Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Vitamin Nafsu Makan

Vitamin Nafsu Makan Anak, Pentingkah untuk Dikonsumsi?

Apakah vitamin nafsu makan anak dapat membuat anak lebih sering makan dan tidak mudah sakit? Ketahui faktanya di sini yuk!

Nafsu makan anak memang sulit ditebak ya, Mums? Terkadang ia sangat lahap mengonsumsi makanan kesukaannya, tetapi ada pula momen saat ia menolak untuk makan. Tak heran jika banyak orang tua yang khawatir sehingga mencari berbagai cara agar buah hatinya mau mengonsumsi makanan yang disajikan. 

Akhirnya, pemberian vitamin nafsu makan anak pun jadi pilihan untuk sebagian orang tua. Namun, apakah vitamin nafsu makan anak boleh dikonsumsi oleh anak usia 1-3 tahun? Sebelum memutuskan memberikan suplemen vitamin, sebaiknya Mums simak fakta seputar vitamin nafsu makan anak dalam artikel ini, yuk! 

Bolehkah Anak Mengonsumsi Vitamin Penambah Nafsu Makan?

Sebelum mengetahui jawabannya, perlu Mums pahami dulu bahwa vitamin nafsu makan anak bisa didapatkan dalam bentuk alami maupun suplemen. Vitamin dari sumber alami banyak ditemukan dalam berbagai jenis makanan yang kaya vitamin A, B kompleks, C, dan D. Sedangkan, vitamin berbentuk suplemen biasanya dijual bebas di pasaran. 

Nah, kali ini kita akan membahas mengenai kedua jenis vitamin nafsu makan anak tersebut. Mums pasti tahu bahwa vitamin yang berasal dari sumber alami pasti aman dikonsumsi oleh anak-anak. Akan tetapi, bagaimana dengan vitamin nafsu makan anak yang berbentuk suplemen? Apakah pemberian suplemen ini cukup penting? 

Melansir laman resmi Healthline.com, pemberian vitamin nafsu makan anak berbentuk suplemen sebenarnya tidak dibutuhkan oleh anak yang kondisinya sehat dan tumbuh kembangnya normal. Ketika anak sedang mengalami kesulitan makan, kondisi tersebut bukan selalu diartikan bahwa ia kekurangan nutrisi sehingga butuh didukung dengan pemberian suplemen. 

Faktanya, banyak lho makanan yang dapat membantu meningkatkan nafsu makan anak, beberapa di antaranya yaitu susu, sereal, yoghurt, alpukat, ubi, kentang, jeruk, dan lain sebagainya. Makanan tersebut mengandung vitamin nafsu makan anak yang alami sehingga lebih aman dikonsumsi.

Sedangkan, pemberian vitamin nafsu makan anak berbentuk suplemen sebaiknya dikonsumsi setelah berkonsultasi dengan dokter anak untuk memastikan kebutuhan vitamin dan mineral dalam tubuh anak. Sebab, kondisi tubuh setiap anak berbeda, sehingga dokter perlu menyesuaikan jenis vitamin dan dosisnya dengan tepat.

Vitamin nafsu makan anak yang berbentuk suplemen yang dikonsumsi secara berlebihan dan tidak sesuai dengan kondisi kesehatan anak bisa menyebabkan komplikasi yang berbahaya. Untuk itu, jika anak sedang sulit makan, Mums bisa mencoba pertolongan pertama dengan memilih makanan penambah nafsu makan yang bergizi seimbang. Namun, jika kondisi tersebut berlangsung secara terus menerus, sebaiknya bawa buah hati Mums ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan terkait status gizinya. 

Vitamin Penambah Nafsu Makan Anak yang Alami

Ada beberapa jenis vitamin nafsu makan anak yang dapat melengkapi asupan nutrisi untuk anak, di antaranya:

  1. Vitamin A

    Selain menjaga kesehatan mata, vitamin A termasuk salah satu nutrisi penting yang perlu dipenuhi untuk mendukung proses tumbuh kembang secara keseluruhan. Menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG) tahun 2019 dari Kementerian Kesehatan RI, asupan vitamin A yang dianjurkan untuk anak usia 1-3 tahun yaitu sekira 400-500 RE per hari. Mums bisa mendapatkan manfaat vitamin A dari sejumlah makanan, seperti susu, ikan, telur, daging, wortel, brokoli, ubi jalar, bayam, kale, dan lain sebagainya. 

  2. Vitamin B kompleks

    Vitamin nafsu makan anak juga bisa Ibu dapatkan dalam kategori vitamin B kompleks. Asupan vitamin B kompleks dapat membantu anak lebih berenergi, meningkatkan nafsu makan, mengoptimalkan perkembangan otak, serta pertumbuhan fisiknya. Mums bisa mendapatkan asupan vitamin B kompleks dari susu, telur, ikan, daging, hati sapi, kacang-kacangan, sayuran hijau, dan buah-buahan. 

  3. Vitamin C

    Vitamin nafsu makan anak selanjutnya yaitu vitamin C yang berperan sebagai antioksidan yang mampu menjaga daya tahan tubuh anak agar tetap kuat, sekaligus membantu penyerapan zat besi dari makanan yang ia konsumsi. Zat besi ini berfungsi untuk menghasilkan sel darah merah, mencegah anak terkena anemia, serta menambah nafsu makan. Menurut AKG tahun 2019, anak-anak usia 1-3 tahun dianjurkan untuk mendapatkan asupan vitamin C sekira 40 mg per hari. Vitamin nafsu makan anak ini bisa didapatkan dari jeruk, brokoli, stroberi, pepaya, mangga, jambu biji, susu, dan lainnya. 

  4. Vitamin D

    Vitamin nafsu makan anak yang tak kalah penting yaitu vitamin D yang berperan untuk meningkatkan penyerapan kalsium. Vitamin ini juga bermanfaat untuk mendukung tumbuh kembang anak, terutama untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang dan gigi. 

    Menurut AKG tahun 2019, anak-anak usia 1-3 tahun dianjurkan untuk mendapat asupan vitamin D sebanyak 15 mcg per hari. Vitamin D bisa Mums dapatkan dari susu, telur, ikan, keju, jamur, dan diaktifkan dengan paparan sinar matahari pagi. 

    Selain keempat vitamin di atas, Mums juga bisa memberikan asupan nutrisi lain yang dapat meningkatkan nafsu makan. Simak penjelasannya di bawah ini. 

Nutrisi Lain untuk Meningkatkan Nafsu Makan Anak 

Seperti yang telah disebutkan, suplemen vitamin nafsu makan anak sebaiknya diberikan kepada anak sesuai dengan resep dokter. Daripada konsumsi suplemen, akan lebih baik jika ia memenuhi asupan nutrisi dengan seimbang. Nah, berikut ini ada beberapa nutrisi yang berperan sebagai penambah nafsu makan, di antaranya: 

  • Asam lemak omega 3

    Asam lemak omega 3 dipercaya dapat menjadi nutrisi penambah nafsu makan. Asam lemak omega 3 juga dapat dimanfaatkan sebagai cadangan energi. Kehadirannya sangat penting karena tubuh tidak bisa memproduksi sendiri asam lemak omega 3. Sumber asam lemak omega 3 yang tinggi banyak terkandung dalam minyak ikan.

    Minyak ikan dikenal sebagai vitamin nafsu makan anak yang aman dikonsumsi anak-anak. Selain itu, minyak ikan juga bisa meningkatkan kinerja saluran pencernaan dan mengurangi risiko perut kembung. Selain minyak ikan, asam lemak omega 3 juga bisa Mums dapatkan dari makanan laut, telur, kacang-kacangan, biji-bijian, serta sayuran hijau. 

  • Zinc 

    Zinc termasuk nutrisi yang biasa ada di dalam suplemen vitamin nafsu makan anak. Kondisi hilangnya nafsu makan pada anak bisa disebabkan karena kekurangan nutrisi, termasuk zinc. Penelitian menunjukkan bahwa bila anak yang kekurangan gizi mengonsumsi suplemen vitamin nafsu makan anak yang mengandung zinc dalam jangka waktu setidaknya 5 bulan dapat membantu menambah nafsu makan dan memperbaiki asupan nutrisi. 

    Mums bisa mendapatkan manfaat zinc dari susu, makanan laut seperti lobster, tiram, kepiting, dan kerang, daging merah, daging putih, kacang-kacangan, biji-bijian, jamur, dan telur. 

  • Zat besi

    Zat besi berperan untuk membantu pertumbuhan, perkembangan, dan metabolisme tubuh agar lebih sehat. Nutrisi ini juga penting untuk membuat sel berfungsi secara optimal dan memproduksi beberapa hormon. Tak heran jika zat besi biasa masuk ke dalam suplemen vitamin nafsu makan anak anak. Mums bisa mendapatkan manfaat zat besi dari beberapa jenis makanan, seperti makanan laut, daging merah, kacang-kacangan, sayuran hijau, dan susu. 

Asupan nutrisi yang telah disebutkan di atas sebenarnya bisa Mums dapatkan dengan mudah dari susu FRISO Gold 3 yang mengandung nutrisi alami, tanpa perisa, bebas sukrosa, dan tetap memiliki rasa yang enak. 

Susu FRISO Gold 3 termasuk susu bernutrisi tinggi yang diperkaya dengan kandungan prebiotik, probiotik, nukleotida, vitamin, dan mineral, serta didukung oleh teknologi Locknutri yang menjaga kualitas nutrisi alami susu sehingga mudah diserap tubuh anak agar membantunya kuat dari dalam.

 

Ditinjau Oleh: dr. Rulli P.A Situmorang