastikan jumlah ideal untuk si Kecil, Mums dapat berkonsultasi secara langsung dengan dokter kepercayaan Mums untuk mengetahui jumlah yang diperlukan tubuh si Kecil setiap harinya. Meski demikian untuk usia tersebut, jumlah 7 miligram per hari adalah jumlah yang ideal.

Adakah Manfaat Lain dari Vitamin E?

Tentu saja mungkin pertanyaan ini juga muncul dalam benak Mums ketika membaca rangkaian tulisan ini. Jawabannya adalah ya, vitamin ini juga memiliki manfaat lain yakni untuk mendukung tumbuh kembang otak dan kecerdasan si Kecil. Namun demikian, manfaat ini lebih dirasakan ketika si Kecil berada pada usia o hingga 3 tahun, dimana perkembangan otaknya tengah berada pada titik tertinggi dan harus dioptimalkan. (sumber https://id.theasianparent.com/dosis-vitamin-e)

Vitamin E, kembali lagi, merupakan salah satu vitamin yang memiliki peran besar dalam menjaga dan membentuk daya tahan tubuh si Kecil. Dengan daya tahan tubuh yang kuat, si Kecil tidak akan mudah terserang penyakit. Kondisi tubuh yang sehat memungkinkan tumbuh kembangnya berjalan dengan optimal sehingga dapat mencapai berat dan tinggi yang ideal sesuai usianya.

Berikan asupan makanan yang kaya kandungan Vitamin E agar si Kecil dapat tumbuh sehat. Untuk membantu Mums mencukupi kebutuhan nutrisi hariannya secara umum, Mums juga dapat memberikan Friso Gold 4. Dengan pengolahan modern, Dengan teknologi Locknutri kualitas alami nutrisi di dalam Friso Gold 4 lebih terjaga serta mudah diserap tubuh si Kecil. Dampingi tumbuh kembangnya dengan Friso Gold 4, dan nikmati setiap momen berharga tumbuh kembang si Kecil!