Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Warnai Trimester Akhir Dengan Berkebun Ala Friso

Warnai Trimester Akhir Dengan Berkebun Ala Friso

Trimester ketiga kerap disebut sebagai masa yang paling dinanti. Bagaimana tidak? Kehadiran si Kecil kini sudah di depan mata. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa pergerakan Mum terasa melambat di trimester ini, karena perut yang kian membesar. Daripada berdiam diri di rumah, ada baiknya Mum bergerak aktif supaya tubuh tetap bugar dan siap menghadapi proses persalinan nanti.

Salah satu aktivitas seru yang bisa Mum coba adalah bertanam di kebun rumah. Siapa bilang ibu hamil tidak boleh berkebun? Dengan perlindungan yang benar, hobi ini justru bisa menyenangkan sekaligus menenangkan, lho. Serunya lagi, sembari berkebun Mum juga bisa berkreasi dengan menghias pot tanaman. Penasaran, Mum? Mari simak tips berikut ini!

Aktivitas yang bisa dilakukan

  1. Konsultasi Terlebih Dahulu

    Sebelum merencanakan aktivitas ini, konsultasikan dulu dengan dokter kandungan terkait apa yang boleh dilakukan dan perlu dihindari. Sebaiknya, ajak Dad untuk menemani serta membantu Mum saat berkebun nanti

  2. Persiapan

    Persiapan

    Siapkan berbagai keperluan untuk berkebun, seperti sekop kecil, penyiram air, sarung tangan karet, bibit tanaman, serta sunblock. Sediakan juga cat, kuas, lem, dan manik-manik untuk menghias pot tanaman agar terlihat menarik.

  3. Waktu Dan Perlindungan Yang Tepat

    Kenakan pakaian dengan bahan katun yang sejuk. Mengingat kegiatan ini dilakukan di luar ruangan, ada baiknya Mum melakukannya pada pagi atau sore hari. Kenakan topi dansunblock untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Sediakan juga air minum secukupnya agar tubuh Mum tetap terhidrasi.

  4. Menghias Pot Tanaman

    Menghias pot tanaman

    Sebelum berurusan dengan tanah dan tumbuh-tumbuhan, mulailah aktivitas ini dengan menghias pot tanaman terlebih dahulu. Mum bisa melukiskan sebuah objek, motif tertentu, atau menempelkan manik-manik pada pot tersebut. Jika sudah selesai dihias, diamkan hingga mengering.

  5. Saatnya Berkebun

    Saatnya berkebun

    Sebelum memulai aktivitas, siram tanah terlebih dahulu dengan air untuk mencegah Mum terkena infeksi akibat debu. Kenakan selalu sarung tangan, agar tangan Mum tetap bersih selama berkebun. Jika sudah siap, kini Mum bisa memasukkan tanah dan bibit tanaman ke pot yang sudah dihias dengan bantuan sekop. Usai menanam, jangan lupa siram bibit dengan air agar dapat tumbuh dengan subur.

  6. Abadikan Momen Ini

    Jangan lupa meminta Dad atau anggota keluarga lainnya untuk mengabadikan aktivitas berkebun Mum, ya. Foto-foto ini nantinya bisa dibagikan kepada Mums lainnya melalui FBpage Friso Indonesia atau Twitter @FrisoID dengan hashtag #FrisoMoments.